Home Lifestyle   5 Tips Menjaga Kesehatan dan Produktifitas Selama WFH

5 Tips Menjaga Kesehatan dan Produktifitas Selama WFH

Mar 19, 2020

Sejak WHO telah menetapkan Corona Virus (Covid-19) sebagai sebuah pandemic, hampir seluruh perusahaan di dunia menganjurkan karyawan untuk kerja dari rumah (Work from Home). Hal ini tentu menjadi hal baik untuk memperlambat penyebaran virus. Namun berada dalam rumah setiap hari dapat menimbulkan jenuh dan mengganggu produkifitas. Berikut kami kumpulkan 5 tips untuk tetap menjaga kesehatan dan produktifitas selama WFH. 

Baca Juga: Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula

1. Tetap Bersiap Seolah Ingin Pergi ke Kantor

Kerja dari rumah memang terdengar sangat menyenangkan tapi jangan jadikan ini alasan untuk bangun siang. Forbes dalam artikelnya menulis meskipun kamu tidak harus  mengeluarkan waktu untuk perjalanan ke kantor, ada baiknya kamu tetap bangun di jam seperti biasa. Hal ini akan membangun pola pikir bahwa kamu memang tetap harus memenuhi obligasi bekerja seperti saat di kantor.

Selain itu bangun pagi dapat menjaga kesehatan kamu dibanding tidur terlalu lama. Jangan lupa juga untuk merapihkan tempat tidur, sarapan dan mandi. Dengan begitu kamu juga bisa menjaga kesehatan mental kamu. Karena rumah dan badan yang bersih dapat menenangkan pikiran.

2. Atur Makanan Secara Teratur

Nah, yang ini merupakan hal penting saat WFH maupun kerja di kantor. Mengatur pola makanan sehat pun dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pastikan kamu tidak melewatkan waktu makan dan memenuhi semua vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Lalu apa saja sih makanan yang dapat menjaga kesehatan kamu saat virus Corona?

Rempah-Rempah

Seperti yang kita tahu bahwa rempah-rempah memiliki beragam khasiat terutama untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu rempah-rempah sudah kita gunakan diberbagai macam jenis makanan maupun obat-obatan. Di Indonesia pun kita pasti sudah familiar dengan jamu kan? Nah, di situasi virus seperti ini sangat dianjurkan untuk meracik jamu sendiri di rumah. Kamu bisa mencoba untuk merebus jahe kemudian rutin diminum setiap malam sebelum tidur untuk menjaga kesehatan kamu setiap harinya.

Vitamin C

Untuk menghindari penyakit terutama virus dan bakteri, tubuh kita memang membutuhkan vitamin yang cukup. Vitamin C kemudian menjadi vitamin yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Jadi pastikan kamu menambah banyak sayur atau buah yang mengandung Vitamin C ya! Biasanya kandungan Vitamin C banyak terdapat di jeruk, paprika, stroberi dan brokoli.

3. Miliki Daftar Aktivitas untuk Menjaga Kesehatan

Penting untuk kamu yang bekerja di rumah untuk membuat daftar kegiatan rumah apa saja yang dilakukan. Buat daftar mulai dari kamu bangun pagi hingga kamu bersiap mengakhiri hari. Dengan begitu kamu akan merasa penuh kegiatan dan tidak jenuh. Misalnya:

08.00 Bangun dan sarapan
09.00 Membuka email
10.00 Video Meeting dengan tim
11.00 Membuat rangkuman meeting
12.00 Istirahat
13.00-18.00 Menyelesaikan list pekerjaan
18.30 Olahraga ringan di dalam rumah
19.00 Mandi
20.00 Makan malam
21.00 Netflix
22.00 Bersiap tidur

4. Tetap “Stay in Touch” dengan Teman dan Keluarga

Di situasi seperti ini tentunya kita merasa khawatir terutama jika tidak bisa bertemu dengan teman dan keluarga. Jadi ada baiknya melakukan kontak secara online maupun telfon dengan teman dan keluarga. Selain memastikan mereka baik-baik saja, tentunya kamu jadi ada teman berbicara. Karena masalah paling utama dari jenuh adalah tidak adanya lawan bicara sehari-hari. Jadi penting sekali untuk kamu tetap socialize walaupun via online. 

5. Ikuti Kegiatan Komunitas atau Ambil Kursus Online 

Kalau kamu bingung mau kegiatan apa lagi karena kamu sudah nonton semua series di Netflix, mungkin kamu bisa gabung di komunitas online. Ikut kegiatan komunitas atau kursus online akan membantu kamu untuk tetap produktif dan bagus untuk menambah pengetahuan. Misalnya, kamu bisa gabung di WallStreet English. Karena di Wall Street English kamu bisa belajar bahasa Inggris di manapun dan kapanpun.

Baca Juga: Seberapa Efektifkah Belajar Kelas Online

Belajarnya pun tidak akan membosankan dan kamu dapat bebas menentukan jadwal sesuai keinginan. Kamu pun bisa menambah teman baru dengan ikut di event yang diadakan Wall Street English. Tertarik gabung? Kamu bisa test dulu kemampuan bahasa Inggris mu agar tahu apa yang harus ditingkatkan, coba yuk test di sini!

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

Nov 26, 2020

Untuk mempelajari bahasa Inggris mendasar, ada satu materi yang perlu kamu ingat dan hafalkan yaitu…

Question Tag: Definisi, Rumus, Contoh, dan Cara Membuatnya

Nov 24, 2020

Dalam bahasa Inggris, pasti kamu pernah melihat adanya pertanyaan pendek yang ditambahkan di akhir kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami