Take Care: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Feb 25, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Tahukah kamu bahwa bahasa Inggris itu sebenarnya tidak kaku dan ketat seperti yang kamu pikirkan? Banyak sekali vocabulary atau istilah yang memiliki banyak arti dan bisa digunakan dalam berbagai kondisi.

Salah satu contohnya adalah kata take care yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti kata good bye.

Bagaimana cara penggunaannya? Kapan kita bisa menggunakan kata ini? Mari kita simak lebih lanjut!

Definisi Take Care

Secara harafiah, take care memilili arti “merawat” atau “mengurus” jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia. Namun, dilansir dari Merriam Webster, take care juga memiliki arti untuk berhati-hati dalam melakukan sesuatu seperti: Since fish is more delicate than beef, take care when pounding it thin.

Take care biasanya digunakan untuk kalimat perintah seperti contoh di atas. Biasanya juga kata take care ini digunakan dalam kalimat perintah.

Tak hanya itu, take care ternyata juga bisa memiliki makna “selamat tinggal” seperti layaknya good bye. Frasa ini biasanya digunakan ketika seseorang ingin mengakhiri pertemuannya dengan orang lain dan juga bisa digunakan dalam bentuk tulisan seperti dalam email atau juga pesan singkat. Take care sendiri juga tidak memiliki arti strict seperti selamat tinggal, namun juga bisa bermakna pemberian good wishes dari seseorang.

Selain tiga arti dan penggunaan di atas, take care juga bisa memiliki makna attention to doing or not doing something yang jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia memiliki arti sebuah imbauan untuk melakukan datau tidak melakukan sesuatu.

Contohnya: Open oysters carefully just before they are required, taking care not to spill the liquor in their deep shells.

Baca juga: Many dan Much: Perbedaan, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Contoh Kalimat dan Penggunaannya

Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa contoh kalimat dari penggunaan take care dalam percakapan sehari-hari.

  • It is nice to have so many people to take care of your children, yes? (Sangat menyenangkan untuk memiliki banyak orang yang merawat anak-anakmu ya?)
  • We’ll take care of them together. (Kami akan mengurus semuanya bersama-sama.)
  • Len is going to take care of the details for me. (Len akan mengurus semua rinciannya untukku.)
  • I’ll see you next week. Take care(Aku akan berjumpa denganmu minggu depan. Sampai jumpa.)
  • Okay then. Take care. (Baiklah. sampai jumpa)
  • May you all have a safe and peaceful holiday break and please take care if you’re on the road. (Semoga kamu semua memiliki liburan yang tenang dan aman. Mohon berhati-hati jika kamu berada di jalanan.)
  • Officials warned drivers to take care and pedestrians to watch for flying branches and roof tiles. (Pemerintah mengimbau para pengendara dan pejalan kaki untuk berhati-hati untuk ranting yang jatuh dan serpihan atap yang beterbangan.)
  • Protect and take care of your body as best you can, it’s the only thing you are sure to have forever. (Lindungi dan rawatlah tubuhmu sebaik yang kamu bisa, ini adalah satu-satunya hal yang akan kamu miliki selamanya.)

Baca juga: Until dan Till: Perbedaan, Contoh Kalimat, dan Penggunaannya

  • Pat dry, take care to dry between the toes, then apply the cream before gently talcuming between the toes. (Lap sampai kering sela-sela di antara ibu jari kaki, lalu aplikasikan krim sebelum menaburkan beda secara lembut di antara ibu jari kaki.)
  • And take care with sparklers, fireworks, bangers, and bonfires and try not to frighten the vulnerable. (Berhati-hatilah dengan petasan, kembang api, dan api unggun dan usahakan untuk tidak menakutkan.)
  • I decided since it was such an important deal I would take care of it for him. (Aku memutuskan sejak itu merupakan keputusan penting, aku akan mengurusnya untuk dia.)
  • I quickly had to grow up and take care of myself and be safe and go to school and study. (Secara cepat aku harus bertumbuh dan mengurus diriku sendiri, dan pergi ke sekolah dan belajar secara aman.)

Baca juga: Quite: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jadi, itu dia penggunaan kata take care yang bisa kamu aplikasikan dalam percakapan sehari-hari.

Yuk, mari ulik lebih dalam mengenai bahasa Inggris lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online). Temukan berbagai hal menarik mengenai bahasa Inggris sekaligus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kamu. Kamu juga bisa memulai dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu.

Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

More News

Apr 12, 2021
English Tips

Ellipsis: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Istilah-istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Cara Penggunaan Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris

Apr 6, 2021
Vocabulary

Determiner: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 6, 2021
English Tips

Explanation Text: Definisi, Struktur, Contoh, Cara Penggunaan

Apr 1, 2021
English Tips

Adverbial Phrase: Definisi, Contoh Kalimat, Cara Penggunaan

Test Bahasa Inggrismu