Home Lifestyle   Manfaat Meditasi bagi Keseharian Kamu yang Sibuk

Manfaat Meditasi bagi Keseharian Kamu yang Sibuk

Jul 1, 2020

Masih banyak orang yang masih awam dengan meditasi. Kegiatan meditasi masih dianggap ribet dan hanya membuang waktu saja. Padahal manfaat meditasi begitu banyak yang salah satunya adalah untuk mengurangi rasa stres, cemas, bahkan dapat meningkatkan fokus otak kita. Masih banyak orang yang mengira bahwa proses meditasi harus dilakukan di ruangan yang sepi.

Namun, pada nyatanya meditasi dapat dilakukan saat kamu berjalan, di dalam bus, di tengah meeting yang tanpa menggunakan peralatan apapun. Sebenarnya apa sih meditasi itu? Apa manfaatnya untuk kamu yang memiliki keseharian yang sibuk?

Baca juga: Menulis Kreatif: Definisi, Jenis dan Tips-nya

Tipe-Tipe Meditasi

Sebenarnya apa yang kamu bayangkan di otak kamu saat mendengar kata meditasi? Duduk tenang dan diam? Hanya melatih konsentrasi dalam diam? Salah besar. Banyak tipe-tipe meditasi yang ternyata bisa kamu lakukan sendiri di manapun dan kapanpun. Apa saja itu?

Guided Meditation

Metode meditasi ini mengandalkan visualisasi dari seseorang. Misalnya seseorang yang menggunakan metode ini harus membayangkan tempat yang menurut mereka tenang. Metode meditasi ini juga akan memaksimalkan semua indera manusia seperti penciuman, pendengaran, bahkan sentuhan. Metode ini membutuhkan ketenangan dan konsentrasi yang tinggi sehingga kamu bisa merasakan ketenangan yang mendalam.

Mantra Meditation

Metode ini mengkhusukan kamu untuk mengulang kata-kata yang dianggap sangat menenangkan hati alias mantra untuk diri kamu sendiri. Mantra untuk setiap orang pastinya berbeda-beda dan kamu diharuskan menyebutkan mantra berulang agar tidak terdistraksi.

Yoga

Yoga bukanlah hal yang asing bagi kita semua. Yoga dapat kamu lakukan baik ikut kelas di gym maupun di rumah. Banyak sekali tutorial yoga di YouTube yang bisa kamu ikuti. Gerakan-gerakan yoga yang didominasi dengan stretching dan mengatur pernapasan, menjadi bagian dari meditasi yang bisa membuat kamu rileks.

Manfaat Meditasi

Tak hanya sekadar menenangkan pikiran, ada beberapa manfaat lainnya dari meditasi. Di antaranya adalah:

Mengusir stres

Manfaat meditasi yang pertama dan paling populer adalah menghilangkan stres. Satu studi yang mengikutsertakan 3.500 orang dewasa menunjukkan, bermeditasi bisa membantu mereka mengurangi perasaan stres. Pada studi lainnya, sebuah gaya meditasi bernama “Mindfulness Meditation”, bisa mengurangi respon peradangan dalam tubuh yang disebabkan oleh stres.

Baca juga: Meeting Online: Bagaimana Cara Membuatnya Lebih Efektif?

Mengontrol rasa cemas

Cemas yang berlebihan membuat aktivitas kita menjadi terganggung. Cemas juga bisa memicu datangnya penyakit lain seperti sesak nafas bahkan pingsan. Perasaan cemas ini bisa datang secara tiba-tiba lho bahkan tanpa adanya pemicu. Salah satu kegiatan meditasi adalah mengatur pernapasan agar otak kita kembali tenang. Sehingga dengan seringnya melakukan meditasi, seseorang bisa melatih untuk mengontrol rasa cemas yang tiba-tiba muncul.

Dalam sebuah studi yang berlangsung 8 minggu, meditasi berhasil membantu para partisipan mengurangi rasa cemas dalam pikirannya. Manfaat meditasi seperti mengontrol rasa takut (fobia) hingga panic attack, juga berhasil dibuktikan dalam studi tersebut. Dilansir dari Forbes, meditasi bukanlah sebuah obat yang dapat menghentikan rasa cemas atau depresi. Meditasi hanya merupakan sebuah sebuah alat untuk mengatur perasaan di dalam diri kita.

Meningkatkan kesadaran diri

manfaat meditasi

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa meditasi hanyalah kegiatan duduk diam dan tidak melakukan apa-apa. Meditasi memiliki banyak runtutan kegiatan yang dapat diikuti, misalnya seperti meyakinkan diri sendiri untuk berpikir positif. Maka dari itu, meditasi dapat mengeluarkan sisi terbaik dari seseorang. Bagi kamu yang sering merasa self-doubt, kurangnya kepercayaan diri, rendah diri, bahkan tidak yakin dengan apa yang kamu kerjakan, yuk segera lakukan meditasi. Dengan meditasi, kamu akan lebih merasa positif dan lebih menghargai diri sendiri.

Baca juga: Tips Olahraga di Rumah Selama Pandemi Covid-19

Meningkatkan konsentrasi dan daya pikir

Meditasi bisa dikatakan juga sebagai olahraga otak. Jika di gym kalian berolahraga demi membentuk fisik yang baik, meditasi bermanfaat untuk pembentukan dan regenerasi sel-sel yang ada di dalam otak. Melakukan meditasi secara rutin bisa meningkatkan konsentrasi dan daya pikir. Ini juga berpengaruh dengan ingatanmu dalam jangka panjang agar tidak cepat pikun. Tak hanya itu, meditasi juga dapat meningkatkan daya serap otak kita terhadap informasi yang masuk.

Meditasi juga bermanfaat jika kamu ingin belajar khususnya belajar bahasa Inggris. Selain sambil meditasi, kamu juga bisa ikut program WSE GO (Wall Street English Goes Online) untuk melatih juga skill bahasa Inggrismu. Dibimbing oleh native speaker yang berpengalaman, kamu akan lebih fokus dalam belajar bahasa Inggris.

Baca juga artikel menarik lainnya

Hortatory Exposition: Definisi, Rumus, Struktur, dan Contohnya

Sep 23, 2020

Tak hanya buku saja yang memiliki genre, jenis tulisan atau teks dalam bahasa Inggris ternyata…

Tongue Twister dalam Bahasa Inggris: Cara Melatih Pronunciation

Sep 21, 2020

Pembelit lidah alias tongue twister bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita. Permainan ini biasanya…

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami