5 Waktu Terbaik Belajar Bahasa Inggris yang Efektif

Dec 15, 2021
Share on facebook
Share on twitter
Setelah membahas pentingnya belajar bahasa Inggris bagi pelajar, kali ini Wall Street English akan membahas waktu terbaik untuk belajar bahasa Inggris. Memang diperlukan waktu yang proses yang panjang untuk mempelajarinya, karena bahasa Inggris bukan bahasa utama kita sebagai orang Indonesia. Bagi kamu yang bingung bagaimana cara dan menentukan waktu untuk belajar bahasa Inggris, artikel ini mungkin akan membantu kamu supaya lebih semangat belajar. Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Bagaimana Cara Terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris?

Karena bahasa Inggris mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, kamu juga bisa mendapatkan cara yang mudah untuk mempelajarinya. Kamu bisa membeli flashcard yang berisi kosakata dalam bahasa Inggris untuk menghafal berbagai kosakata yang ada. Nah, setelah itu kamu bisa menggunakan Google Translate untuk mempelajari cara pengucapannya. Cara selanjutnya yaitu mendengarkan musik berbahasa Inggris dan menulis ulang liriknya. Tidak perlu takut apabila terdapat banyak kesalahan kosakata yang kamu tulis. Tahap ini memang membutuhkan proses yang panjang, supaya kamu terbiasa mendengarkan kosakata bahasa Inggris yang diucapkan orang lain. Setelah kamu selesai menuliskan liriknya, hitunglah berapa kata yang tepat dan salah untuk dijadikan tolak ukur kemampuan bahasa Inggris kamu. Bagi kamu yang suka menonton film, konten video, atau mendengar podcast. Kamu juga bisa mempelajari bahasa Inggris dari kebiasaan ini. Cobalah untuk menonton film atau konten video berbahasa Inggris tanpa menggunakan subtitle. Setelah itu, kamu nilai sendiri berapa persen dari keseluruhan film atau konten video yang kamu mengerti.  

Cara Konsisten Belajar Bahasa Inggris

Apabila kamu sudah menerapkan cara-cara di atas tadi, kamu harus membuat target untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Supaya kamu semakin percaya diri dan mengembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Tentukan target-target kecil seperti menuliskan tiga lirik lagu dalam sehari, menonton film tanpa subtitle dalam dua hari sekali, mendengarkan satu podcast setiap harinya, atau target-target lainnya yang bisa memotivasi kamu untuk belajar. Jika kamu belum memenuhi target, berarti kamu harus berusaha lebih giat dengan menambah porsi belajar hingga memenuhi target. Setelah terbiasa dalam mengucapkan dan mendengarkan kosakata bahasa Inggris, tingkatkan level pembelajaran kamu ke tingkat yang lebih tinggi lagi. Apabila kamu memiliki teman atau keluarga yang bisa berbahasa Inggris, kamu bisa mengajak mereka untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Cara ini sangat ampuh untuk membiasakan kamu merangkai kalimat dan melakukan percakapan dalam bahasa Inggris.

Kapan Waktu terbaik untuk Belajar Bahasa Inggris?

Seperti yang kita tahu, masa-masa pendidikan adalah waktu yang tepat untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan. Sangat sulit apabila kamu ingin meluangkan waktu untuk belajar saat sudah dewasa dan bekerja. Namun diperlukan juga pembagian waktu untuk belajar bahasa Inggris supaya tidak mengganggu kebutuhan akademis kamu yang lain. Di bawah ini ada beberapa waktu terbaik untuk mempelajari bahasa Inggris agar kamu bisa membagi waktu dengan baik.  

1. Pagi Hari

Ketika pagi hari, energi kamu akan kembali terisi setelah tidur malam selama beberapa jam. Pikiran kamu juga lebih segar dan siap untuk diisi kembali oleh ilmu-ilmu baru. Sebelum memulai materi baru, kamu perlu merekap materi yang dipelajari kemarin. Supaya materi yang sudah kamu pelajari kemarin tidak hilang dan kembali teringat di pikiran kamu.  

2. Siang Hari

Siang hari adalah waktu untuk makan siang dan mengisi energi kembali. Sembari menikmati makan siang, kamu bisa mencoba merekap apa saja materi yang dipelajari pada pagi hari. Setelah makan siang dan mengisi energi, kamu bisa menambah porsi belajar lebih banyak. Siang hari adalah waktu yang panjang untuk belajar, sehingga kamu bisa mempelajari materi lebih banyak untuk mengejar target yang diinginkan.  

3. Sore atau Malam Hari

Jika di sore menjelang malam kamu masih semangat untuk belajar, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk mengulang materi-materi yang telah dipelajari pada pagi dan siang hari. Nah kamu juga bisa belajar dengan lebih santai, misalnya seperti menonton film tanpa subtitle, mendengarkan podcast berbahasa Inggris, atau menulis lirik lagu berbahasa Inggris untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris kamu.  

4. Tengah Malam

Tidak sedikit orang yang menyukai belajar ketika tengah malam, karena tengah malam memiliki suasana yang cukup sunyi dan menenangkan. Distraksi atau gangguan yang dapat menghilangkan konsentrasi belajar juga dapat dihindari. Supaya tidak mengantuk, kamu bisa tidur dulu selama beberapa jam sebelum terjaga untuk belajar. Namun kamu tidak perlu memaksakan diri untuk belajar di tengah malam, karena waktu tidur juga harus cukup supaya kamu tetap segar di pagi hari.  

5. Saat Tidur

Siapa sangka di saat tidur pun otak kamu juga bisa menangkap ilmu-ilmu baru. Sebuah riset dari University of Zurich dan University Fribourg menyatakan, mendengar rekaman kosakata baru saat tidur benar-benar membantu untuk belajar bahasa asing. Cerebral Cortex Oxford Journal menemukan penelitian bahwa mereka yang tidur saat mendengarkan rekaman mampu menghafal kosakata lebih banyak daripada mereka yang terjaga. Nah, kalian juga bisa mencoba cara ini dengan memutar rekaman suara volume rendah ketika tidur.   Pada intinya, belajar bahasa Inggris harus dilakukan setiap saat untuk mencapai hasil yang maksimal. Namun tidak perlu mempelajari materi yang berat di setiap waktu, karena kamu juga harus membaginya dengan materi yang ringan agar kamu tidak merasa terbebani. Proses belajar kamu juga semakin mudah apabila kamu sudah berada di lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris. Tertarik untuk belajar bahasa Inggris lebih dalam? Jangan ragu untuk mendaftarkan diri kamu untuk bergabung bersama Wall Street English. Jika kamu bergabung di Wall Street English, kamu akan menemukan lingkungan bahasa Inggris untuk mempermudah proses belajar dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Tidak lupa juga, para member Wall Street English akan mendapatkan sertifikat internasional apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan atau pekerjaan di luar negeri.   Tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan diri dari sekarang, karena tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk langsung Daftar Sekarang dan tingkatkan kepercayaan diri kamu dalam berbahasa Inggris bersama Wall Street English!

More News

Jan 13, 2022
English Tips

9 Rekomendasi Tempat Nyaman yang Cocok untuk Belajar dan Mengerjakan Tugas

Jan 12, 2022
English Tips

Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Jan 11, 2022
English Tips

Jangan Bingung, Ini Dia Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris!

Dec 30, 2021
English Tips

Ini Dia, 9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Setiap Anak Remaja

Dec 29, 2021
English Tips

Rekomendasi 9 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

Dec 28, 2021
English Tips

Studi di Luar Negeri? Ikuti 7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Teman Baru 

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP