Bedanya Meanwhile dan While: Contoh dan Cara Penggunaan

Jan 29, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Meanwhile dan while merupakan dua kata yang identik dalam Bahasa Inggris dan kadang suka membingungkan kita bagaimana cara penggunaannya.

Dengan arti yang hampir mirip, penggunaan kata ini sering tertukar pada kalimat Bahasa Inggris.

Sebenarnya, kedua kata ini memiliki arti yang berbeda serta fungsi yang berbeda. Apa saja perbedaannya? Bagaimana cara penggunaannya dalam kalimat?

Pengertian

Sebelum masuk ke dalam penggunaannya, mari simak terlebih dahulu pengertian antara meanwhile dan while.

Meanwhile

Meanwhile adalah adverb (kata keterangan Bahasa Inggris) yang bermakna until something expected happens or while something else is happening (sampai sesuatu yang diharapkan terjadi atau saat yang sesuatu yang lain sedang terjadi).

Kata ini memiliki sinonim, yaitu: meantime. Bisa dikatakan meanwhile memiliki arti “sementara” itu jika diubah ke Bahasa Indonesia.

While

While merupakan salah satu kata sambung atau kata hubung untuk aksi kontinu yang terjadi di waktu yang bersamaan.

Aksi kontinu adalah aksi yang sedang berlangsung atau dalam progress. Aksi ini menggunakan continuous tenses. Apabila ada dua aksi kontinu, kita bisa menggunakan while untuk menghubungkannya.

Bisa dikatakan while memiliki arti “ketika” yang penggunaannya mirip dengan when.

Dilansir dari Your Dictionary, while juga bisa memiliki makna “a period or space of time” atau kegiatan yang berjalan sementara waktu.

Baca juga: Generasi Milenial: Bagaimana Mereka Bisa Sukses Mencari Kerja

Contoh dan Penggunaan Meanwhile VS While

Meanwhile

Untuk lebih jelasnya, mari simak contoh penggunaan meanwhile dalam bentuk kalimat utuh.

  • She went shopping at the local grocery store. Her husband, meanwhile, stayed at home playing with their kids. (Dia pergi belanja di toko kelontong lokal. Suaminya, di saat yang sama, tinggal di rumah bermain dengan anak-anak mereka).
  • You can wash the dishes and clean the fridge. Meanwhile, I’ll clean the living room and dust the furniture. (Kamu dapat mencuci piring dan membersihkan lemari es. Sementara saya akan membersihkan ruang tamu dan mengelap mebel).
  • The client is coming in one hour. Meanwhile, let’s prepare our meeting room. (Klien akan datang dalam satu jam. Sementara itu mari kita persiapkan ruang pertemuan).
  • They ran away from us. Meanwhile, we sensed something’s missing from our inventory. (Mereka kabur dari kami. Sementara itu, kami merasa ada sesuatu yang hilang dari persediaan kami).
  • The party will start at 8 pm. Meanwhile, let’s decorate the room and other food. (Pesta akan dimulai pukul 8 malam , sementara itu mari kita menghias ruangan dan makanan yang lainnya).
  • My mother is going to the market, meanwhile my sister is home alone. (Ibuku sedang pergi ke pasar, sementara adikku dirumah sendirian).

Baca juga: AM dan PM: Pengertian, Perbedaan, dan Cara Penggunaannya

While

Penggunaan while dan meanwhile memang lebih rumit. Bisa dikatakan dia kata ini digunakan ketika ada kejadian yang sedang terjadi bersamaan.

Namun, penggunaan while bisa digunakan jika salah satu kegiatannya dianggap sebagai interupsi. Contoh:

  • While I was studying in the library, someone greeted me. (Ketika saya sedang belajar di perpustakaan, seseorang menyapa saya).
  • You knocked on the door while she was taking a bath. (Kamu mengetuk pintu ketika dia sedang mandi).
  • A coloring book and crayons kept her busy while they worked and talked. (Buku mewarnai menjaga ia tetap sibuk ketika mereka bekerja dan berbicara).
  • They came while we were eating breakfast, and my friends enjoyed them with me. (Mereka datang ketika kami sedang makan sarapan, dan teman-teman saya menikmatinya denganku).
  • He climbed the stairs to his office while she called Katie. (Ia memanjat tangga ke kantornya ketika ia memanggi Katie).

Baca juga: Causative: Pengertian, Contoh Kalimat, Rumus, dan Fungsinya

Itu dia perbedaan mengenai penggunaan while dan meanwhile dalam kalimat Bahasa Inggris. Apakah kamu sudah cukup jelas dengan penjelasan di atas?

Atau masih penasaran ingin dijelaskan oleh orang-orang yang berpengalaman?

Konsultasikan masalah kamu lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online) karena para native speakers yang berpengalaman akan membantu kamu memecahkan permasalahan Bahasa Inggris. Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu.

Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

More News

Jul 3, 2021
Grammar

Present Progressive: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Jul 3, 2021
Vocabulary

Derivation: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jul 2, 2021
Vocabulary

Conjunctive Adverb: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Jun 30, 2021
English Tips

Yes No Question: Definisi, Rumus, Contoh, dan Penggunaan

Jun 30, 2021
English Tips

Kalimat Offering Help (Menawarkan Bantuan) Bahasa Inggris

Jun 21, 2021
English Tips

Declarative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan