Weekly Grammar: Kenali Perbedaan Antara Berbagai Past Tense

Jun 16, 2020
Share on facebook
Share on twitter

Pastinya kamu sudah tahu bahwa grammar dalam Bahasa Inggris membedakan kalimat sesuai dengan waktunya. Ada masa lampau, masa depan, kebiasaan, serta waktu yang sedang dilakukan sekarang. Nah, dalam artikel ini kita akan membahas mengenai macam-macam past tense dan juga perbedaannya.

Berbagai Macam Past Tense

Simple past tense

Digunakan untuk menerangkan tindakan atau aktivitas yang telah dimulai dan berakhir di masa lampau. Artinya, aktivitas tersebut tidak lagi terjadi saat ini. Untuk keterangan waktunya tidak menjadi hal yang harus tercantum karena yang terpenting adalah bahwa aktivitas tersebut telah terjadi.

Contoh dari kalimat-kalimat simple past adalah:

  • John ate the entire cake by himself.
  • I played cards.
  • Wolfgang entered a hula hoop contest.
  • He won the silver medal.
  • I looked at the clock.
  • I went to the garden yesterday.

Baca juga: Weekly Grammar: Memahami Perbedaan antara Must, Have To dan Should

Present Perfect Tense

Digunakan untuk menyatakan suatu situasi yang telah dimulai di masa lalu dan masih berlanjut sampai sekarang. Bisa juga untuk menggambarkan sebuah kondisi yang sudah selesai, namun masih memiliki efek sampai sekarang.

Contoh kalimat present perfect tense:

  • We’ve arrived at the hotel. (Tidak adanya waktu spesifik, dan bisa saja baru terjadi)
  • We’ve been here for ten minutes. (Kalimat ini menggambarkan kondisi yang sudah dimulai sejak 10 menit lalu dan masih berlangsung)

Selain dapat digunakan sendiri-sendiri, simple past tense dan present perfect tense juga bisa digunakan bersamaan dalam membentuk sebuah kalimat. Biasanya gabungan tense ini digunakan untuk menanyakan sebuah situasi atau pengalaman. Contohnya: I’ve been to New York. The last time I went to New York was in 2016. I stayed in a hotel downtown and visited all the museums. It was great!

Baca juga: Weekly Grammar: Perbedaan Shall dan Will dalam Future Tense

Past Continous Tense

Past continuous tense adalah bentuk tense yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu aksi sedang berlangsung selama waktu tertentu pada waktu lampau (past). Bentuk ini menunjukkan bahwa aksi tersebut terjadi sebelum (began before), selama (was in progress during), dan mungkin berlanjut setelah (continued after) waktu atau aksi lainnya yang terjadi pada masa lampau. Contoh:

  • We were sleeping at midnight.
  • We were sleeping when the phone rang.

Jika kamu ingin menggunakan dua tenses dalam satu kalimat, past continous tense akan selalu digunakan bersamaan dengan simple past. Kenapa? Karena untuk menggambarkan latar belakang situasi, kamu akan akan selalu menggunakan past continous. Sedangkan untuk menggambarkan situasi yang terjadi menggunakan past simple. Contoh: We were driving along the road, chatting about the holidays, when suddenly a car flew past us followed by a police car.

Past Perfect Tense

Past perfect tense merupakan tenses yang menyatakan suatu peristiwa yang telah terjadi di masa lalu dan selesai juga di masa lalu. Bisa juga untuk menyatakan suatu peristiwa yang terjadi di masa lampau sebelum kejadian lainnya (di masa lampau juga) terjadi.

Pada dasarnya, past perfect tense berasal dari simple past + present perfect tense. Jika present perfect tense menggunakan kata kunci have/has, pada past perfect tense kata kuncinya adalah had (bentuk lampau have/has) dan menggunakan kata kerja yang digunakan adalah V3. Auxiliary verb had digunakan untuk singular subject maupun plural subject. Contoh:

  • When I arrived at the party, Rachel had already gone home.
  • I’m not hungry, I just had lunch.
  • Had you already started the meeting when John arrived?
  • We hadn’t started the meeting when John arrived.
  • I didn’t watch the film with my friends because I’d already seen it.
  • By the time our first course arrived, we’d already finished our drinks.

Baca juga: Weekly Grammar: Ragam Penggunaan Used To

Dengan penjelasan di atas, apakah kamu sudah mulai paham dengan bentuk-bentuk penggunaan past tense? Jika kamu masih memiliki banyak pertanyaan seputar Bahasa Inggris, yuk ikut program WSE GO (Wall Street English Goes Online). Dengan metode pembelajaran yang fleksibel, kamu bebas untuk mengatur jam belajar. Ditangani langsung dengan native speaker berpengalaman, dijamin skill berbahasa Inggris kamu bisa semakin lancar. Mau tahu info lebih lanjut? Klik di sini.

More News

Jul 3, 2021
Grammar

Present Progressive: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Jul 3, 2021
Vocabulary

Derivation: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jul 2, 2021
Vocabulary

Conjunctive Adverb: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Jun 30, 2021
English Tips

Yes No Question: Definisi, Rumus, Contoh, dan Penggunaan

Jun 30, 2021
English Tips

Kalimat Offering Help (Menawarkan Bantuan) Bahasa Inggris

Jun 21, 2021
English Tips

Declarative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!