Home Grammar   Belajar Grammar? Adakah Cara Mudah untuk Memahaminya?

Belajar Grammar? Adakah Cara Mudah untuk Memahaminya?

Jun 12, 2020

Grammar merupakan sebuah momok menakutkan ketika kita dihadapkan untuk belajar bahasa Inggris. Banyaknya rumus kadang membuat kita bingung bagaimana cara pemakaian kata-kata atau verb. Bahkan untuk menganalisa bentuk kalimatnya saja kita masih suka dibuat pusing. Tapi, tahukah kamu bahwa sebenarnya grammar tak sesulit yang dibayangkan? Kunci memahami grammar terletak pada cara belajarnya, lho! Memangnya bagaimana cara belajar grammar yang mudah dan cepat?

Tips Mudah Belajar Grammar

Beberapa tips di bawah ini merupakan cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memahami grammar bahasa Inggris. Apa saja caranya?

Jangan takut membuat kesalahan

Dalam belajar bahasa asing khususnya bahasa Inggris, perasaan takut dalam membuat kesalahan pasti ada. Salah satu faktor untuk menghambat proses belajar bahasa Inggris adalah ketakutan untuk diejek. Padahal, membuat kesalahan itu biasa, apalagi dalam hal bahasa asing yang bukan merupakan bahasa ibu kita.

Maka dari itu, jangan takut membuat kesalahan karena kesalahan akan menjadi bahan pembelajaranmu di masa depan. Jika kamu tidak pernah membuat kesalahan, maka kamu tidak akan ingat mana saja yang perlu kamu perbaiki.

Baca juga: Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Belajar mengenai structure

Tips belajar grammar bahasa Inggris selanjutnya adalah dengan memahami structure atau formula dalam tenses-tenses yang ada di bahasa Inggris. Ada 16 tenses yang memang harus kamu hafalkan dan kamu kuasai. Structure ini merupakan pondasi dalam belajar grammar sehingga nantinya kamu akan lebih mudah dalam menyusun kalimat.

Pahami pola kalimat

Untuk mempermudah, ingatlah bahwa kamu perlu menempatkan subjek di awal kalimat. Setelah itu posisi kedua untuk kata kerja dan baru posisi berikutnya ditempati oleh objek ataupun keterangan lainnya baik waktu maupun tempat.

Perbanyak membaca kalimat bahasa Inggris

belajar grammar

Sumber: Canva

Salah satu cara belajar grammar yang bisa kamu coba adalah dengan banyak membaca. Membaca ini tak terbatas hanya pada buku saja, namun kamu juga bisa membaca artikel atau jurnal di internet. Selain untuk memperluas pengetahuan kosakata, membaca bisa membuat kamu familiar dengan bentuk-bentuk tenses atau kalimat dalam bahasa Inggris. Sehingga kamu nantinya akan lebih mudah menyusun kalimat bahasa Inggris dengan grammar yang benar. Jangan hanya sekadar lewat jika kamu membaca tulisan ber-bahasa Inggris.

Tandai kalimat-kalimat yang kamu rasa penting atau tidak tahu artinya. Dengan metode menandakan buku, secara tak langsung kamu sudah belajar untuk mengerti struktur kalimat bahasa Inggris. Tapi jangan hanya ditandai saja, buka kamu juga untuk mencari tahu arti-arti kalimat yang masih asing di telinga.

Baca juga: Yang Bisa Dipelajari Dari Michael Jordan Untuk Upgrade Skill Kamu

Latihan menulis bahasa Inggris

selain membaca, ada juga cara belajar grammar jika kamu sudah mulai percaya diri. Kamu bisa mulai mencoba untuk menulis cerita atau artikel menggunakan bahasa Inggris. Setelah selesai, baca kembali untuk mengoreksi tulisan-tulisan atau grammar yang salah. Usahakan untuk menulis dengan runut dan urut agar kamu semakin mahir dalam menyusun kalimat ber-bahasa Inggris.

Siap kamus

Dalam belajar bahasa Inggris, jangan malas untuk membuka kamus. Kecenderungan orang saat belajar adalah membiarkan kata-kata yang tidak dimengerti dan tidak dicari artinya dalam kamus. Padahal, kebiasaan ini sangat menghambat proses dalam belajar. Di zaman yang serba digital ini kamus bukan hanya dalam bentuk buku, lho! Kamu bisa mendownload aplikasi kamus digital di smartphone kamu. Sudah siap belajar?

Baca juga: Pelajari 5 Bahasa Gaul Inggris Ini Agar Percaya Diri

Langsung konsultasi dengan native speaker

Belajar grammar bahasa Inggris tidak lengkap tanpa adanya bantuan dari native speaker sebagai orang yang lebih paham terhadap bahasa tersebut. Kamu tidak perlu mencari atau bahkan travelling mencari native speaker sebagai mentor bahasa Inggris. Kamu cukup ikutan WSE GO (Wall Street Goes Online) dengan metode pengajaran yang efektif. Dengan guru berpengalaman, kamu bisa cepat dan mudah belajar grammar. Tertarik untuk ikutan? Cari tahu info lebih lanjut di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

Auxiliary Verb: Definisi dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat

Sep 24, 2020

Dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris, pastinya ada beberapa kalimat yang menggunakan imbuhan do, have, dan…

Hortatory Exposition: Definisi, Rumus, Struktur, dan Contohnya

Sep 23, 2020

Tak hanya buku saja yang memiliki genre, jenis tulisan atau teks dalam bahasa Inggris ternyata…

Tongue Twister dalam Bahasa Inggris: Cara Melatih Pronunciation

Sep 21, 2020

Pembelit lidah alias tongue twister bukanlah hal yang asing dalam kehidupan kita. Permainan ini biasanya…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami