Home Lifestyle   Generasi Milenial: Bagaimana Mereka Bisa Sukses Mencari Kerja

Generasi Milenial: Bagaimana Mereka Bisa Sukses Mencari Kerja

Jun 17, 2020

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dunia karier dan pekerjaan sangatlah berubah. Hal ini bisa dilihat dari jenis pekerjaan serta cara melamar pekerjaan. Globalisasi dan era digital sangat berpengaruh juga dengan perkembangan dunia kerja khususnya untuk para generasi milenial. Transisi dunia kerja yang tradisional berubah menjadi serba instan yang didukung teknologi.

Hal ini tentunya membutuhkan banyak kemampuan khususnya kemampuan beradaptasi. Belum lagi dengan banyaknya saingan dengan skill yang kompetitif membuat mereka tak jarang kalah saing. Lalu, bagaimana cara sukses para generasi milenial dalam menghadapi dunia kerja?

Tips Sukses Mencari Kerja

Fasilitas-fasilitas yang ada sekarang ini harus digunakan secara kreatif untuk memikat para perusahaan. Dilansir dari The Balance Career, ada beberapa cara yang harus dilakukan para milenial untuk mencari pekerjaan. Di antaranya adalah:

Mengidentifikasi tujuan sebelum mencari pekerjaan

Langkah pertama dalam mencari pekerjaan adalah menentukan tujuan dari pekerjaan itu sendiri. Kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti di bawah ini:

  • Pekerjaan apa yang kamu inginkan?
  • Posisi apa yang kamu inginkan?
  • Budaya pekerjaan apa yang kamu harapkan dalam sebuah perusahaan?
  • Kira-kira berapa gaji yang kamu inginkan?
  • Skill apa yang ingin kamu perdalam dalam sebuah pekerjaan?
  • Kemampuan apa yang sudah kamu miliki sebelum melamar pekerjaan?

Jika kamu sudah bisa menjawab semua pertanyaan ini, kamu dengan mudah juga untuk mencari pekerjaan yang sekiranya ideal dengan keinginan kamu. Hal ini juga berlaku untuk para fresh graduate yang baru pertama kali ingin mencari kerja.

Baca juga: Prospek Kerja Untuk Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Memanfaatkan kelebihan media sosial

Sebagai generasi milenial, media sosial merupakan salah satu ‘senjata’ yang bisa digunakan dalam hal apapun terutama dalam mencari pekerjaan. Tak hanya itu, media sosial juga bisa bermanfaat untuk membangun relasi atau link untuk memperumudah kamu mencari pekerjaan. Dari segi media sosial, apa saja yang bisa kamu lakukan agar sukses mencari pekerjaan?

LinkedIn

Sudah saatnya kamu membuat profil LinkedIn. Kamu memasukkan CV dan segala pengalaman yang kamu miliki dalam profil. Tak hanya itu, banyak sekali lowongan pekerjaan yang dipost dalam halaman LinkedIn, sehingga kamu bisa mencari sesuai dengan preferensi. Banyak juga para recruiter yang aktif mencari kandidat di LinkedIn, lho! Kesempatan untuk ditawarkan pekerjaan juga semakin besar.

Bersih-bersih media media sosial

Tahukah kamu bahwa media sosial sangat berpengaruh pada proses pencarian kerja? Jejak digital seseorang sangat diperhatikan saat ini, sehingga kamu harus menjaga lisan saat menggunakan media sosial. Tidak sedikit perusahaan akan melakukan pengecekan terhadap akun media sosial kandidat. Mereka akan melihat karakteristik seseorang dari cara mereka posting di media sosial. Yuk bijak dalam menggunakan media sosial!

Baca juga:  Mengenal Apa Itu Kecerdasan Emosional dan Pentingnya dalam Pekerjaan

Jangan takut untuk follow up

generasi milenial

Sumber: Canva

Proses menyebar lowongan pekerjaan merupakan hal yang paling membosankan. Hal ini disebabkan tidak adanya kepastian dalam memberikan informasi apakah kandidat berhasil diterima atau tidak. Masih banyak perusahaan tidak memberikan informasi sama sekali tentang lamaran yang sudah di-apply.

Maka dari itu, kamu memiliki hak untuk melakukan follow up kejelasan dari status lamaran kamu yang menggantung. Tak hanya lamaran, jika setelah interview kamu tidak diberi kabar lebih dari 2 minggu, kamu juga bisa melakukan follow up ke pihak terkait.

Tak hanya follow up yang harus kamu ingat, namun thank-you-note juga wajib kamu kirimkan setelah interviewer atau recruiter menjadwalkan sebuah interview. Selain untuk memberi penghargaan kepada mereka, imej kamu sebagai kandidat yang memiliki attitude baik akan menjadi sebuah pertimbangan.

Memperdalam soft skill

Tak hanya hard skill, soft skill juga sangat penting dalam mendapatkan pekerjaan. Sekarang ini, banyak perusahaan yang mengutamakan attitude dibanding hard skill serta pencapaian yang sudah diraih. Maka dari itu, sebaiknya kita selalu bersikap humble dan selalu ingin belajar. Belajar menghadapi kritikan juga sangat diperlukan untuk milenial khususnya para fresh graduate. Mau belajar merupakan kata kunci paling penting dalam dunia kerja dan perkembangan karier.

Baca juga: 5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar Lowongan Pekerjaan Impian

Perdalam skill bahasa Inggris

Tahukah kamu bahwa skill bahasa Inggris sangat diperlukan dalam pencarian kerja? Banyak sekali perusahaan yang memberikan syarat agar kandidat setidaknya mengerti basic english business. Bahkan beberapa perusahaan juga membutuhkan nilai TOEFL para kandidat dengan standar yang sudah ditentukan. Bagaimana cara mudah meningkatkan skill bahasa Inggris? Gampang!

Tinggal ikut program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang jadwalnya fleksibel dan pengajarannya yang efektif. Program ini cocok sekali untuk para milenial yang punya waktu terbatas untuk belajar. Mau tahu info selanjutnya? Yuk klik di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimatnya

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaannya

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami