Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Jan 12, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Sebagai negara dengan kemampuan bahasa Inggris yang tergolong masih di bawah rata-rata dunia, sangat sulit untuk berkompetisi dengan orang-orang asing dari negara lain yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Bukan berarti selamanya orang Indonesia tidak mampu bersaing. Hanya diperlukan penguasaan berbahasa Inggris sejak dini, agar orang-orang Indonesia terbiasa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.   Kebiasaan berbahasa Inggris harus dimulai sejak dini, tepatnya di masa pendidikan. Terlebih lagi bagi mahasiswa yang sedang mencari bekal untuk menempuh dunia kerja. Sudah banyak orang-orang asing yang bekerja di Indonesia, sehingga kamu harus mampu bersaing dengan mereka yang sudah pasti memiliki kemampuan berbahasa Inggris.  

Mengapa Bahasa Inggris Sangat Penting dalam Pendidikan?

Masa pendidikan adalah masa yang tepat untuk mempelajari banyak hal. Selain mempelajari materi yang dibutuhkan untuk pelajaran di sekolah atau mata kuliah di kampus, kemampuan bahasa Inggris juga harus dipelajari untuk memudahkan kamu dalam segala urusan. Apalagi di dunia perkuliahan, kamu dituntut untuk membuat essay dari sebuah materi yang sedang dipelajari. Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu dapat menggali informasi lebih dalam dan membuat essay yang sangat baik.   Nah, jika kamu sudah memiliki nilai akademis yang baik, maksimalkan juga kemampuanmu dalam penguasaan bahasa Inggris. Nilai akademis yang baik ditambah dengan kemampuan berbahasa Inggris, dapat memperbesar kesempatan kamu untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri dan mengincar universitas terkemuka di dunia. Bahkan kamu dapat meraih beasiswa supaya tidak perlu mengeluarkan biaya banyak untuk kuliah di luar negeri. Menarik bukan?  

Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Supaya kamu semakin semangat belajar bahasa Inggris, masih ada banyak manfaat belajar bahasa Inggris bagi mahasiswa yang perlu kamu ketahui. Yuk simak di bawah ini!  

1. Meningkatkan Kemampuan Diri

Dengan menguasai bahasa Inggris, kamu dapat meningkatkan kemampuan diri dan meningkatkan value kamu sebagai orang terpelajar. Orang lain akan melihat kamu sebagai orang yang kompeten dan berilmu, sehingga kamu akan lebih dilirik dibanding orang lain yang tidak menguasai bahasa Inggris. Tentu kamu akan lebih dibutuhkan dan lebih mudah menyelesaikan segala urusan yang membutuhkan bahasa Inggris di dalamnya.  

2. Memudahkan Belajar Materi dari Internet

Internet dapat memberikan informasi yang lengkap dari seluruh penjuru dunia untuk dipelajari. Sangat disayangkan jika kamu tidak memanfaatkannya untuk mendapatkan ilmu-ilmu baru dan memperluas wawasan. Nah, sudah pasti artikel atau jurnal yang kamu temukan di internet banyak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Sehingga kamu harus mampu berbahasa Inggris untuk mencerna informasinya dengan baik.  

3. Membuka Wawasan Lebih Luas

Dengan memahami bahasa Inggris, sudah pasti kamu bisa membuka wawasan lebih luas. Berbagai informasi penting sudah pasti dikemas dalam bahasa Inggris untuk menjangkau mayoritas orang di dunia. Sehingga kamu bisa dengan mudah mencerna berita-berita dunia melalui situs internet atau stasiun televisi internasional. Kamu juga bisa mencari berbagai penelitian baru dari universitas terkemuka di dunia untuk dipelajari.   

4. Memudahkan Melanjutkan Studi di Luar Negeri

Siapa sih yang tidak mau melanjutkan studi di luar negeri? Apalagi jika kamu bisa memanfaatkan beasiswa dan tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar. Tentu kamu harus mahir berbahasa Inggris supaya kamu bisa meraih beasiswa dan memudahkan ketika proses belajar di luar negeri. Sangat disayangkan jika kamu memiliki prestasi dan nilai yang memuaskan, namun belum menguasai bahasa Inggris dengan baik.  

5. Membuat Lebih Cepat Lulus 

Sebagian besar universitas di Indonesia menetapkan nilai TOEFL atau TOEIC yang harus dicapai untuk lulus. Jangan sampai kamu kesulitan untuk meraih nilai yang ditetapkan dan menghambat kelulusan kamu. Apalagi jika kamu sudah meraih nilai yang baik dan sudah siap untuk lulus dengan cepat. Sebaiknya kamu sudah mulai belajar bahasa Inggris dan mempelajari soal-soal TOEFL atau TOEIC yang akan diujikan.  

6. Mendapat Teman Mahasiswa Asing

Memperluas jaringan pertemanan jangan hanya dengan sesama orang Indonesia saja. Jika kamu memiliki kesempatan untuk berteman dengan orang asing, jangan sia-siakan kesempatan itu untuk bertukar informasi yang bermanfaat. Bahkan kamu berkesempatan untuk menjalin kerjasama ketika di dunia kerja dan memudahkan kamu ketika membutuhkan akses ke luar negeri atau sebagainya.  

7. Meningkatkan Kepercayaan Diri

Kepercayaan diri kamu sudah pasti akan meningkat pesat apabila kamu sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik. Jika kampus kamu mengadakan program overseas atau student exchange, kamu akan lebih percaya diri untuk berkomunikasi dengan orang asing yang ditemui. Kamu juga akan merasa lebih baik dibanding orang-orang yang tidak bisa berbahasa Inggris dan mempermudah dalam menyelesaikan segala urusan.   

8. Sebagai Bekal untuk Karir/Pekerjaan

Saat ini sudah sangat banyak perusahaan multinasional yang berdiri di Indonesia. Sehingga tidak menutup kemungkinan kamu akan bertemu rekan kerja orang asing yang sudah pasti menggunakan bahasa Inggris. Selain menyiapkan hard skill, kamu juga harus menyiapkan soft skill yaitu kemampuan berkomunikasi dengan baik. Nah, akan semakin baik lagi jika kamu mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kualitas diri.   Yuk segera luangkan waktu kamu untuk belajar bahasa Inggris bersama Wall Street English! Tentunya dengan bantuan Native English Trainers yang berpengalaman, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker dan mempercepat proses belajar. Kamu juga akan bertemu dengan orang-orang dengan minat yang sama sekaligus memperluas jaringan pertemanan.   Tidak perlu bingung untuk memulai dari mana, karena setiap member akan mendapat bimbingan personal dari para ahli. Sehingga kamu bisa berkonsultasi tentang masalah atau kesulitan yang dialami dan membuat kamu lebih percaya diri. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat internasional untuk kemudahan melanjutkan pendidikan di luar negeri. Bagaimana, menarik bukan? Tidak usah pikir-pikir lagi, daftar sekarang dan dapatkan banyak benefit dari Wall Street English!

More News

Jan 13, 2022
English Tips

9 Rekomendasi Tempat Nyaman yang Cocok untuk Belajar dan Mengerjakan Tugas

Jan 11, 2022
English Tips

Jangan Bingung, Ini Dia Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris!

Dec 30, 2021
English Tips

Ini Dia, 9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Setiap Anak Remaja

Dec 29, 2021
English Tips

Rekomendasi 9 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

Dec 28, 2021
English Tips

Studi di Luar Negeri? Ikuti 7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Teman Baru 

Dec 27, 2021
English Tips

Ini Rekomendasi Film yang Bagus untuk Belajar Bahasa Inggris, Yuk Nonton!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!