Home English Tips   Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Ingin Lancar Ber-bahasa Inggris? Ikuti Tips agar Percaya Diri Menggunakan Bahasa Inggris!

Mei 26, 2020

Pernahkah kamu berpikir bagaimana cara menguasai bahasa Inggris dengan cepat terutama dalam percakapan? salah satu kuncinya adalah percaya diri. Percaya diri adalah elemen yang sangat penting dalam belajar berbicara dalam sebuah bahasa asing. Banyak orang khawatir bahwa mereka akan membuat kesalahan atau apa yang mereka katakan akan sulit dipahami orang lain. Lalu, bagaimana cara menghilangkan semua keresahan ini? Bagaimana cara meningkatkan kepercayaan diri?

Membangun Percaya Diri untuk Lancar Bahasa Inggris

Ada beberapa cara mudah dan sederhana untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berbahasa Inggris. Di antaranya adalah:

Baca juga: Cara Membuat Essay Dalam Bahasa Inggris yang Baik

Dengar dan ulangi

Kita semua memiliki film, acara televisi, bahkan channel YouTube favorit. Daripada hanya menonton dengan diam, dengarkan apa yang karakter atau pembawa acara katakan lalu ulangi dialog yang kamu anggap menarik. Teruskan, berhenti sejenak, putar ulang, dan dengarkan percakapan mereka berulang kali jika diperlukan. Lebih baik lagi jika kamu mengaktifkan pengaturan subtitle bahasa Inggris sehingga kamu bisa mengidentifikasi setiap kata. Ini adalah cara paling seru untuk mempraktikan kemampuan mendengar dan berbicaramu dengan menggunakan material yang menyenangkan dan menghibur.

Cari teman berlatih agar percaya diri

Salah satu cara paling mudah dan paling manjur dalam berbahasa Inggris adalah mencari teman berlatih. Kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk membuat “English Time” sehingga kamu hanya berbicara bahasa Inggris dalam waktu yang ditentukan. Siapkan peraturan denda jika salah satu dari kalian menggunakan bahasa Indonesia dalam percakapan. Pastinya hal ini akan manjur membuat kamu berbicara bahasa Inggris. Dengan memiliki teman yang mendukung, kamu akan lebih merasa nyaman untuk berbicara bahasa Inggris tanpa disertai rasa tidak percaya diri.

Membaca dengan keras untuk melatih percaya diri

Baik itu membaca novel atau buku non-fiksi, alokasikan 30 menit waktumu setiap hari untuk membaca, dan 30 menit lainnya untuk membacanya dengan keras. Hal ini merupakan cara yang baik untuk mengembangkan kemampuan membacamu sekaligus mempraktikan pelafalan dalam bahasa Inggris, baik itu intonasi berbagai kata maupun panjang kalimat.

Jika kamu tidak yakin bagaimana mengucapkan kata tertentu, kamu bisa mencari tahu dari kamus atau Google Translate. Jangan terlalu fokus kepada setiap detail kata yang kamu tidak mengerti. Poin utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan dirimu dalam melakukan percakapan bahasa Inggris.

Baca juga: Belajar Menulis untuk Business Writing: Bagaimana Caranya?

Rileks dan fokuskan pikiran ke lawan bicara

Apa yang biasanya membuatmu gugup dalam melakukan percakapan bahasa Inggris? Memikirkan susunan kata? Grammar? Untuk berlatih, cobalah jangan pikirkan hal itu semua. Coba fokuskan terhadap topik yang kamu ingin sampaikan. Kunci utama agar kamu bisa rileks ketika sedang berbicara bahasa Inggris adalah menemukan bahan yang menurut kamu menarik untuk dibicarakan. Berbicara itu akan lebih mudah ketika kamu punya sesuatu yang akan diperbincangkan sehingga otomatis kamu akan menikmati percakapan tersebut.

Jangan takut salah

Salah satu penghambat paling besar dalam belajar bahasa asing terutama bahasa Inggris adalah takut melakukan kesalahan. Hal ini dimulai dengan adanya budaya mencela yang membuat seseorang malu dalam membuat kesalahan. Yuk stop budaya meledek atau mencela seseorang yang sedang berlatih dan membuat kesalahan. membuat kesalahan adalah hal yang biasa dan dari kesalahan kita bisa belajar untuk memperbaiki.

Jika kamu menemukan dirimu kesusahan untuk mengucapkan kalimat bahasa Inggris yang panjang dan sulit, berhenti sejenak dan beri waktu beberapa detik untuk bernapas, lalu lanjut lagi berbicara. Kenyataan bahwa kamu berkomunikasi dengan bahasa yang bukan bahasa ibumu sudah menjadi alasan yang cukup untuk bangga akan pencapaianmu.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Makin Seru Lewat Series Netflix

Ikut kelas online bahasa Inggris

Di era digital ini, sudah banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar terutama belajar bahasa Inggris. Alasan kekurangan materi dan fasilitas sudah tidak valid karena jika kamu kreatif semua media bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah kelas bahasa Inggris online seperti program WSE GO (Wall Street English Goes Online).

Dengan program ini kamu lebih mudah mengatur waktu dan belajar di mana saja, kapan saja. Ditambah guru native speaker yang akan memberikanmu pengajaran serta teknik terbaik. Dijamin kepercayaan dirimu akan semakin meningkat karena proses belajar akan terus didampingi. Bagaimana cara ikutan program WSE GO? Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Baca juga artikel menarik lainnya

Adjective Clause: Definisi, Rumus, dan Contoh Penggunaannya

Sep 19, 2020

Pastinya kamu sudah familiar dengan istilah adjective kan? Adjective merupakan kata lain dari kata sifat…

Noun Phrase: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Sep 18, 2020

Seperti yang sudah kamu tahu, noun merupakan kata benda dalam bahasa Inggris. Namun, ada istilah…

Analytical Exposition – Definisi, Struktur, Rumus, dan Contohnya

Sep 17, 2020

Blog merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang lain untuk mengutarakan opininya. Bahkan banyak…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami