Gali Lebih Dalam Mengenai Pengertian Kepemimpinan dan Tipe-Tipenya

May 27, 2020
Share on facebook
Share on twitter

Bekerja di sebuah perusahan pasti kamu akan ngeh dengan berbagai karakter para atasan kamu. Keberagaman ini akan membuat susasana kerja menjadi lebih berwarna walaupun kadang-kadang ada yang menjengkelkan. Namun, di balik itu semua pastinya ada tujuan dari gaya kepemimpinan yang mereka gunakan. Sebenarnya, apa sih pengertiankepemimpinan? Dan apa saja sih tipe-tipenya? Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas dalam artikel ini.

Pengertian Kepemimpinan

Beberapa ahli Indonesia pernah menyimpulkan beberapa penegertian kepemimpinan. Di antaranya adalah:

Wahjosumidjo (1987:11)

Menurut Wahjosumidjo pengertian kepemimpinan adalah kemampuan yang ada pada diri seorang leader yang berupa sifat-sifat tertentu, seperti:

  • Kepribadian (personality)
  • Kemampuan (ability)
  • Kesanggupan (capability)

Sutarto (1998b:25)

Menurut Sutarto arti kepemimpinan adalah rangkaian aktivitas penataan berupa kemampuan seseorang dalam mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu. Tujuannya agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

S. P. Siagian

Menurut S. P. Siagian pengertian kepemimpinan merupakan kemampuan dan keterampilan seseorang ketika menjabat sebagai pimpinan dalam suatu organisasi untuk mempengaruhi perilaku orang lain, khususnya bawahannya.Hal ini bertujuan agar mereka berpikir dan bertindak sedemikian rupa sehingga dapat memberikan sumbangan nyata dalam pencapaian tujuan organisasi.

Moejiono (2002)

Menurut Moejiono pengertian kepemimpinan adalah kemampuan dalam memberikan pengaruh satu arah, karena pemimpin mungkin memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuatnya berbeda dengan pengikutnya.

Baca juga: Mengubah Karir dan Profesi di 2020? Kenapa Tidak?

Tipe-Tipe Kepemimpinan

Secara sederhana arti kepemimpinan dapat disimpulkan adalah sebuah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang yang dilakukan dengan tujuan tertentu. Seorang pemimpin pastinya akan mengepalai banyak orang, sehingga kepemimpinan memiliki banyak tipe. Tipe-tipe kepemimpinan ini akan disesuaikan kembali dengan karakteristik bawahan yang bekerja sama dengan mereka. Berdasarkan ASAE Center (American Society of Association Executives), ada beberapa tipe-tipe kepempimpinan, yaitu:

Demokratis

Tipe ini biasanya banyak melibatkan kontribusi bawahan dalam mengambil keputusan. Pemimpin yang demokratis juga menawarkan komunikasi aktif antara atasan dan bawahan, dan dalam proses memimpinnya banyak mendelegasikan wewenangnya kepada bawahan untuk menyelesaikan beberapa proyek kerja.
Untuk menjalankan kepemimpinan ini dibutuhkan keberanian, kejujuran, kreativitas, keadilan, kecerdasan dan kompetensi. Tipe kepemimpinan demokratis ini termasuk yang paling disukai menurut beberapa data statistik.

Otokratis

Cara memimpin dari atasan yang memiliki tipe ini sangat bergantung pada dirinya sendiri. Dalam pengambilan keputusan organisasi, biasanya pemimpin otokratis cenderung tidak meminta masukan dari anggotanya. Pemimpin jenis ini memiliki ambisi kuat, dan selalu mengharapkan pelaksanaan yang cepat dan tanggap oleh bawahannya.

Strategis

Biasanya pemimpin yang memiliki tipe ini dianggap paling ideal dalam memimpin sebuah perusahan. Biasanya pemimpin strategis tidak hanya berasal dari orang-orang level atas suatu perusahaan. Pemimpin ini biasanya dipilih untuk tujuan yang lebih luas agar bisa menciptakan kinerja yang baik untuk perusahaan. Kepemimpinan strategis ini biasanya dibutuhkan dalam masa transisi sebuah organisasi atau perusahaan, dan diharapkan dapat membantu secara efektif dalam masa transisi tersebut.

Baca juga: 13 Kemampuan Kepemimpinan Yang Esensial di Tahun 2020

Kepemimpinan tim

Biasanya dibentuk dari hasil rembuk bersama dalam sebuah tim. Hal yang ditekankan yaitu kerjasama yang melibatkan hati serta pikiran semua anggota. Anggota tim diajak bergerak bersama mencapai visi dan tujuan yang telah disepakati. Hal yang menantang dari tipe ini adalah tidak selamanya akan membuahkan hasil yang baik. Tipe kepemimpinan ini dapat dikatakan gambling. Dapat berbuah baik ataupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan hasil pilihan ditentukan oleh para anggota tim yang tidak mengetahui apakah yang dipilih punya jiwa pemimpin atau tidak.

Liberal

Tipe ini adalah tipe yang memberikan kebebasan kepada anggotanya untuk melakukan tugasnya. Cara yang biasa dilakukan oleh pimpinan liberal ini adalah membuat anggota nyaman, agar tugas yang diberikan kepadanya cepat selesai. Pemimpin dengan tipe kepemimpinan ini cenderung tidak banyak mengintervensi namun tetap mengawasi kerja para anggotanya.

Kepemimpinan lintas budaya

Keberagaman latar belakang budaya dalam sebuah organisasi telah melahirkan kepemimpinan tipe ini. Pemimpin seperti ini biasanya memiliki pandangan yang luas serta mampu beradaptasi cepat terhadap perbedaan latar belakang budaya masing-masing anggotanya. Dengan adanya tipe ini, tim akan lebih terbuka dalam berdiskusi serta lebih mudah dalam menerima masukan atau kritik. Tak hanya dari negara yang sama, tipe pemimpin ini bisa juga dari negara lain, lho!

Baca juga: 7 Pekerjaan Yang Paling Dicari di Tahun 2020

Selain bisa belajar budaya dari pemimpin yang berasal dari negara lain, kesempatan untuk belajar bahasa asing juga bisa lebih cepat khususnya bahasa Inggris. Kebiasaan berdiskusi dengan menggunakan bahasa Inggris akan menjadi lebih mudah jika dipraktikan langsung dengan native. Sama seperti program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang akan merupakan program online untuk belajar bahasa Inggris. Dengan native speaker yang berpengalaman, kamu akan lebih mudah juga untuk memahami apa yang dibutuhkan dalam melancarkan kemampuan bahasa Inggrismu. Mau tahu info lebih lanjut? Klik di sini.

More News

Apr 12, 2021
English Tips

Ellipsis: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Istilah-istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Cara Penggunaan Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris

Apr 6, 2021
Vocabulary

Determiner: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 6, 2021
English Tips

Explanation Text: Definisi, Struktur, Contoh, Cara Penggunaan

Apr 1, 2021
English Tips

Adverbial Phrase: Definisi, Contoh Kalimat, Cara Penggunaan

Test Bahasa Inggrismu