Baru Pertama Kali ke Luar Negeri? Ini Dia Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri!

Nov 17, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Ketika kamu baru pertama kali berkunjung ke luar negeri untuk berwisata, tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Terdapat banyak sekali persiapan yang wajib diperhatikan agar kamu dapat jalan-jalan ke luar negeri dengan lebih nyaman. Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara jalan-jalan ke luar negeri! 

Mulai dari persiapan dokumen, finansial hingga akomodasi bisa kamu temukan di dalam artikel ini! 

Bagaimana Cara Jalan-jalan Ke Luar Negeri? 

Urus Paspor Terlebih Dahulu

Dokumen paling penting yang wajib dimiliki terlebih dahulu untuk pergi ke luar negeri adalah paspor. Paspor merupakan dokumen tanda pengenal yang legal untuk masuk ke negara lain. Namun, paspor tidak berlaku seumur hidup seperti KTP terdapat jangka waktu yang harus diperhatikan. Jangka waktu paspor 5 tahun. 

Untuk membuat paspor, kamu harus mengunjungi kantor imigrasi dan disana kamu akan melakukan verifikasi data diri serta pembuatan paspor. Dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, KK, Akta Lahir, dan Ijazah. Sisa data diri yang harus dilengkapi dapat dilakukan di kantor imigrasi terdekat. 

Cek Visa yang Dibutuhkan di Negara Tujuan

Jika kamu sudah memutuskan ingin pergi ke negara mana, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memeriksa terkait izin di negara tujuan tersebut yang disebut dengan Visa. Visa merupakan dokumen legal dari negara untuk mengijinkan pendatang tinggal beberapa hari di negara tersebut. Ada negara yang membutuhkan visa dan ada yang tidak. Alangkah baiknya kamu check terlebih dahulu sebelum pergi ke negara tujuan. 

Mencari Tiket Perjalanan

Langkah selanjutnya dan yang paling penting untuk dilakukan adalah mencari tiket perjalanan ke negara tujuan. Untuk menghemat, kamu dapat mencari tiket perjalanan di musim yang rendah turis (low season) hal ini disarankan untuk menghindari harga tiket yang mahal dan tinggi. 

Tips selanjutnya untuk mencari tiket perjalanan adalah memesan dari jauh hari sebelum kamu berangkat agar tidak mudah kehabisan tiket. 

Mencari Tempat Penginapan

Mencari tempat penginapan yang sesuai cukup sulit untuk dilakukan. Dari segi harga, lokasi yang strategis hingga fasilitas harus kamu perhatikan dengan baik agar tidak rugi ketika memesan tempat penginapan. Tidak perlu yang mewah-mewah, selama fasilitas mencukupi dan lokasi strategis. 

Persiapkan Budget

Agar tidak boros pada saat pergi ke luar negeri, kamu perlu mempersiapkan perencanaan budget. Mulai dari tiket pesawat, tempat penginapan, biaya transportasi, biaya makan, biaya berbelanja, hingga biaya ke tempat wisata. Sesuaikan juga keuangan dengan nilai tukar mata uang di negara tujuan. 

Kemas Barang Bawaan Jauh Hari

Pergi ke luar negeri membutuhkan kamu untuk membawa koper dengan ukuran yang cukup besar karena perlu mempersiapkan pakaian, perlengkapan pribadi, dan peralatan lainnya dari jauh hari agar ketika sudah dekat harinya kamu berangkat berlibur, kamu tidak kerepotan lagi. 

Itulah beberapa persiapan yang harus kamu perhatikan jika ingin jalan-jalan ke luar negeri. Terdapat satu kebutuhan lagi yang wajib kamu persiapkan agar jalan-jalan di luar negeri semakin nyaman yaitu mempersiapkan kemampuan berkomunikasi dalam berbahasa Inggris untuk berkomunikasi lebih mudah dengan warga lokal dan mendapatkan informasi-informasi di luar negeri juga lebih mudah! Yuk, sebelum berangkat liburan ke luar negeri tingkatkan dahulu bahasa Inggris kamu di Wall Street English!

More News

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

Nov 16, 2022
Lifestyle

Berwisata ke Australia, Jangan Lupa Kunjungi Kota Paling Bagus di Australia!

Nov 11, 2022
Lifestyle

Ingin Kemampuan Bahasa Inggris Lebih Meningkat? Yuk, ke Wall Street English!

Nov 10, 2022
Lifestyle

Ikuti Tips ini Agar Liburan Lebih Aman saat Pandemi!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP