Home English Tips   Weekly Grammar: Memahami Perbedaan antara Must, Have To dan Should

Weekly Grammar: Memahami Perbedaan antara Must, Have To dan Should

Jun 5, 2020

Siapa di antara kamu yang masih bingung dengan penggunaan kata must, have to, dan should? Walaupun memiliki arti yang sama penggunaan kata-kata tersebut ternyata ada aturannya tersendiri. Tidak semua kondisi datau bentuk kalimat dapat disisipkan dengan kata-kata tersebut. Sehingga kita harus melihat dan menelaah kembali konteks dari kalimat yang ingin disampaikan. Lalu, apa saja perbedaan antara ketiga kata tersebut?

Baca juga: Weekly Grammar: Pengertian Noun Clause dan Contohnya

Konteks Penggunaaan Must, Have to, dan Should

Ada beberapa konteks dan kondisi dalam penggunaan must, have to, dan should. Apa saja itu?

Expressing Obligation

Expressing obligation (menyatakan keharusan) adalah salah satu fungsi dari must dan have to. Must digunakan untuk menyatakan keharusan yang berasal dari si pembicara, sedangkan have to menyatakan keharusan yang berdasarkan situasi. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh berikut ini:

  • I must see the doctor. 
  • I have to see the doctor. 

Pada kalimat “I must see the doctor”, si pembicara merasa bahwa ia harus pergi menemui dokter dan sangat penting baginya untuk melakukannya. Tidak ada orang lain atau situasi lain yang mengharuskannya pergi. Keharusan berasal dari dirinya sendiri.

Sedangkan untuk kalimat “I have to see the doctor”, si pembicara tidak ada pilihan lain kecuali untuk pergi menemui dokter. Ia harus melakukannya karena mungkin memang saatnya untuk melakukan pemeriksaan rutin, obat-obatannya sudah habis, atau dokter menyuruhnya untuk datang. Dalam konteks ini, keharusan berasal dari situasi bukan dari diri sendiri.

Meskipun demikian, untuk menyatakan keharusan dalam konteks apapun, have to lebih sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris dibanding must. Sehingga ketika kita berbicara menggunakan bahasa Inggris dan ingin menyatakan keharusan, gunakanlah have to agar terdengar lebih natural.

Gunakanlah must untuk menjelaskan keharusan dalam bentuk tulisan formal (formal written). Contoh:

  • Children under 16 must be companied by adults. 
  • All visitors must present a valid ID card before entering the venue.

Perbedaan Antara

Dalam bentuk negatif, kata must yang harus digunakan (must not/musn’t) untuk menyatakan keharusan, karena have to dalam bentuk negatif (do not have to/don’t have to) tidak berfungsi untuk menyatakan keharusan. Lihat contoh berikut ini untuk lebih jelasnya:

  • You mustn’t come. (Menyatakan bahwa kamu harus tidak datang, atau melarang kamu datang).
  • You don’t have to come. (Menyatakan bahwa kamu tidak boleh datang, tetapi kamu boleh datang jika kamu mau).

Giving Advice

Memberikan saran atau pendapat adalah salah satu fungsi dari must, have to, dan should. Adakah perbedaan antara ketiga kata ini dalam menyatakan saran? Tentu saja ada. Kamu bisa melihat contoh di bawah ini dan menelaah perbedaan antara ketiga kalimat tersebut.

  • You should try traveling to Bali. 
  • You must try traveling to Bali. 
  • You have to try traveling to Bali.

Pada kalimat “you should try traveling to Bali”, si pembicara terdengar netral. Sedangkan pada kedua kalimat lainnya, si pembicara terdengar lebih antusias saat memberikan saran tersebut, karena mungkin ia sangat suka Bali sehingga ia sangat menyarankan orang lain untuk berkunjung ke sana.

Kesimpulannya, secara umum, kita bisa menggunakan should untuk menyatakan saran dan pendapat. Selain itu, kita juga bisa menggunakan must dan have to untuk menyatakan saran atau pendapat yang lebih kuat, atau saat kita ingin sekali orang lain mencoba saran kita.

Baca juga: Weekly Grammar: Ragam Penggunaan Used To

Bagaimana dalam bentuk negatif? Penggunaan should (should not/shouldn’t) harus digunakan jika ingin memberikan sebuah pendapat. Sedangkan penggunaan must dan have to dalam bentuk negatif, akan mengubah arti dari sebuah kalimat. Contoh:

  • You shouldn’t be too hard to yourself. (Memberikan saran untuk tidak boleh memperlakukan diri sendiri terlalu keras).
  • You mustn’t be too hard to yourself. (Melarang untuk tidak memperlakukan diri sendiri terlalu keras).
  • You don’t have to be too hard to yourself. (Menginformasikan bahwa jangan memperlakukan diri sendiri terlalu keras, namun lakukanlah jika ingin).

Talking about Certainty and Probability

Dalam kondisi untuk membicarakan kepastian dan kemungkinan kita bisa menggunakan must dan should. Gunakanlah must untuk menyatakan bahwa kita sangat yakin bahwa sesuatu itu benar. Contoh:

  • You know a lot about him. You must be very close to him. 
  • She must be hungry. She hasn’t eaten anything since last night. 
  • John had been rejecting our calls. He must have been very busy.

Sedangkan penggunaan should untuk menyatakan bahwa sesuatu itu mungkin benar. Kita tidak 100% yakin, tetapi kita yakin bahwa itu benar. Contoh:

  • They set off hours ago. They should be there soon. 
  • The train left three hours ago. They should arrive by now. 
  • Tina should have heard the news by now.

Untuk membicarakan kondisi kepastian dan kemungkinan dalam bentuk negatif must, should, dan have to tidak dapat digunakan. Dalam kondisi seperti ini, can’t atau couldn’t merupakan bentuk yang paling mungkin untuk menggambarkan sebuah kondisi kepastian dan kemungkinan.

Baca juga: Weekly Grammar: Jenis-jenis Pronoun

Bagaimana? Masih bingung dengan perbedaan antara ketiga kata tersebut dalam penggunaannya? Memang kita perlu pemahaman secara perlahan agar lebih mengerti dengan penggunaan must, have to, dan should. Jika kamu masih perlu memperdalam pengetahuan mengenai bahasa Inggris, ikut saja program terbaru Wall Street, yaitu WSE GO (Wall Street English Goes Online). Dengan program pengajaran secara virtual, kamu bisa lebih fleksibel dalam mengatur waktu. Mau tahu info lebih lanjut? Jangan lupa klik di sini.

Baca juga artikel menarik lainnya

5W+1H dalam Pertanyaan Bahasa Inggris, Bagaimana Penempatannya?

Aug 7, 2020

5W+1H merupakan singkatan dari who, where, when, what, why, dan how. Sama seperti dalam bahasa…

As If dan As Though: Bagaimana Cara Penggunaannya?

Aug 6, 2020

Sama seperti bahasa Indonesia, dalam bahasa Inggris pun ada beberapa kata sambung yang bisa digunakan…

20 Idiom Bahasa Inggris yang Perlu Kamu Ketahui

Aug 5, 2020

Sudah pernah mendengar istilah idiom? Idiom merupakan rangkaian kata berupa ungkapan yang kata-katanya tidak bisa…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami