Home Lifestyle   Tips Buka Puasa yang Sehat Selama Masa Pandemi

Tips Buka Puasa yang Sehat Selama Masa Pandemi

Mei 12, 2020

Buka puasa merupakan momen yang di tunggu setiap harinya di bulan puasa. Setelah menahan lapar dan dahaga pastinya kamu ingin makan makanan yang kamu idamkan. Namun, kebiasaan langsung makan makanan tanpa menimbang gizi dan kebersihannya, merupakan kebiasaan buka puasa yang buruk. Nah, simak artikel ini untuk tahu tips berbuka yang sehat ya!

Baca Juga: Weekly Grammar: Indirect & Direct Speech

Kebiasaan Buruk Saat Buka Puasa

  • Lupa Minum Air Putih
    “Berbukalah dengan yang manis”. Kata-kata berikut benar, ada baiknya berbuka dengan teh manis atau sesuatu yang manis lainnya agar mengembalikan kadar gula yang hilang. Namun, kebanyakan kasus, setelah minum teh manis kemudian dilanjutkan lagi dengan minum es buah dll. Jadi sampai malam kamu lupa untuk menegak air putih.Padahal ketika kamu berpuasa, kamu tidak menerima mineral ke dalam tubuh kamu lebih dari 12 jam. Mineral berperan penting untuk imun tubuh kita, terutama saat masa pandemi seperti ini. Jadi selalu penting untuk minum air putih saat berbuka puasa.
  • Buka Puasa Dengan Gorengan
    Makan gorengan saat buka puasa memang sangat menggiurkan dan sudah menjadi tradisi. Biasanya menyantap gorengan akan menjadi takjil utama setelah menenggak teh manis. Ragam gorengan pun membuat nafsu makan kita jadi meningkat saat buka puasa.Namun, mengkonsumsi gorengan secara berlebihan atau setiap hari sangat tidak sehat. Karena makanan yang berminyak lebih atau olahan yang digoreng dapat memperlambat pencernaan. Jangan sampai puasa kamu terhambat karena konsumsi gorengan yang berlebihan ya!
  • Makan yang Berlebihan
    Kebiasaan buka puasa adalah “balas dendam”. Rasanya ingin makan semua hidangan yang ada karena sudah menahan lapar selama 12 jam. Padahal lambung yang terlalu penuh dapat menyebabkan makanan menekan diafragma. Kemudian muncul sakit di ulu hati dan hingga muncul Gerd. Jadi makan secukupnya saja ya Wallstreeters!

tips buka puasa sehat

Tips Berbuka Puasa yang Sehat

  1. Mulai dengan 2 Gelas Air Putih
    Nah, sudah mengerti pentingnya air mineral ya dari poin di atas. Maka mulailah berbuka dengan setidaknya 2 gelas air putih untuk mengembalikan mineral yang hilang. Setelah itu barulah mulai menyantap makanan dan minuman manis.
  2. Menu Makanan Seimbang
    Ketika buka puasa seringkali kita lupa kadar gizi dari menu makanan. Perlu diingat untuk menerapkan 4 sehat 5 sempurna. Pilih makanan yang mengandung protein seperti tahu, tempe atau daging. Kemudian penuhi juga asupan vitamin yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan.
  3. Mencuci Tangan
    Nah, karena banyak virus di era pandemi ini, maka penting untuk selalu menjaga kebersihan tangan sebelum buka puasa. Jadi pastikan kamu selalu mencuci tangan ya!
  4. Berbuka Puasa di Rumah Saja
    Karena bulan puasa tahun ini sangat berbeda diakibatkan oleh pandemi Covid-19, ada baiknya tidak berbuka di luar. Walaupun tradisi berbuka puasa bersama memang mengasyikkan, tapi berdiam di rumah sekarang lebih penting. Kamu bisa berbuka puasa secara virtual bersama teman melalui video-call!

Baca Juga: Mengapa Produktifitas Penting Saat Bulan Puasa? Berikut Tipsnya.

Berikut kebiasaan buruk berbuka puasa dan tips untuk berbuka yang sehat! Semoga bulan puasa tahun ini Wallstreeters tetap sehat dan lancar menjalaninya. Jika kamu ingin mengisi waktu untuk ngabuburit, tidak ada salahnya untuk ikut belajar bahasa Inggris online. Gabung bersama WSE GO (Wall Street English Goes Online). Di sana kamu akan diajar oleh Native English Teacher menggunakan program belajar yang tidak membosankan! Pelajari selengkapnya di sini. 

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami