Home Business & Career   Prospek Kerja Untuk Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Prospek Kerja Untuk Lulusan Pendidikan Bahasa Inggris

Jun 10, 2020

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi bahasa yang paling sering dipakai. Bahasa Inggris pun juga dipakai sebagai bahasa untuk berbisnis dan berdagang antar negara. Hal ini membuat kemampuan bahasa Inggris sangat dibutuhkan untuk berbagai jenis pekerjaan. Nah, maka dari itu banyak yang akhirnya mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris.

Namun, kamu tahu nggak sih apa saja prospek kerja dari pendidikan bahasa Inggris? Lalu apa perbedaannya dengan sastra Inggris? Yuk simak artikel di bawah ini!

Baca Juga: Weekly Grammar: Memahami Perbedaan antara Must, Have To dan Should

Perbedaan Pendidikan Bahasa Inggris dan Sastra Inggris

Kamu pasti sering mendengar sastra Inggris dan pendidikan bahasa Inggris namun tidak tahu beda nya apa? Padahal mengetahui bedanya kedua jurusan ini akan membantu kamu jika sedang bingung memilih. Walaupun sama-saka mengenai Inggris, apa sih bedanya?

Pada pendidikan bahasa Inggris tidak hanya diajarkan mengenai bahasa saja. Kamu juga akan diajarkan mengenai cara mengajarkan bahasa Inggris. Jadi tidak hanya kamu akan menguasai bahasanya tapi kamu juga akan mempunyai kemampuan untuk menjadi seorang guru bahasa Inggris.

Sedangkan sastra Inggris, tidak hanya kamu belajar bahasa Inggris, kamu pun belajar mengenai budayanya. Kamu akan belajar secara mendalam mengenai sejarah dan perkembangan budaya Inggris.

pendidikan bahasa inggris

Prospek Kerja Pendidikan Bahasa Inggris

Setelah melihat perbedaan ini kamu jadi terbayang kan? Nah, sekarang ini jika kamu mengambil jurusan pendidikan bahasa Inggris, tidak hanya menjadi guru tapi berikut ragam prospek kerjanya.

#1 Penerjemah

Pekerjaan ini pasti sudah familiar di telinga kamu. Seorang penerjemah dapat membantu di berbagai bidang. Terutama bisnis yang biasanya menjalin hubungan dengan perusahaan luar negeri. Tanggung jawabnya akan berupa menerjemahkan dokumen dan kebutuhan perusahaan lainnya.

Seorang penerjemah juga bisa membuat jasa penerjemah dan bekerja sendiri. Dengan kemampuan dari pendidikan bahasa Inggris, penerjemah dapat menerima pekerjaan dari klien. Biasa kalau membuka jasa seperti ini, ragam dokumen yang diterjemah bisa macam-macam. Mulai dari dokumen formal hingga script buku.

Jenis penerjemah lainnya juga termasuk juru bahasa. Kalau juru bahasa ini biasanya lebih menerjemahkan sesuatu yang verbal. Kamu bisa saja pergi ke konferensi nasional / internasional dan menerjemahkan bahasa orang penting dari negara lain ke bahasa Indonesia. Keren kan?

#2 Staf Kedutaan Besar

Prospek kerja pendidikan bahasa Inggris lainnya adalah staf kedutaan besar. Nah, menjadi staf di kedutaan besar beragam pilihan kariernya. Kamu bisa menjadi public relation atau kordinator acara untuk berhubungan dengan warga negara asing yang tinggal di Indonesia.

Mulai karier dari menjadi staf lokal di kedutaan yang ada di Indonesia akan memungkinkan kamu untuk bekerja di juga di kedutaan yang ada di luar negeri. Pekerjaan ini cocok banget untuk kamu yang memang senang mempunyai hubungan dengan masyarakat global.

#3 Guru Bahasa Inggris

Karena ini adalah pendidikan bahasa Inggris, tentu saja kamu bisa menjadi seorang guru bahasa Inggris. Dengan kemampuan mengajar yang kamu pelajari, kamu dapat mengajar sesuai kelas atau level yang kamu kuasai. Guru bahasa Inggris pun tidak hanya bisa mengajar di sekolah formal tapi bisa juga di tempat kursus bahasa Inggris.

#4 Sekretaris

Seorang sekretaris umumnya bertanggung jawab untuk menjadi tangan kanan seorang pemimpin. Sekretaris akan mengatur jadwal serta dokumen-dokumen penting. Maka dari itu kemampuan bahasa Inggris sangat diperlukan.

Dengan mengambil karier sebagai sekretaris, kamu bisa belajar mengenai berbagai industri mulai dari startup, perusahaan multinasional hingga internasional. Kamu pun bisa menggali tentang bagaimana seorang pemimpin menjalani sebuah bisnis.

Baca Juga: Ini Dia 20 Universitas Terbaik di Dunia. Mana Pilihanmu?

#5 News Anchor

Walaupun pekerjaan yang satu ini tergolong pekerjaan jurnalistik, seorang news anchor wajib banget jago bahasa Inggris. Maka kalau kamu menguasai bahasa Inggris, kamu tinggal mempelajari teknik jurnalistik dan berlatih. Dengan kemampuan kamu, memungkinkan banget untuk kamu membawakan berita untuk segment internasional!

Itu dia prospek kerja dari pendidikan bahasa Inggris. Gimana? Kamu tertarik? Kamu bisa mulai belajar meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan WSE GO (Wall Street Goes Online). Belajar bahasa Inggris online dengan program belajar yang menyenangkan. Kamu bisa belajar bersama native english teacher yang handal! Yuk gabung di sini sekarang!

Baca juga artikel menarik lainnya

Contoh Undangan Pernikahan dalam Bahasa Inggris yang Unik

Dec 5, 2020

Undangan pernikahan memang perlu dipikirkan secara matang. Mulai dari konsep, design, jenis tulisan, bahkan juga…

Even Though: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaan

Dec 4, 2020

Dalam bahasa Inggris kita mengenal kata sambung sebagai pemisah antar kata atau kalimat. Banyak sekali…

OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Dec 3, 2020

Setiap generasi pastinya memiliki sebutannya masing-masing seperti: Millenials, Gen X, Gen Z, dan juga Baby…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami