Seberapa Efektifkah Belajar di Kelas Online?

Sep 10, 2019

Di masa sekarang ini, semakin banyak kelas bahasa yang menggunakan media online, melalui sebuah kelas ‘digital’, ketimbang secara langsung dalam lingkungan ‘tatap muka’. Apakah ini menyebabkan perbedaan dalam cara belajar? Dan yang terpenting, kelas macam apakah yang lebih disukai oleh mereka yang hendak belajar bahasa Inggris?

Menurut hasil penelitian kami, meskipun setiap orang memiliki kesempatan yang berbeda-beda dalam latihan bahasa secara online dan langsung, kelas online dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap perjalanan belajar seseorang.

Metode Belajar di Wall Street English

Para member Wall Street English mengikuti sebuah metode yang dikenal dengan blended learning method, dimana pada awalnya mereka akan mempelajari pelajaran multimedia yang interaktif dalam porsi-porsi kecil, lalu melatih apa yang sudah mereka pelajari dalam kelas kecil yang dibimbing oleh Trainer kami yang disebut dengan ‘Encounters’. Konten multimedia yang interaktif tersebut dapat diakses darimana saja melalui perangkat apa saja, tetapi para member tetap harus mendatangi Wall Street English center untuk mengikuti kelas Encounter mereka, dengan cara membooking kelas yang sesuai dengan jadwal mereka. Tetapi, dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, member di China diberikan pilihan untuk mengikuti kelas-kelas tersebut secara online dalam sebuah ‘Digital Classroom’, menghasilkan keleluasaan mengikuti kelas dan ketersediaan akan kelas tersebut. Online Encounters ini terbukti cukup populer, dan kurang lebih 35% dari semua kelas Encounter di China kini diadakan melalui sebuah digital classroom.

Kami mempelajari apakah belajar bahasa memiliki efek apabila kelasnya diadakan secara online, bukan secara tatap muka di sebuah center. Karena WSE menggunakan kurikulum yang sudah ditentukan sebelumnya dan terdiri dari kelas online dan tatap muka, maka kita dapat membandingkan pengalaman yang didapat para member dari masing-masing kelas tersebut. Pada September 2018, kami mengadakan survey pada member dan trainer kami di China untuk mendapatkan hasil dari perbandingan tersebut.

Hasil Penelitian Antara Pengajar Online dan Tatap Muka

Membuat para member saling berkomunikasi dalam kelas digital merupakan sebuah tantangan tersendiri, sehingga kami berharap untuk menemukan perbedaan antara kesempatan member untuk berkomunikasi dalam media yang digunakan. Tetapi, setelah kami membandingkan input antara pengajar online dan tatap muka kami, perbedaan yang ditemukan sangat sedikit (lihat Figure 1). Meskipun 55% dari para member berkata bahwa mereka merasa memiliki lebih banyak kesempatan untuk berlatih dalam kelas tatap muka, sebanyak 40% berkata bahwa mereka tidak merasakan perbedaan apapun antara kelas online dan kelas tatap muka.

Figure 1: Persepsi pengajar akan kesempatan untuk berlatih bahasa

Tentu saja kami memperhitungkan pentingnya kesempatan untuk berkomunikasi secara langsung dengan member lain. Jika dilihat dari hasil di bawah ini, ada perbedaan yang nyata antara pendapat pengajar online dan pengajar tatap muka (lihat Figure 2). Hal ini senada dengan pengalaman para member, dimana hanya 24% dari member yang merasa bahwa mereka mendapat kesempatan yang sama untuk berbicara secara leluasa dengan member lainnya dalam kelas online dan tatap muka.

Figure 2: Persepsi pengajar akan kesempatan untuk komunikasi yang tidak terstruktur

Alasan Memilih Kelas Online

Meski demikian, membandingkan kelas online dan tatap muka tidak menggambarkan apa yang ditawarkan kelas online secara keseluruhan. Ketika kami menanyakan alasan para member memilih kelas online, sebanyak 44% memberikan alasan kelas online lebih praktis dibandingkan harus datang ke center, sementara 46% menjawab karena kelas online memiliki ketersediaan jadwal yang lebih banyak dibandingkan kelas biasa. Dengan adanya kelas online, kami meningkatkan jumlah member yang dapat mengikuti kelas tersebut dibandingkan kelas tatap muka yang dibatasi oleh ruangan, waktu, dan ketersediaan tenaga pengajar, sehingga member dapat berlatih lebih rutin dan berkembang lebih cepat.

Respon dari para member tersebut menggarisbawahi manfaat dari kelas online. Meski sebagian member kami menyukai pengalaman belajar secara langsung di center kami, sebagian lagi memilih untuk memanfaatkan keunggulan kelas online dalam hal jadwal yang lebih fleksibel dan pengalaman yang lebih luas dalam dunia digital. Berlatih dalam lingkungan online secara tidak langsung memberikan pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari di era digital ini, dimana semuanya dilakukan di balik layar komputer. Oleh karena itu, kita harus mengetahui dengan baik manfaat apa saja yang dapat kita ambil dari sebuah digital classroom agar proses pembelajaran kita menjadi semakin efektif.

More News

Aug 7, 2023
Lifestyle

7 Tips Meningkatkan Profesionalisme Kerja

Aug 4, 2023
Lifestyle

Tips Public Speaking dalam Bahasa Inggris dengan Percaya Diri

Jul 31, 2023
Lifestyle

7 Alasan Mengapa Kamu Perlu Ikut Workshop Public Speaking

Jul 27, 2023
Lifestyle

Merayakan Pengembangan Diri Melalui Bahasa Inggris di National Conference Kami

Jul 12, 2023
Lifestyle

Dukungan Wall Street English Indonesia untuk Abang None Jakarta Timur 2023

Jul 6, 2023
Lifestyle

Apa Itu Elevator Pitch dan Apa Manfaatnya dalam Kehidupan Sehari-hari?

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • ✓ Valid number ✕ Invalid number
    Pastikan nomor telepon Anda tersambung dengan aplikasi WhatsApp
    ✓ Valid number ✕ Invalid number

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP