Home Vocabulary   5 Game Yang Cocok Untuk Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris

5 Game Yang Cocok Untuk Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris

Mei 22, 2019

Ada banyak sekali media dan sarana yang dapat membantu kita agar lebih mudah mempelajari bahasa Inggris. Salah satunya adalah dengan bermain game. Dengan bermain, otak kita akan lebih cepat menghafal sebuah kata tanpa kita sadari, apalagi jika permainan tersebut menarik dan menyenangkan. Di Wall Street English, kami selalu berusaha menggabungkan unsur menyenangkan tersebut di setiap proses pembelajaran sehingga materi yang disampaikan akan lebih mudah diserap. Buat kamu yang suka bermain game dan ingin mempelajari bahasa Inggris lebih dalam lagi, kamu dapat mencoba game-game berikut ini untuk menambah perbendaharaan kosakata bahasa Inggris kamu.

Hangman

 

Dalam permainan Hangman, satu orang bertindak sebagai juri dan menentukan kata sandi yang harus ditebak, sementara pemain lain akan berusaha untuk menebak kata tersebut. Setiap huruf dalam kata sandi tersebut direpresentasikan garis bawah sejumlah dengan jumlah hurufnya. Umumnya, kata-kata non-baku, singkatan, dan sebagainya tidak diperbolehkan. Setelah itu, pemain lain berusaha menerkanya secara bergiliran dengan menyebutkan 1 huruf. Jika huruf tersebut terdapat dalam kata sandi, maka sang juri akan mengisi garis bawah yang kosong dengan huruf tersebut di posisi yang tepat. Jika huruf tersebut tidak ada dalam kata yang harus ditebak, maka sang juri akan menggambar orang-orangan yang digantung sebagai penanda. Pemain dapat berusaha menebak keseluruhan kata kapanpun ia mau, tetapi jika ia salah maka ia akan mendapat penalti. Permainan akan berakhir bila kata yang disembunyikan berhasil ditebak oleh salah satu pemain, atau ketika gambar penanda berupa orang-orangan yang digantung tersebut selesai dibuat, menandakan bahwa kesempatan untuk menebak sudah habis.

Apple to Apples

 

Untuk bermain Apples to Apples, semua pemain kecuali seorang juri akan menaruh satu kartu secara tertutup di depan mereka. Kartu tersebut haruslah mendeskripsikan kartu spesial yang berada di tengah meja. Setelah itu, sang juri akan membalikkan semua kartu bersamaan dan memilih kartu yang memiliki deskripsi paling cocok dengan kartu spesial tersebut. Pemain yang kartunya dipilih oleh sang juri akan memperoleh poin, dan kemudian permainan berlanjut ke babak berikut dan pemain lain akan menjadi juri secara bergiliran. Permainan ini cocok sekali untuk menghafal kosakata bahasa Inggris karena hampir setiap kata memiliki penjelasan yang tercetak di bawahnya. Permainan ini dapat dimainkan 4 orang atau lebih.

Pictionary

 

Pictionary merupakan permainan tebak gambar, dimana seseorang akan diberikan kartu berisi sebuah kata, kemudian mereka harus menjelaskan kata tersebut. Pemain tersebut tidak boleh berbicara, membuat gerakan, atau simbol lainnya untuk memberitahu pemain lain. Ia hanya boleh memberi petunjuk dengan cara membuat gambar, kemudian pemain lain berusaha menebak kata yang dimaksud melalui gambar tersebut. Kebanyakan penutur asli bahasa Inggris mengenal permainan menggambar yang bernama Pictionary ini karena merupakan aktivitas grup yang amat menyenangkan dan digemari semua orang. Kamu membutuhkan pengertian akan aneka kosakata bahasa Inggris yang cukup baik untuk bermain, karena akan lebih mudah menjelaskan sesuatu melalui gambar jika kamu mengerti dengan baik arti dari kata tersebut, bukan?

Scrabble

 

Tidak ada permainan yang lebih erat hubungannya dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris selain Scrabble. Untuk yang belum pernah bermain Scrabble, permainan ini mengharuskan pemainnya untuk menyusun huruf-huruf yang mereka miliki menjadi sebuah kata, berdasarkan kotak-kotak yang tersedia di papan permainan. Kotak tertentu akan memberikan poin lebih besar dari kotak lainnya, dan semakin panjang sebuah kata yang kamu susun, maka semakin besar pula poin yang akan kamu dapat. Jangan malu untuk menggunakan kamus saat bermain, karena kamu pasti akan membutuhkannya untuk mengecek keabsahan dari kata yang disusun olehmu atau pemain lain. Dengan demikian, melalui permainan ini kamu akan mengasah kreativitas dalam menyusun kata menggunakan huruf-huruf yang ada, serta memperluas penguasaan vocabulary bahasa Inggris kamu secara signifikan.

Undercover

Permainan yang satu ini dapat diunduh melalui Apps Store dan dapat dimainkan oleh lebih dari tiga orang dengan menggunakan satu HP. Dalam permainan ini, setiap pemain akan bergiliran menggunakan aplikasi tersebut dan masing-masing akan mendapatkan kata sandi dalam bahasa Inggris.  Berdasarkan kata sandi yang kamu dapat, kamu dapat menjadi salah satu dari 3 peran ini yaitu Citizen, Undercover, atau Mr. White. Mayoritas dari pemain akan mendapat kata sandi yang sama dan menjadi Citizen, sementara sebagian kecil akan mendapat kata sandi yang berbeda dan menjadi Undercover. Untuk Mr. White, ia tidak mendapat kata sandi apapun, dan harus berusaha menebak kata sandi yang dimiliki para Citizen. Setelah semua mendapatkan kata sandi masing-masing, setiap pemain akan mendeskripsikan kata sandi yang mereka terima secara bergiliran. Berdasarkan deskripsi yang disebutkan, setiap pemain harus menerka peran dari pemain lainnya, karena setiap pemain harus memilih 1 pemain untuk dieliminasi di akhir putaran. Tim Citizen akan menang jika mereka berhasil mengeliminasi semua Undercover dan Mr. White, sementara Undercover akan menang jika jumlah Citizen yang tereliminasi mencapai jumlah tertentu sehingga jumlah voters antara Citizen dan Undercover menjadi seimbang. Jika Mr. White tereliminasi, ia akan mendapat 1 kesempatan untuk memenangkan permainan dengan cara menebak kata sandi dari tim Citizen. Supaya kamu dapat mempelajari bahasa Inggris dengan efektif saat bermain, usahakan untuk menggunakan bahasa Inggris setiap saat ketika harus menjelaskan kata sandi yang kamu dapat.

 

Nah, itu tadi merupakan permainan-permainan seru yang dapat mendukung pembelajaran dan menambah kosakata bahasa Inggrismu menjadi lebih banyak lagi. Belajar menjadi jauh lebih menyenangkan dengan cara ini, bukan? Kalau kamu merasa kemampuan bahasa Inggrismu sudah meningkat, silakan ikuti tes gratis dari Wall Street English di sini.

Summary
5 Game Yang Cocok Untuk Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris
Article Name
5 Game Yang Cocok Untuk Mempelajari Kosakata Bahasa Inggris
Description
Contoh Game yang menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris.
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami