Menulis Kreatif: Definisi, Jenis dan Tips-nya

Jun 24, 2020
Share on facebook
Share on twitter

Apakah kamu memiliki ketertarikan dalam menulis kreatif? Seringkali dalam upaya membuat sebuah penulisan kreatif agak bingung mau mulai dari mana. Kemudian apa saja jenis penulisan kreatif yang dapat kamu gali? Nah, di artikel ini WSE akan membahas secara dalam mulai dari definisi, jenis dan tips yang bisa kamu pakai untuk mulai menulis kreatif. Simak ya!

Baca Juga: Ingin Menjadi Penulis? Ikuti 5 Langkah Ini Untuk Siapkan Tulisan!

Definisi Menulis Kreatif

Kamu pasti mendengar berbagai macam sebutan jenis penulisan. Ada penulisan akademis, penulisan jurnalistik dan penulisan kreatif. Ketiga penulisan itu kemudian memiliki definisi yang berbeda. Pada kali ini kami bahas dulu mengenai menulis kreatif. Apa sih definisinya?

Menulis kreatif merupakan jenis penulisan yang bisa dikategorikan sebagai penulisan sastra. Umumnya, dalam penulisan kreatif ini memiliki tujuan untuk menarik audiens. Untuk memproduksi tulisan kreatif pun dibutuhkan kemampuan untuk membangun imajinasi pembacanya. Riset dan kemampuan menulis pun sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tulisan kreatif yang bagus.

Jenis-Jenis Penulisan Kreatif

Puisi

Sebuah karya sastra yang menggunakan ritma dan rima dalam penulisannya. Tujuan dari puisi adalah untuk mengutarakan isi hati penyair atau menceritakan sebuah suasana atau kejadian di dalam sebuah ungkapan. Biasanya puisi merupakan tulisan kreatif yang singkat dan menggunakan kalimat-kalimat yang padat.

Naskah Film

Naskah film merupakan tulisan cerita yang akan diimplementasikan untuk sebuah karya film. Isi dari cerita berisikan runtutan adegan dan percakapan pemeran yang akan digunakan di dalam film. Naskah film adalah menulis kreatif yang melibatkan banyak tokoh dalam film serta sutradara. Kalau kamu ingin menjadi bagian dalam produksi sebuah film, mungkin kamu bisa coba menulis kreatif dalam bentuk naskah film!

Buku / Novel

Mungkin banyak dari kalian yang ingin menulis buku. Dalam tulisan kreatif yang berupa buku, terdapat 2 jenis, fiksi dan non fiksi. Jika kamu membaca buku fiksi, kejadian yang ada di dalamnya tidak nyata dan berdasar dari imajinasi. Sedangkan non-fiksi merupakan buku yang didasari dari hal-hal atau cerita nyata.

Lirik Lagu

Hampir sama dengan puisi, dalam menulis lirik lagu dibutuhkan irama agar teks lagu dan melodi bisa terdengar pas. Lirik lagu pun berisikan ungkapan dari seorang penulis lagu / penyanyi. Tujuannya agar pendengar dapat menikmati dan memiliki rasa yang sama dengan penyanyi.

menulis kreatif

Tips Untuk Mulai Menulis Kreatif

#1 Gunakan Teknik Deskripsi

Dengan menggunakan teknik deskripsi, tulisan kamu akan menjelaskan keadaan secara deskriptif pada pembaca. Kemudian dengan mendeskripsikan cerita, kamu akan membuat pembaca untuk menggunakan imajinasi mereka.

#2 Gunakan Perumpamaan / Metafora

Teknik menulis kreatif yang dapat kamu gunakan adalah metafora. Banyak dari puisi atau lirik lagu yang menggunakan sebuah metafora untuk membuat sebuah perumpamaan dari suatu keadaan. Metafora akan membantu keragaman kata-kata yang kamu gunakan dalam membuat tulisan.

#3 Sisipkan Dialog di Dalam Naskah

Menyisipkan dialog dalam tulisan dapat membantu tulisan kamu agar tidak monoton. Sebuah percakapan juga membantu cerita agar lebih mendalam. Pembaca pun akan bisa membayangkan situasi sebenarnya.

#4 Coba Hindari Kata Sifat

Dibanding kamu menuliskan kata sifat yang padat dan singkat, coba kamu gunakan kata yang lebih imajinatif. Sehingga pembaca lebih tertarik untuk membaca sampai habis buku kamu. Karena jika hanya menjelaskan suatu keadaan dengan kata sifat, kalimat yang kamu tulis akan singkat dan tidak membangun imajinasi pembaca. Contoh: “Gedung itu tinggi sekali.” kamu bisa menulis “gedung ini seperti mencakar langit.”

#5 Gunakan Riset Pada Tulisan

Walaupun menulis kreatif merupakan tulisan yang mengandalkan imajinasi, kamu juga perlu melakukan riset. Apalagi ketika kamu sedang menentukan jenis tulisan kamu. Lakukan riset mengenai tulisan dan topik macam apa yang sedang diminati pembaca.

Itu dia detail mengenai apa itu menulis kreatif, jenis dan tips-nya. Semoga membantu kamu jika kamu tertarik menggeluti menulis kreatif ya! Hal lain yang akan membantu proses menulis kamu adalah menguasai bahasa Inggris. Dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, kamu bisa memproduksi penulisan kreatif dengan bahasa Inggris. Menggunakan bahasa Inggris akan meningkatkan peluang kamu untuk menjadi penulis internasional.

Baca Juga: Belajar Tenses dan Dasarnya untuk Meningkatkan Skill Bahasa Inggris

Gabung ke Wall Street English Goes Online (WSE GO) dan tingkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan native English teacher yang berpengalaman. Program belajarnya pun beda dari lainnya, kamu bisa blajar menggunakan digital learning platform yang tidak membosankan! Yuk, gabung sekarang juga di sini!

More News

Jul 3, 2021
Grammar

Present Progressive: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Jul 3, 2021
Vocabulary

Derivation: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jul 2, 2021
Vocabulary

Conjunctive Adverb: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Jun 30, 2021
English Tips

Yes No Question: Definisi, Rumus, Contoh, dan Penggunaan

Jun 30, 2021
English Tips

Kalimat Offering Help (Menawarkan Bantuan) Bahasa Inggris

Jun 21, 2021
English Tips

Declarative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan