Home Business & Career   Mengubah Karir dan Profesi di 2020? Kenapa Tidak?

Mengubah Karir dan Profesi di 2020? Kenapa Tidak?

Jan 20, 2020

Tahun baru pasti akan dimulai dengan semangat baru, baik itu untuk kehidupan sehari-hari, asmara dan juga pekerjaan. Dan pastinya kamu menginginkan yang terbaik akan terjadi di tahun 2020, salah satunya adalah karir kamu. Pernah ga kamu kepikiran untuk mengubah profesi dan karirmu di tahun 2020 ini?

Walau menurut prediksi beberapa ekonom di tahun 2020 akan ada beberapa pekerjaan yang hilang karena ekonomi global yang masih mengalami ketidak pastian, di satu sisi karena perkembangan teknologi dan bisnis startup, akan muncul tidak sedikit pekerjan yang justru menjanjikan di tahun ini.

Nah berikut ini beberapa pekerjaan yang bisa kamu lirik untuk tahun 2020:

Digital Marketing
Profesi yang mungkin sudah ada sejak beberapa tahun kebelakang masih menjadi profesi yang menjanjikan di tahun ini. Itu semua karena perkembangan teknologi dan internet yang membuat orang lebih banyak aktif dan berinteraksi di dunia maya.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang digital marketing antara lain, kemampuan SEO, SEM, Social Media ads, e-mail marketing, content marketing, in-app marketing, community manage, dan yang terakhir data analisis dan optimisasi,

Karena peran digital marketing sangat penting untuk memasarkan produk sesuai dengan target pasar yang tepat dengan tidak hanya menghasilkan penjualan tapi juga branding dengan budget yang lebih efisien dan efektif.

UI/UX Research/Writer/Designer
Selain digital marketing, profesi yang masih akan terus berkembang adalah UI/UX. Kalau beberapa tahun kemarin kita lebih banyak melihat lowongan di posisi UI designer dan UX research, di setahun terakhir ini muncul juga lowongan dengan posisi sebagai UX writer.

Dari segi rincian pekerjaan UX writer itu mengacu pada kata-kata yang kamu lihat pada suatu produk. Pada biasanya orang yang bekerja di bidang UX percaya kalau tulisan UX yang baik adalah yang menyatu dengan desain.

Dan tentunya untuk menjadi seorang UX writer yang baik kamu harus memiliki beberapa kemampuan seperti,

Kemampuan untuk menulis yang luar biasa. Yang karena sebagai seorang UX writer kamu harus bisa menjelaskan dan mendeskripsikan suatu visual kepada target pasar. Dan tentunya saat membuat kata-kata tersebut kamu harus melakukan riset. Selain itu kamu harus bisa mempertahankan argumen kamu terhadap kata atau kalimat yang kamu buat
Harus memiliki kemampuan untuk bekerja di lingkungan yang dinamis, karena mereka harus bisa memberikan penjelasan tanggung jawab mereka ke lintas divisi dan juga harus bisa mempersiapkan strategi editorial, bahkan wireframe dari suatu produk.

Data Analyst
Tidak kalah pentingnya dengan profesi yang lain, seorang data analis akan menjadi salah satu referensi tentang bagaimana perusahaan dapat berkembang dan menjalankan bisnisnya. Karena salah tugas dari seorang data analis adalah dapat menerjemahkan angka-angka yang ada pada laporan menjadi lebih mudah dimengerti oleh divisi lain, baik manajemen level maupun operasional. Dari data analislah mereka dapat menentukan strategi berikutnya yang harus dilakukan tiap divisi mereka.

Dan di tahun 2020, profesi menjadi seorang data analis memiliki prospek yang sangat menjanjikan, bahkan seorang ekonom Hal Varian Ronald menyebutkan bahwa data analis adalah profesi yang paling seksi di abad ke-21 ini. Dan tidak hanya di perusahaan startup dan berbasis teknologi saja, profesi ini juga sangat di perusahaan atau instansi apapun, semua ini tidak lepas dengan banyaknya data yang harus diolah, dianalisis dan dijadikan acuan strategi.

Itu tadi beberapa profesi yang menjanjikan di tahun 2020 buat kamu yang ingin mengubah jalur karir dan profesi kamu. Secara professional, kamu harus memililki beberapa kemampuan seperti personal brandingbusiness writingmeng-inisiate dan memimpin meetingdan presentasi. Dan dengan adanya tantangan global di mana kamu tidak hanya bersaing secara lokal di dalam negeri tapi juga internasional, salah satu kemampuan yang ingin kamu miliki dan kuasai adalah bahasa Inggris.

Dan untuk menjawab itu semua, WSE meluncurkan Professional Skills yang merupakan program keterampilan praktis dan aktual untuk kebutuhan sehari-hari dalam konteks profesional. Dan program ini bukan mengajarkan bahasa Inggris untuk kemampuan profesional, akan tetapi mengajarkan kemampuan yang dibutuhkan secara profesional dalam bahasa Inggris. Jadi kamu bisa lebih percaya diri dan siap untuk mengubah karir dan tantangan global.

Baca juga artikel menarik lainnya

Contoh Pidato Bahasa Inggris dengan Berbagai Topik + Artinya

Oct 24, 2020

Pidato merupakan salah satu hal yang mungkin akan sering dihadapi setelah presentasi. Tak hanya di…

200+ Kosakata Nama Hewan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

Oct 22, 2020

Jika kemarin kita sudah membahas mengenai common vocabulary yang sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris,…

200+ Kosa Kata Bahasa Inggris Paling Sering Dipakai + Artinya

Oct 21, 2020

Masih belum lancar dalam percakapan bahasa Inggris? Tidak apa-apa. Kamu bisa menggunakan metode menghafalkan beberapa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami