Berbagai Manfaat Puasa Secara Ilmiah yang Perlu Kamu Tahu

Mei 18, 2020

Pada umumnya, puasa dilakukan pada bulan Ramadhan oleh umat Muslim. Kegiatan menahan lapar dan haus ini ternyata tak hanya sebagai perintah agama saja. Peneliti melakukan riset bahwa puasa ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan bisa dilakukan oleh semua orang. Banyak komunitas kesehatan yang ternyata menganjurkan untuk melakukan puasa dalam program kesehatan. Sebenarnya, apa saja manfaat puasa secara ilmiah yang baik untuk kesehatan?

Manfaat Puasa Secara Ilmiah

Puasa sering diartikan bahwa kita akan mengalami kekurangan nutrisi dalam tubuh sampai juga dehidrasi. Namun, jika dilakukan dengan benar puasa dapat meningkatkan serta memperbaiki kerja otak. Mari lihat di bawah ini apa saja yang menjadi manfaat puasa:.

Penurunan berat badan

Penelitian membuktikan bahwa puasa merupakan salah satu cara paling aman untuk menurunkan berat badan. Namun, bukan puasa ekstrim yang dapat membahayakan kesehatan ya, kamu tetap harus menyesuaikan dengan kondisi tubuh masing-masing. Pembakaran kalori saat puasa dipercaya lebih efektif dibandingkan dengan melakukan diet biasa. Dalam berpuasa, tubuh kita menggunakan lemak sebagai sumber energi.

Mempercepat metabolisme tubuh

Melakukan puasa berarti kamu memberikan kesempatan untuk sistem pencernaan beristirahat. Nah, hal ini membuat metabolisme tubuh akan bekerja lebih cepat dan membakar kalori lebih efisien. Jika kamu memiliki sistem pencernaan yang kurang baik, puasa bisa memiliki efek yang baik. Sistem pencernaan yang tidak diisi oleh makanan ini akan membakar makanan tersisa pada sistem pencernaan secara perlahan, sehingga tak ada penumpukan pada usus yang menyebabkan sembelit.

Baca juga: Tips Buka Puasa yang Sehat Selama Masa Pandemi

Meningkatkan fungsi kerja otak

Sebuah penelitian menyatakan bahwa percobaan puasa selang-seling yang dilakukan selama 11 bulan membuat fungsi otak bekerja lebih baik. Tak hanya itu, kesehatan otak juga meningkat karena terbentuknya sel-sel baru yang berfungsi untuk kerja kognitif dalam otak. Sel-sel ini akan melindungi kita dari risiko penyakit Alzheimer dan juga Parkinson saat tua nanti.

Manfaat puasa dapat mengontrol rasa lapar

Apakah kamu pernah merasa lapar terus menerus yang akhirnya berujung ngemil? Makan lagi? Makan yang manis-manis? Nah, hal ini sangat berbahaya untuk tubuhmu, lho! Dengan membiasakan diri untuk puasa, rasa lapar yang kamu rasakan akan lebih terkontrol. Dengan berpuasa, tubuh kamu akan menunjukkan tanda lapar yang sebenarnya.

Rasa lapar yang dialami manusia normalnya akan terasa 12-24 jam setelah kita tidak mengonsumsi apa-apa. Bisa disimpulkan jika kamu merasa lapar setiap 3 jam, itu hanya merupakan false signal dari tubuh. Maka dari itu, puasa akan membuat kita jauh dari risiko obesitas dan akan mengatur pola makan kita yang lebih lebih baik.

Memperbaiki sistem imun kekebalan tubuh

Melakukan puasa secara berselang-seling ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita bahkan mengurangi risiko kanker. Mengapa begitu? Dengan kita mengurangi asupan, kadar stress di dalam sistem internal tubuh kita akan berkurang. Dengan begitu, tubuh kita akan fokus untuk memperbaiki sel-sel yang rusak bahkan menyembuhkan infeksi.

manfaat puasa

Sumber: SixtyandMe

Manfaat Puasa bisa membuat kulit lebih glowing

Bagaimana bisa berpuasa bisa membuat kulit jadi lebih cerah dan glowing? Dalam berpuasa sistem dalam tubuh tidak berfokus untuk mencerna makanan di dalam pencernaan kita. Maka dari itu, tubuh akan melakukan hal yang lainnya seperti meregenerasi sel-sel lainnya yang ada di dalam tubuh. Salah satunya adalah membuang racun yang ada dalam tubuh dan mengembalikan fungsi tubuh agar bekerja lebih baik. Seperti contohnya kerja hati, ginjal, peredaran darah, dan juga meregenerasi sel-sel kulit baru.

Baca juga: Mengapa Produktifitas Penting Saat Bulan Puasa? Berikut Tipsnya

Jenis-Jenis Puasa

Walaupun cara kerjanya sama, ternyata ada beberapa macam puasa yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi badanmu. Di antaranya adalah:

  • Water Fasting: Dalam melakukan water fasting kamu diperbolehkan minum untuk menahan rasa lapar. Tentunya water fasting tidak dilakukan dalam 24 jam, melainkan sesuai dengan kondisi tubuhmu.
  • Juice Fasting: Jika dalam water fasting kamu hanya diperbolehkan untuk minum air mineral dalam mengganti makanan, juice fasting memperbolehkanmu untuk minum jus. Jus yang diminum boleh sayur atau buah sesuai dengan kesukaanmu. Dengan meminum jus kamu tetap akan mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin dari buah. Tentunya kamu juga tidak akan merasa lemas karena adanya kandungan gula yang terdapat pada jus.
  • Intermittent Fasting: Puasa jenis ini tidak dilakukan setiap hari, namun berselang-seling dengan diselingi pola makan yang normal.
  • Partial Fasting: Puasa jenis ini biasanya untuk mengurangi makanan kalengan, makanan siap saji, kafein, bahkan makanan yang mengandung protein hewani.
  • Pembatasan kalori: Pembatasan asupan kalori yang masuk setiap hari ke dalam tubuh ternyata sudah masuk dalam jenis puasa. Pembatasan kalori bisa dilakukan dengan mengurangi porsi makan bahkan kuantitas makan dalam sehari.

Baca juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan dan Produktifitas Selama WFH

Jika dipikir-pikir puasa memang berat, namun kamu pasti bisa jika terbiasa. Sama halnya juga dengan belajar Bahasa Inggris yang kalau dipikir-pikir akan sulit jika baru mulai sekarang. Padahal ada program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang memudahkanmu untuk belajar di mana saja dan kapan saja. Dengan sistem pembelajaran online kamu bisa menyesuaikan waktumu hingga tidak perlu datang ke kelas hanya untuk belajar. Mau tahu apa saja yang ada dalam program ini? Klik di sini untuk dapatkan infonya!

Baca juga artikel menarik lainnya

Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat terutama dalam percakapan? salah satu…

Apa Itu Idiom Bahasa Inggris? Bagaimana Cara Menggunakannya?

Kata idiom mungkin sudah tidak asing di telinga kita. Tak hanya dalam Bahasa Indonesia, idiom…

Ucapan Idul Fitri Bahasa Inggris yang Bisa Kamu Kirimkan ke Kerabat

Walaupun Idul Fitri tahun ini tidak bisa saling mengunjungi, namun silaturahmi tidak boleh putus. Banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami