Daftar Lengkap Beasiswa S1 di Amerika

Apr 15, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Amerika Serikat merupakan negara favorit bagi mahasiswa di dunia untuk melanjutkan studi mereka di bangku kuliah. Amerika memiliki kualitas pendidikan yang tinggi dan diakui secara internasional. Mulai dari tenaga pengajar, hingga kurikulum yang diajarkan juga sangat berkualitas. Kampus-kampus seperti MIT, NYU, Boston University dan lainnya menghasilkan mahasiswa-mahasiswa berkualitas. 

Bagi kamu yang tertarik untuk menjalani kuliah di Amerika, tentu tidaklah murah selain biaya kuliah namun juga biaya hidup, dan akomodasi harus kamu perhatikan. Nah, tidak perlu khawatir karena di Amerika terdapat beasiswa bagi mahasiswa Internasional yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negara ini. Sebelum itu, kamu harus mengetahui biaya kuliah di Amerika. 

Biaya Kuliah di Amerika

Biaya kuliah di negara tersebut tergantung dari jenjang yang akan kamu ambil. Mulai dari program Undergraduate dengan biaya kuliah mulai dari USD 25.000 per tahun atau setara dengan Rp 355 juta. PIlihan lainnya yang terjangkau yaitu dengan mengikuti Community College dengan biaya USD 2.500 atau setara dengan Rp 35 juta rupiah. Community College ini membutuhkan waktu 2 tahun, dan di tahun ketiga kamu sudah bisa masuk ke universitas rekanan. 

Kemudian, untuk jenjang Postgraduate (S2), biaya kuliah yang dikeluarkan sekitar USD 20.000 – 35.000 di perguruan tinggi atau sekitar Rp 280 Juta sampai Rp 497 Juta. Lalu, untuk perguruan tinggi swasta rata-rata sebesar USD 35.000 sampai dengan USD 50.000 per tahunnya atau setara dengan Rp 497 juta. 

Jenjang Doctoral (S3) memiliki biaya kuliah yang cukup tinggi sekitar USD 28.000 sampai dengan USD 55.000 atau sekitar Rp 398 Juta rupiah. Nah, melihat biaya kuliah yang cukup tinggi di Amerika Serikat membuat setiap mahasiswa yang ingin kuliah di negara ini menjadi minder. Namun, tidak perlu khawatir karena di Amerika Serikat juga terdapat beasiswa yang dapat membantu mengurangi biaya kuliah. 

Daftar Lengkap Beasiswa di Amerika Serikat

LPDP 

Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau yang disebut LPDP merupakan lembaga beasiswa dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang membantu calon mahasiswa dari Indonesia untuk menjalani kuliah di luar negeri di bidang biaya kuliah. Beberapa daftar universitas di Amerika Serikat yang dapat dilamar dengan beasiswa ini adalah : 

  • MIT : Massachusetts Institute of Technology
  • Yale University
  • Harvard University
  • University of California

Emerging Global Leader Scholarship 

Beasiswa ini ditargetkan bagi mahasiswa yang ingin mengejar gelar S1 di Amerika Serikat. Pelamar di program beasiswa ini biasanya orang-orang yang memiliki dedikasi untuk perubahan sosial positif untuk komunitas yang tertinggal di negara asalnya. Cocok bagi kamu yang suka menjalani kegiatan sosial, serta aktif di komunitas warga lokal. 

American University Scholarship 

Program beasiswa yang disediakan oleh American University diperuntukkan bagi mahasiswa berprestasi di jenjang S1 sampai dengan S3. Beasiswa ini memberikan keringanan biaya kuliah di bidang akademik. Terdapat dua skema beasiswa yaitu Merit Awards dan Fellowship & Assistantships. 

Foreign Fulbright Student Program

Program beasiswa Fulbright merupakan program beasiswa secara penuh yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat bagi mahasiswa yang ingin mengejar gelar Master atau PhD. Bantuan yang ditawarkan di program beasiswa ini yaitu biaya kuliah, buku pelajaran, tiket pesawat, tunjangan hidup dan asuransi kesehatan. 

Michigan State University International Scholarship

Michigan State University (MSU) merupakan perguruan tinggi dengan kualitas pendidikan terbaik yang ada di Michigan, Amerika Serikat. Universitas ini menawarkan beasiswa dan bantuan dana bagi mahasiswa internasional yang dapat memenuhi kriteria. Mulai dari tingkat Undergraduate (S1) hingga Postgraduate (S2) dapat menikmati beasiswa dari MSU. Bagi mahasiswa yang menerima beasiswa ini akan mendapatkan biaya penuh selama menempuh pendidikan di MSU. 

World Bank Scholarship

World Bank Scholarship melalui skema Joint Japan World Bank Graduate Scholarship merupakan program beasiswa yang ditawarkan kepada anggota Bank Dunia. Beasiswa ini bersifat penuh jadi seluruh biaya pendidikan akan ditanggung oleh World Bank Scholarship. Bagi mahasiswa yang ingin menjalani kuliah di Amerika Serikat, World Bank Scholarship menyediakan beasiswa untuk 8 universitas di Amerika, salah satunya adalah Harvard University. 

Nah, itulah beberapa program beasiswa yang dapat kamu apply jika ingin menjalani kuliah di Amerika Serikat. Namun, tentu kamu harus menguasai kemampuan bahasa Inggris kamu! Jika kamu tidak meningkatkan kemampuan bahasa Inggris secara akademis tentu tidak akan bisa melamar di beberapa program beasiswa diatas. Kamu dapat mengikuti course dari Wall Street untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu! Kamu bisa menikmati kegiatan seperti Social Club untuk berbicara bahasa Inggris kepada satu sama lain agar dapat meningkatkan kemampuan Speaking dan IELTS Preparation Course untuk meningkatkan nilai IELTS agar melamar di program beasiswa dan kampus impian di Amerika Serikat dapat lulus! 

Yuk, segera tingkatkan bahasa Inggris kamu dengan mendaftarkan diri di Wall Street!

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP