Home Business & Career   5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar Lowongan Pekerjaan Impian

5 Skill yang Dibutuhkan Untuk Mendaftar Lowongan Pekerjaan Impian

Jun 2, 2020

Sekarang ini dunia kerja sudah berevolusi. Banyak industri yang bertambah yang akhirnya menghasilkan lapangan kerja yang baru. Dengan perubahan di dunia kerja akhirnya menuntut kita untuk meningkatkan atau meperbaharui kemampuan. Nah, selalu upgrade skill memang dibutuhkan apalagi kalau ingin melamar lowongan pekerjaan impian.

Di artikel ini WSE akan membahas apa saja skill yang harus kamu tingkatkan untuk melamar lowongan pekerjaan. Lalu ada daftar pekerjaan apa saja yang sedang diminati di 2020? Simak artikel di bawah ini ya!

Baca Juga: Pengertian, Rumus dan Contoh Simple Past Tense

Daftar Skill yang Dibutuhkan di 2020

World Economic Forum membahas mengenai skill yang harus dimiliki oleh talent. Kemampuan-kemampuan ini yang dinilai sangat penting untuk menyeimbangi industri yang sudah mulai menggunakan AI. Daftar kemampuan yang sudah dikumpulkan WEF melalui riset melingkupi soft-skill kreatifitas dan kemampuan memimpin.

WEF mengatakan bahwa dengan ada AI yang mempercepat laju pekerjaan, manusia perlu mengimbangi dengan kreatifitas yang tinggi. Berikut daftar skill-nya:

Problem Solving (Kemampuan Menyelesaikan Masalah)

Kemampuan yang satu ini menjadi skill paling pertama yang dibutuhkan jika kamu melamar sebuah lowongan pekerjaan. Menyelesaikan masalah dibutuhkan di setiap industri dan semua jenis pekerjaan. Problem solving ini merupakan sebuah kemampuan untuk melihat sebuah masalah dari berbagai sisi dan mendapatkan solusi penyelesaian dengan cepat.

Untuk mengembangkan kemampuan ini kamu butuh untuk selalu memperhatikan detail dalam sebuah pekerjaan. Perlu diingat juga, komunikasi dengan tim dan pengalaman juga dapat melatih kamu!

Critical Thinking (Kemampuan Berfikir Kristis)

Mempunyai pemikiran yang kritis ternyata memiliki nilai yang besar di dunia kerja. Kenpa begitu? Karena kemampuan untuk menggunakan logika apat membantu menemukan alasan dalam sebuah masalah. Berfikir kritis dapat membantu kamu sukses mendapat lowongan pekerjaan karena sangat dibutuhkan berbagai perusahaan!

Creativity (Kemampuan Kreatif)

‘”Robots may help us get to where we want to be faster, but they can’t be as creative as humans (yet).” – Alex Gray, Senior Writer from World Economic Forum. 

Jangan salah, kreatif bukan saja kemampuan yang dimiliki oleh musisi maupun penulis. Di industri yang makin digital, kreatif merupakan skill yang dituntut untuk dimiliki semua orang. Mulai dari marketing, IT hingga Human Resource wajib bisa berfikir secara kreatif. Hal ini dikarenakan perusahaan yang ada pada zaman ini memiliki pendekatan kreatif kepada konsumennya.

Jadi kalau kamu sedang melamar lowongan pekerjaan, skill yang satu ini penting untuk ditunjukkan ya!

People Management (Kemampuan Mengatur Orang)

Kemampuan untuk mengatur orang atau people management merupakan skill yang dapat dipelajari jangka panjang. Kamu bisa mempelajari ini dari cara memimpin bos-bos yang pernah kamu temui. Kemampuan mengatur orang tidak hanya harus dimiliki oleh orang dengan jabatan Manager lho! Karena siapa tahu kamu bisa ditunjuk menjadi pemimpin suatu saat.

Maka dari itu banyak perusahaan yang sudah mencari orang dengan kemampuan ini mulai dari jabatan yang masih junior. Jika kamu melakar lowongan pekerjaan untuk Human Resource, kamu wajib banget belajar kemampuan ini! Karena kamu akan bekerja di divisi yang harus bisa memotivasi tim di perusahaan.

Baca Juga: Gali Lebih Dalam Mengenai Pengertian Kepemimpinan dan Tipe-Tipenya

Coordinating with Others (Kemampuan Bekerjasama)

Bekerjasama merupakan poin penting di setiap organisasi atau perusahaan. Saat kamu ingin melamar lowongan pekerjaan, kamu sudah harus membayangkan situasi kerja dengan kolega. Nah, paham sistem komunikasi dengan orang lain dan cara memberikan briefing akan berguna banget. Karena nantinya kamu akan bekerja dengan teman satu tim dan lintas divisi!

Lowongan pekerjaan

Lowongan Pekerjaan yang Sedang Diminati

Kamu sedang mencari lowongan pekerjaan namun belum tahu pekerjaan yang tepat? Mungkin daftar ini akan menginspirasi kamu!

  1. Data Scientist, Pekerjaan yang satu ini memiliki angka pertumbuhan 37% per tahun. Harvard Business Review mengatakan kalau pekerjaan ini merupakan pekerjaan yang paling sexy di tahun 2020. Jadi kalau kamu belum mengenal pekerjaan ini, Data Scientist menyediakan data untuk berbagai department untuk menyelesaikan masalah menggunakan data.
  2. Sales Development Representative, Jenis pekerjaan yang satu ini sedang banyak banget lowongan pekerjaannya! Gunanya dalam suatu perusahaan adalah untuk mencari pelanggan baru untuk menggunakan jasa atau produk suatu perusahaan.
  3. Digital Marketing, Mungkin kamu sudah sering mendengar lowongan pekerjaan yang satu ini. Jadi Digital Marketing bertanggung jawab untuk semua iklan dan campaign online yang berjalan dari suatu perusahaan.

Baca Juga: Mengubah Karir dan Profesi di 2020? Kenapa Tidak?

Nah itu dia kemampuan dan pekerjaan yang sedang dibutuhkan di tahun 2020. Gimana? Kamu sudah siap melamar lowongan pekerjaan? Jangan lupa persiapkan diri kamu dengan skill bahasa Inggris yang keren banget! Gabung ke WSE GO (Wall Street Goes Online) dan belajar bahasa Inggris dengan Native English Teacher yang berpengalaman. Klik di sini ya untuk mencari tahu!

Baca juga artikel menarik lainnya

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami