Tidak Selalu Mulus! Ini Dia, Kelebihan dan Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Mar 15, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Segala hal yang kita jalani di kehidupan ini, tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangannya. Tidak terkecuali dari segi pendidikan khususnya bagi kamu yang ingin menjalani pendidikan di luar negeri. Tidak segalanya mulus, menjalani kuliah di luar negeri pastinya memiliki kekurangan yang sulit dihindari. Sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, alangkah baiknya kamu melakukan research terlebih dahulu terhadap kelebihan dan juga kekurangan dalam menjalani kuliah di luar negeri. 

Dibawah ini merupakan kelebihan dan kekurangan yang dapat kamu temukan ketika kamu menjalani kuliah di luar negeri. 

Kelebihan Kuliah di Luar Negeri

Sebelum masuk ke bagian kekurangan, terlebih dahulu kita membahas beberapa kelebihan yang bisa kamu nikmati saat menjalani kuliah di luar negeri. 

Kualitas Pendidikan Lebih Baik

Kualitas pendidikan di beberapa negara seperti di Eropa dan juga Amerika tidak dapat diragukan lagi. Mulai dari kurikulum internasional yang sudah diakui dunia, kemudian tenaga pendidik yang berkualitas dalam mengajar sehingga calon mahasiswa bisa mendapatkan pembelajaran yang lebih baik. 

Selain itu, kualitas hidup para pengajar seperti guru, dosen telah dijamin oleh pemerintah dalam segi kesehatan dan juga kehidupan sehari-hari sehingga para guru dan dosen disana pun hanya perlu fokus mengajar dan tidak harus mencari pekerjaan sampingan. 

Fasilitas yang Lengkap dan Berkualitas

Fasilitas pendidikan yang tersedia juga sangat lengkap dan berkualitas mulai dari perpustakaan yang menyediakan banyak sekali buku untuk dipelajari sesuai dengan mata kuliah, transportasi umum yang lengkap seperti kereta, bus dan kendaraan umum lainnya yang memiliki ongkos sangat terjangkau, asrama untuk tempat tinggal mahasiswa internasional, dan tempat hiburan yang juga lengkap.

Meningkatkan Koneksi Internasional

Kamu pastinya akan bertemu masyarakat negara tujuan kamu kuliah secara langsung dan juga teman-teman yang berasal dari negara yang berbeda-beda. Kamu dapat melakukan sosialisasi bersama dengan masyarakat setempat atau teman-teman yang berbeda negara untuk meningkatkan relasi/hubungan internasional. Ditambah lagi, dengan adanya koneksi internasional ketika kamu bekerja akan sangat terbantu. 

Belajar Lebih Banyak Budaya Baru

Tidak hanya kamu dapat mengenal masyarakat setempat, namun kamu juga dapat mempelajari budaya di negara tujuan kamu kuliah mulai dari kebiasaan sehari-hari, sejarah dan lainnya. Mempelajari budaya baru akan juga akan meningkatkan pengetahuan kamu juga. 

Nah, seperti itulah beberapa kelebihan yang bisa kamu nikmati ketika menjalani kuliah di luar negeri. Sekarang, kita akan membahas kekurangan yang bisa kamu rasakan ketika kamu menjalani kuliah di luar negeri. 

Kekurangan Kuliah di Luar Negeri

Sulit Beradaptasi

Ketika kamu pertama kali tinggal di luar negeri, hal pertama yang harus kamu hadapi adalah adaptasi. Tinggal lama di Indonesia tentunya akan sangat sulit beradaptasi, mulai dari kebiasaan di Indonesia yang masih terbawa pada saat tinggal di luar negeri, kemudian kesulitan mengatur jadwal, harus bisa bersosialisasi lagi dengan teman-teman baru, belajar hidup sendiri, dan masih banyak lagi. 

Sulit Berkomunikasi dengan Keluarga dan Teman-teman

Hal lainnya yang menjadi kekurangan yang tentu harus kamu hadapi adalah kesulitan dalam hal berkomunikasi. Memang, teknologi jaman sekarang sudah sangat maju akan tetapi kamu juga harus memperhatikan perbedaan waktu apalagi jika negara tujuan kamu adalah negara di Eropa dan Amerika yang memiliki perbedaan waktu sangat jauh. 

Biaya Hidup yang Tinggi

Kamu juga harus menyiapkan uang tambahan untuk membiayai kehidupan kamu sehari-hari di luar negeri. Jika kamu tidak mudah dalam mengatur uang maka sudah pasti kamu akan cepat kehabisan uang mengingat di luar negeri memiliki biaya hidup yang cukup tinggi dibandingkan dengan negara asal. 

Nah, seperti itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kuliah di luar negeri, kamu harus dapat memanfaatkan kelebihan yang ada agar kamu dapat semakin berkembang. Namun, kamu juga harus mengembangkan kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris agar kamu dapat lebih mudah berbicara dengan masyarakat disana. 

Kamu dapat mengikuti course dari Wall Street untuk belajar bahasa Inggris. Tidak perlu khawatir karena kurikulum sudah memiliki taraf internasional dan juga kamu akan diajarkan oleh Native Speaker

More News

Sep 30, 2022
Business & Career

Cara Melamar Kerja Jika Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Sep 28, 2022
Business & Career

7 Sikap yang Harus Dimiliki Seorang Leader di Perusahaan

Sep 23, 2022
Business & Career

5 Hal yang Menjadi Pertimbangan Karyawan Mendapatkan Promosi

Sep 22, 2022
Business & Career

Langkah Perencanaan Karir ini Membuat Kamu Sukses di Masa Depan!

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP