Mau Kuliah di Luar Negeri? Yuk Kenali Dulu 7 Perbedaan Kuliah di Indonesia dan Luar Negeri!

Jan 20, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Sangat banyak orang-orang Indonesia yang sangat ingin melanjutkan kuliah di luar negeri, karena sangat banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Kuliah di luar negeri juga bisa memberikan kebanggaan besar dan bisa dijadikan modal untuk masa depan nanti.

 

Sayangnya kesempatan ini tidak bisa dinikmati oleh banyak orang, sehingga kamu harus memanfaatkannya dengan baik. Apalagi jika kamu memiliki tekad dan dukungan penuh dari keluarga serta orang-orang terdekat. Nah, supaya tekad kamu semakin bulat untuk kuliah di luar negeri, mungkin artikel ini dapat meyakinkan kamu untuk mewujudkannya.

 

Apa Keuntungan Belajar di Luar Negeri?

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan apabila kamu belajar atau kuliah di luar negeri. Pertama kamu akan memiliki pengalaman besar yang bisa dijadikan modal untuk memasuki dunia kerja. Kemudian kamu berkesempatan untuk meraih nilai yang lebih baik karena fasilitas belajar yang lebih memadai. Selain itu, dosen dan tenaga pengajar pasti memiliki kualitas yang baik dan kapasitas tinggi untuk mengajar.

 

Mengapa Banyak Orang yang Ingin Kuliah di Luar Negeri dibandingkan di Indonesia?

Walaupun kamu lulus dari universitas terbaik di Indonesia, belum tentu kamu bisa mendapatkan bekal yang cukup untuk bekerja di luar negeri. Sedangkan jika kamu lulus dari universitas luar negeri, kamu memiliki kesempatan besar untuk diterima pada perusahaan besar di Indonesia.

 

Budaya dan pola pikir yang jauh berbeda pada negara maju sudah pasti mendorong orang-orang untuk lebih giat menggali ilmu. Apalagi kamu harus bersaing ketat dengan orang-orang dari negara lain yang memiliki kapasitas otak dan pola pikir berbeda. Dengan demikian, kamu bisa lebih bersemangat untuk kuliah serta memiliki teman-teman dan pengajar yang mendukung.

 

Perbedaan Kuliah di Indonesia dan Luar Negeri

Nah, memangnya apa saja sih hal-hal yang membedakan kuliah di Indonesia dengan di luar negeri? Berikut beberapa perbedaan mencolok yang perlu kamu tahu!

 

1. Tidak Adanya Sistem Absensi

Sebagian besar kampus di luar negeri tidak memakai sistem absensi, berbeda dengan kampus-kampus di Indonesia yang masih menggunakan sistem absensi sebagai syarat kelulusan. Pentingnya nilai sebagai syarat utama kelulusan membuat mereka memiliki kesadaran tinggi untuk menghadiri perkuliahan, karena ketidakhadiran dapat mengganggu proses belajar dan mendapatkan nilai yang ditargetkan.

 

Di Indonesia, sistem absensi masih masuk ke dalam syarat untuk kelulusan. Sehingga banyak mahasiswa yang lulus namun dengan nilai yang kurang memuaskan. Sistem ini membuat kualitas pendidikan di Indonesia menjadi kurang baik. Padahal nilai dan kemampuan diri sangat dibutuhkan sebagai syarat untuk memasuki dunia kerja.

 

2. Tetap ke Kampus Meski Tidak Ada Dosen

Lengkapnya fasilitas yang ada di kampus-kampus terkemuka di luar negeri, membuat para mahasiswa betah untuk belajar dan melakukan kegiatan akademis lainnya. Walaupun dosen tidak bisa hadir untuk mengisi perkuliahan, mereka tetap datang ke kampus untuk mempelajari materi perkuliahan yang gagal terlaksana pada hari itu.

 

Nah, kebanyakan kampus di Indonesia tidak memiliki fasilitas yang memadai mahasiswa untuk belajar. Sehingga mahasiswa lebih memilih untuk belajar di luar ketika dosen tidak bisa menghadiri perkuliahan. Padahal motivasi belajar harus selalu ditingkatkan, agar bisa bersaing dengan mahasiswa lain untuk mendapatkan nilai terbaik.

 

3. Budaya Kuliah Sambil Kerja

Budaya kuliah sambil kerja sudah tidak asing lagi di luar negeri, bahkan banyak sekali mahasiswa yang bekerja part-time di luar jam kuliah. Seperti bekerja menjadi barista kafe, pelayan restoran, mencuci piring, berjualan, dan sebagainya. Banyak alasan yang membuat mereka memilih untuk kuliah sambil kerja, seperti mencari kesibukan, mencari pengalaman, dan mencari uang tambahan untuk biaya hidup.

 

Seperti yang kita tahu, biaya hidup di luar negeri sudah pasti mahal, terlebih lagi negara-negara maju di Eropa dan Amerika. Alih-alih meminta uang kepada orang tua, mereka lebih memilih bekerja part-time untuk mencari uang tambahan supaya bisa bersenang-senang dan membeli barang yang diinginkan.

 

4. Dalam Bermedia Sosial

Gaya bermedia sosial mahasiswa Indonesia dengan mahasiswa luar negeri sangatlah jauh berbeda. Mahasiswa Indonesia banyak yang membagikan keluh kesahnya di media sosial tentang beratnya kuliah yang mereka jalankan. Sedangkan, mahasiswa di luar negeri lebih memilih untuk tidak memamerkan dunia perkuliahannya di media sosial. Sehingga sulit untuk menemukan keluh kesah yang disampaikan oleh mereka.

 

Beratnya persaingan dan perbedaan budaya yang dialami, membuat mereka memilih untuk tidak membuang-buang waktu di media sosial. Apalagi membicarakan hal-hal tidak penting dan berkeluh kesah yang tidak ada gunanya. Bagi mereka, waktu luang bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih penting seperti belajar dan berdiskusi bersama teman.

 

5. Pilihan Jurusan (Beberapa negara ada jurusan yang nggak ada di indo)

Memang sudah banyak jurusan yang tersedia di kampus-kampus Indonesia, namun ternyata ada beberapa jurusan yang tidak ada. Beberapa jurusan yang belum ada di Indonesia yaitu Manajemen Teknologi Baking yang ada di London South Bank University, Pembuatan dan Destilasi Bir yang ada di University of Edinburgh, Horologi yang ada di University of Birmingham, dan Psikologi Kuda dan Ilmu Pengetahuan Olahraga yang ada di Nottingham Trent University.

 

Nah, mungkin salah satu dari kalian ada yang tertarik dengan jurusan perkuliahan tersebut. Sayangnya kamu tidak bisa menemukannya di Indonesia, sehingga kamu harus ke kampus luar negeri untuk mengemban ilmu pada jurusan yang diinginkan.

 

6. Tata Cara Berpakaian

Jika kamu merasa memiliki selera berpakaian kurang bagus dan tidak update dengan gaya gaya fashion, jangan khawatir. Di kampus luar negeri, tata cara berpakaian tidak akan menjadi penilaian utama bagi orang lain. Bahkan para mahasiswa di sana banyak yang berpakaian sangat biasa tanpa memikirkan merk yang mahal.

 

Nah, ada kabar baik juga bagi kamu yang suka berpakaian berbeda dan mencolok. Di Indonesia, pasti kamu sering menjadi bahan olok-olok oleh orang lain apabila kamu berpakaian mencolok. Di luar negeri, terlebih lagi Amerika Serikat, kamu bebas untuk mengekspresikan cara berpakaian kamu tanpa takut dipandang negatif oleh orang lain.

 

7. Tes Masuk Universitas

Perbedaan yang terakhir sudah pasti tes untuk memasukinya. Universitas di Indonesia memiliki beberapa jalur tes, seperti SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), Seleksi Mandiri PTN (Perguruan Tinggi Negeri), dan Seleksi Masuk PTS (Perguruan Tinggi Swasta) jika ingin masuk ke universitas Swasta.

 

 

Untuk memasuki universitas luar negeri, setidaknya ada tiga jalur tes yang dijadikan syarat. Tes pertama yaitu tes bahasa Inggris, tes kedua yaitu tes kemampuan dan kelayakan, tes ketiga yaitu SAT. Tes SAT (Scholastic Aptitude Test) diaplikasikan pada sebagian banyak universitas di Amerika Serikat dan berbagai negara lain. Ujian SAT memiliki empat bagian utama, yaitu membaca, bahasa dan tulis menulis, dan matematika.

 

 

Bagimana, apakah kamu semakin yakin untuk kuliah di luar negeri setelah melihat perbedaannya di atas? Jika kamu sudah membulatkan tekad untuk kuliah di luar negeri, Wall Street English bisa membantu kamu untuk mewujudkannya. 

 

 

Wall Street English bisa memberikan pengajaran hingga kamu lancar berbahasa Inggris untuk bekal kuliah di luar negeri. Apalagi dengan Native English Trainer sebagai pengajar, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker.

 

Nah, kamu juga akan bertemu para member lain dengan visi dan misi yang sama dengan kamu. Kamu juga bisa bertemu dengan member lain yang juga ingin melanjutkan kuliah di luar negeri dan mengincar kampus yang sama, sehingga kamu bisa mewujudkan mimpi bersama-sama. Makanya, daftarkan diri kamu sekarang juga untuk bergabung dengan Wall Street English!

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP