Parentheses (Tanda Kurung): Definisi dan Cara Penggunaanya

Feb 2, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Tanda kurung merupakan salah satu tanda baca yang sering kita gunakan dalam menulis baik dalam Bahasa Indonesia maupun dalam Bahasa Inggris.

Dalam Bahasa Inggris, tanda baca ini disebut sebagai parentheses atau round brackets.

Apakah kegunaan tanda kurung sebenarnya? Bagaimana cara penggunaannya?

Definisi Parentheses

Dilansir dari Grammarly, tanda kurung merupakan salah satu tanda baca yang berfungsi untuk memberikan informasi tambahan dalam sebuah paragraf atau kalimat.

Informasi tambahan ini bisa berisi mengenai fakta atau juga sekadar komentar dari penulis yang bersifat subjektif.

Informasi tambahan yang diletakkan dalam tanda baca parentheses biasa disebut dengan parenthetical material dan parenthetical material ini bisa berupa sebuah kata, sebuah fragment atau penggalan kalimat, atau bisa juga berupa beberapa kalimat lengkap.

Dengan begini artinya penggunaan tanda baca parentheses tidak selalu berbentuk pendek.

Simbol yang digunakan sebagai parentheses adalah (…). Simbol ini selalu digunakan secara berpasangan yang tidak boleh terpisah.

Selain disebut sebagai parentheses, tanda kurung ini juga disebut sebagai round brackets.

Salah satu hal yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan tanda baca ini adalah, hal apapun yang diletakkan ke dalam tanda kurung tidak boleh terhubung secara grammatical kepada kalimat di sekitarnya.

Jika hal in terjadi, maka kalimat tersebut perlu ditulis ulang tanpa menggunakan tanda kurung di dalamnya.

Baca juga: Imperative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Aturan Penggunaan Parentheses

Walaupun berfungsi untuk menambahkan informasi dalam sebuah kalimat, ada aturan-aturan yang perlu dipenuhi dalam penggunaannya. Apa saja itu?

  • Jika materi dalam parentheses berada di suatu kalimat walaupun berupa kalimat lengkap, tidak dimulai dengan huruf kapital, dan diakhiri dengan tanda titik. Contoh: The symptoms of chronic kidney disease often come on suddenly and dramatically (it happened to my cousin) although someone may have lost ninety per cent of their kidney’s function.
  • Jika materi didalam parentheses berupa kalimat lengkap yang terpisah (tidak berada didalam kalimat lain), maka kalimat tersebut diperlakukan dengan normal (dapat diakhiri dengan titik). Contoh: The symptoms of chronic kidney disease often come on suddenly and dramatically . One of the way to prevent this disease is by drinking no more than two litres/day (drinking excessive water may damage your kidneys).t

Baca juga: Interview Bahasa Inggris: Contoh Pertanyaan dan Jawabannya

Macam-Macam Penggunaannya

Sesuai yang sudah dijelaskan di atas bahwa tanda kurung berfungsi untuk menambahkan informasi dalam sebuah kalimat atau juga paragraf.

Di bawah ini ada macam-macam penggunaan tanda baca kurung sesuai dengan jenisnya. Apa saja itu?

  • Digunakan untuk memberi tambahan informasi secara singkat. Contoh: Ultra High Temperature processing (up to 120-130 C in two seconds or 150 C in one second) may damage the enzymes in milk. – Proses Ultra High Temperature (sampai 120-130 C dalam dua detik atau 150 C dalam satu detik) mungkin merusak enzim-enzim dalam susu.
  • Digunakan penulis untuk menginterupsi dari sisi penulis ke pada pembaca. Contoh: The bag is (too!) expensive for high school students. – Tas tersebut (terlalu) mahal untuk anak-anak SMA.
  • Digunakan untuk mempresentasikan pilihan. Contoh: Every student can support the charity event by donating their book(s). – Setiap siswa dapat mendukung acara amal tsb dengan mendonasikan buku-buku mereka.)
  • Digunakan untuk mengapit angka atau huruf dalam penomoran di dalam suatu tulisan. Contoh: Every candidate should meet the requirements at least (1) Fresh Graduate from reputable university, (2) Willing to work in Banten. – Setiap kandidat harus memenuhi persyaratan paling tidak (1) Fresh graduate dari universitas terkemuka, (2) Mau ditempatkan berkerja di Banten.
  • Digunakan untuk menandakan kode wilayah pada telepon. Contoh: (0721) 565789
  • Terjemahan singkat biasanya diletakkan dalam parentheses. Contoh: I know some words in Japanese such as Arigatou (thank you), oyasuminasai (good night) and ohayou (good morning).
  • Digunakan untuk memberikan kepanjangan dari singkatan. Contoh: Mr. Sundar Pichai is the CEO (chief executive officer) of Google Inc.

Baca juga: OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Ternyata, tanda baca yang sering kita sepelekan memiliki detil yang sangat menarik.

Maka dari itu, materi mengenai Bahasa Inggris memang tidak ada habisnya untuk dibahas. Lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online) para native speakers berpengalaman bisa membantumu dalam menjawab rasa penasaran mengenai Bahasa Inggris. Mulai dari percakapan, grammar, sampai juga latihan sebelum tes TOEFL, kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu.

Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

More News

May 11, 2021
English Tips

Parallel Structure: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 11, 2021
Vocabulary

Appositive Phrase: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 7, 2021
Vocabulary

Reflexive Pronoun: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

May 4, 2021
Vocabulary

Positive Degree: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Apr 30, 2021
Vocabulary

Independent Clause: Definisi, Contoh Kalimat, dan Penggunaan

Apr 26, 2021
Business & Career

Public Speaking: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menguasainya