8 Tips dan Cara Meyakinkan Orang Tua untuk Belajar atau Kuliah di Luar Negeri

Jan 26, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Melanjutkan pendidikan di luar negeri merupakan impian banyak orang. Sayangnya niat dan tekad yang besar untuk kuliah di luar negeri bisa saja tidak terwujud akibat tidak diizinkan oleh orang tua. Maka itu, kamu juga harus meyakinkan orang tua agar kamu mendapat izin untuk kuliah di luar negeri.

 

Nah, tidak sedikit orang-orang yang mengalami hal ini. Mungkin banyak orang tua yang masih awam soal pendidikan di luar negeri, sehingga mereka masih takut untuk mengizinkannya. Supaya hal itu tidak terjadi, kamu harus meyakinkan dulu kedua orang tuamu bahwa kamu memiliki kemampuan untuk kuliah di luar negeri.

 

Sebelum mengetahui cara-caranya, ketahui dulu universitas terbaik di luar negeri yang bisa menjadi tujuanmu. Supaya kamu bisa semakin meyakinkan orang tuamu, bahwa universitas di bawah ini bisa membawa kesuksesan untuk kamu.

 

Universitas Terbaik di Luar Negeri Tahun 2022

Terdapat banyak sekali universitas di dunia yang berkelas dan bergengsi untuk kamu tuju. Bagi kamu yang masih bingung menentukan kampus mana yang ingin dijadikan tempat melanjutkan pendidikan, mungkin referensi kampus di bawah ini bisa kamu pertimbangkan. 

 

Menurut situs Topuniversities.com, terdapat 5 universitas unggulan di dunia yang masuk ke dalam QS World University Rankings 2022. Nah, beberapa kamus tersebut adalah:

  1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)
  2. University of Oxford
  3. Stanford University
  4. University of Cambridge
  5. Harvard University

 


Bagi kamu yang enggan kuliah sampai ke Eropa dan Amerika, kamu juga bisa memilih universitas unggulan yang ada di Asia Tenggara. Beberapa universitas yang bisa kamu tuju adalah:

  1. National University Of Singapore
  2. Nanyang Technological University
  3. Universiti Malaya
  4. Universiti Putra Malaysia
  5. Universiti Kebangsaan Malaysia

 


Nah, semua universitas di atas adalah top 5 dunia dan Asia Tenggara yang memiliki kredibilitas tinggi, sehingga terdapat juga persyaratan yang ketat untuk lolos ke sana. Dengan demikian, kamu harus serius untuk mencari nilai dan prestasi terbaik. Selain itu, yakinkan juga orang tuamu supaya mereka mengizinkan kamu untuk kuliah di luar negeri.

 

8 Hal yang Bisa Meyakinkan Orang Tua untuk Kuliah di Luar Negeri

Orang tua adalah orang yang bertanggung jawab atas segala keputusanmu, sehingga kamu harus meyakinkan mereka agar kamu mendapat izin untuk kuliah di luar negeri. Nah, tidak perlu bingung bagaimana caranya, karena cara-cara di bawah ini dijamin ampuh untuk meyakinkan mereka. Yuk langsung simak cara-caranya di bawah ini!

 

1. Persiapkan dengan Matang

Cara yang paling pertama, kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Pastikan kamu sudah membulatkan tekad dan memiliki niat yang besar untuk kuliah di luar negeri. Tunjukkan nilai-nilai dan prestasi terbaik mu semasa SMA, supaya orang tua mu yakin bahwa kamu memiliki bekal nilai yang cukup untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Selain itu, kamu harus menunjukkan bahwa kamu sudah menguasai bahasa yang akan digunakan dan budaya yang ada di negara tujuan mu nanti.

 

2. Bicarakan Soal Keamanan Diri Kamu

Sebagai orang tua, mereka pasti akan sangat memperhatikan soal keamanan kamu. Sehingga kamu harus meyakinkan mereka soal keamanan diri saat berada di sana. Cari tahu nomor telepon darurat seperti kantor polisi dan rumah sakit di sekitar kampus atau tempat tinggalmu di sana. Selain itu, ketahui juga prosedur untuk orang asing yang ingin berobat ke rumah sakit apabila terjadi hal darurat. 

 

Yang paling penting, kamu harus menyimpan nomor telepon Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di sana, karena KBRI adalah instansi yang bertanggung jawab atas warga Indonesia yang berada di luar negeri.

 

3. Yakinkan Orang Tua Kuliah di Luar Negeri Bisa Lebih Hemat

Siapa bilang kuliah di luar negeri memerlukan biaya yang besar? Dengan beasiswa, kamu bisa menghemat biaya lebih banyak dibanding kuliah di Indonesia. Beberapa beasiswa bahkan bisa meng-cover biaya hidup dan biaya perjalanan kamu.

 

Nah, yakinkan orang tua mu bahwa kuliah di luar negeri bisa lebih hemat namun bisa mendapat pengalaman lebih. Selain itu, kamu juga bisa bekerja part-time di luar jam kuliah untuk mendapat uang tambahan. Sehingga kamu tidak perlu meminta uang lagi kepada orang tua dan tidak membebani mereka.

 

4. Investasi yang Baik Dalam Pendidikan

Pendidikan adalah investasi masa depan yang harus diperhatikan oleh setiap orang tua. Apalagi berinvestasi untuk meneruskan pendidikan di luar negeri yang dapat memberikan banyak benefit. Kuliah di luar negeri dapat memberikan pengalaman lebih dan cara pemikiran yang lebih global. Selain itu, kamu juga akan lebih mudah dalam mencari pekerjaan dan berdampak baik terhadap karir kamu di masa mendatang.

 

5. Katakan Kuliah di Luar Negeri Adalah Impianmu

Apabila kuliah di luar negeri adalah impianmu, utarakan hal tersebut kepada orang tuamu agar mereka mau mempertimbangkannya. Orang tua yang bertanggung jawab pasti akan menuruti permintaan anaknya, apabila soal pendidikan yang merupakan sebuah kebutuhan. Ceritakan kepada mereka bahwa kamu ingin kuliah di luar negeri supaya bisa bekerja di perusahaan terkenal. Kemudian beritahu mereka bahwa kelak kamu akan menjadi orang yang sukses dan bisa membanggkan.

 

6. Ceritakan Pengalaman dari Alumni atau Senior Kamu

Ceritakan pengalaman dari alumni atau senior kamu yang melanjutkan pendidikan di sana. Gali informasi yang kamu butuhkan seputar beasiswa, kampus yang direkomendasikan, cara bertahan hidup di luar negeri, dan benefit apa saja yang bisa didapatkan. Setelah mendapat informasi soal pengalaman senior kamu, ceritakan kepada orang tuamu betapa serunya kuliah di luar negeri dan seberapa besar dampaknya bagi masa depan kamu.

 

7. Akan Tetap Sering Berhubungan dengan Orang Tua

Kuliah di luar negeri sudah pasti memaksamu untuk mandiri, apalagi kamu harus melanjutkan hidup sendiri tanpa bantuan orang lain di negeri orang.  Nah, jangan sampai kemandirian membuat kamu melupakan orang tua di rumah. Berjanjilah kepada orang tuamu bahwa kamu akan tetap berhubungan dengan mereka. Kabari setiap aktivitas yang kamu lakukan dan berjanji untuk menelpon mereka ketika sedang tidak sibuk.

 

8. Bicarakan Secara Perlahan dan Beri Mereka Waktu untuk Berpikir

Membicarakan hal seperti ini dibutuhkan waktu yang panjang, apalagi kamu akan berada di negara orang dan jauh dari orang tua. Bicarakan rencanamu untuk kuliah di luar negeri jauh sebelum kamu lulus dari jenjang SMA, supaya orang tuamu memiliki banyak waktu untuk berpikir. Jangan merencanakan hal besar seperti ini dengan tergesa-gesa, karena ada banyak hal yang harus dipertimbangkan oleh orang tuamu dan harus dipikirkan dengan matang.

 


Yuk segera terapkan cara-cara di atas untuk meyakinkan orang tuamu. Sekali lagi ingat, jangan sampai terlambat untuk melakukannya. Terapkan cara-caranya sedini mungkin agar orang tuamu memiliki waktu yang panjang untuk berpikir. 

 


Sembari meyakinkan orang tuamu, tingkatkan kemahiran berbahasa Inggris kamu bersama Wall Street English. Supaya kamu memiliki bekal bahasa yang kuat untuk mempermudah proses komunikasi di sana. Dengan dibantu oleh Native English Trainer, dijamin proses belajar kamu bisa lebih cepat karena terbiasa mendengar bahasa Inggris langsung dari native speaker.

 


Tidak hanya itu, kamu juga bisa bergabung bersama member Wall Street English lainnya dan memperluas koneksi pertemanan. Mungkin saja kamu akan bertemu dengan member lain yang juga ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Makanya, daftarkan diri kamu sekarang juga untuk dapatkan banyak benefit selain belajar bahasa Inggris!   

 

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP