Tips Sukses Menghadapi Tes IELTS

Jun 4, 2018
Share on facebook
Share on twitter

The International English Language Testing System atau yang dikenal dengan IELTS adalah salah satu ujian kemampuan bahasa Inggris yang paling popular dan digunakan di banyak negara sebagai tolak ukur kualifikasi seseorang baik dalam dunia akademis maupun profesional. Jika berbicara mengenai kesulitan tes IELTS, well…Tes yang satu ini memang cukup menantang dan membutuhkan persiapan yang cukup untuk mendapatkan hasil yang baik.

Jadi, apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menghadapi tes IELTS? Ayo kita bahas bersama-sama!

BE ON TIME!

Pastikan dirimu datang jauh sebelum waktu tes dimulai. Semakin banyak waktu yang tersedia, maka kamu akan memiliki banyak waktu untuk mengatur suasana diri dan merilekskan diri.

 

BACA SETIAP PERTANYAAN DENGAN TELITI

Pada saat melakukan sesi Listening, pastikan kamu telah membaca semua pertanyaannya terlebih dahulu. Sehingga kamu sudah memiliki bayangan tentang hal yang akan diperbincangkan dalam rekaman tersebut. Coba juga untuk mengidentifikasi setiap kata kunci yang terdapat di setiap pertanyaan, sehingga kamu dapat menghemat waktu saat mencari jawaban yang benar. Sebelum menuliskan jawaban, kamu harus menentukan poin-poin yang akan kamu tuangkan terlebih dahulu agar hasil tulisanmu tersusun rapi dan tidak terkesan asal-asalan.

 

PERHATIKAN WAKTU

Pada sesi reading dan writing, terkadang karena saking asiknya mengerjakan sampai lupa untuk memperhatikan waktu yang diberikan. Ingat! Dalam tes IELTS, kamu diberikan waktu tertentu ketika mengerjakan soal. Jangan lupa untuk memperhatikan waktu agar kamu dapat menyelesaikan semua sesi secara efektif dan efisien.

 

DOUBLE CHECK JAWABANMU

Di akhir sesi listening, kamu akan diberikan waktu untuk menyalin kembali jawabanmu ke lembar jawaban. Jika kamu masih memiliki waktu tersisa, gunakan waktu tersebut untuk memeriksa kembali semua jawaban dan tulisan. Perbaiki jika menemukan kesalahan, dan pastikan ejaan dan grammar yang kamu gunakan benar dan sesuai.

 

LATIH KEMAMPUAN BERBICARA

Selama sesi Speaking, cobalah untuk berbicara sebanyak-banyaknya dan hindari memberikan jawaban sedehana yang singkat dan tidak berbobot. Jika kamu melebihi waktu yang diberikan, penguji biasanya akan memberitahukan bahwa waktumu sudah habis. Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kamu dapat berbicara dan mencerna gagasan yang diminta dalam pertanyaan, jadi cobalah untuk berlatih membuat argumen.

More News

Apr 20, 2021
English Tips

Antecedent: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Penggunaannya

Apr 12, 2021
English Tips

Ellipsis: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Istilah-istilah Ramadhan dalam Bahasa Inggris Beserta Artinya

Apr 9, 2021
Vocabulary

Cara Penggunaan Interjection (Kata Seru) dalam Bahasa Inggris

Apr 6, 2021
Vocabulary

Determiner: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Apr 6, 2021
English Tips

Explanation Text: Definisi, Struktur, Contoh, Cara Penggunaan

Test Bahasa Inggrismu