7 Daftar Jurusan Kuliah Paling Diminati di Luar Negeri

Jan 27, 2022
Share on facebook
Share on twitter
Kuliah di luar negeri merupakan impian bagi banyak orang, selain bisa menikmati lingkungan dan budaya baru namun kita juga bisa mendapatkan kualitas pendidikan dan kesempatan kerja yang lebih tinggi.  Jika kamu memiliki kesempatan untuk menjalani pendidikan kuliah di luar negeri, berikut merupakan rekomendasi jurusan yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Namun, alangkah baiknya kamu mengetahui caranya agar dapat menjalani kuliah di luar negeri. 

Cara Agar Dapat Kuliah di Luar Negeri

Kamu dapat mengikuti tips dibawah ini agar dapat kuliah di luar negeri dengan lebih mudah. 
  • Ambil Jalur Beasiswa

Menjalani pendidikan di luar negeri, khususnya di bangku kuliah memiliki harga yang tidaklah murah, dimanapun negaranya. Kamu dapat menggunakan bantuan Beasiswa agar dapat meringankan biaya kuliah di luar negeri. Namun, hampir semua beasiswa membutuhkan sertifikasi TOEFL/IELTS. Tergantung dari universitasnya, untuk mengambil Beasiswa di jalur Universitas yang kamu tuju juga harus menyediakan beberapa dokumen lainnya seperti Ijazah/Transkrip Nilai, Essay, CV/Resume. 
  • Student Exchange / Pertukaran Pelajar

Cara lainnya yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan kuliah di luar negeri adalah dengan mengikuti program Student Exchange. Namun, terdapat syarat yang harus kamu jalani seperti menunjukkan prestasi di sekolah atau universitas, kemudian kamu juga harus aktif dengan mengikuti berbagai organisasi. Untuk Universitas, kamu membutuhkan IP dengan rata-rata 3.0 dan jika kamu masih menduduki bangku sekolah, harus memiliki nilai dengan rata rata 75 persen.
  • Summer Course

Summer Course atau kelas musim panas sesuai dengan namanya merupakan kelas yang hanya terdapat di musim panas. Program Summer Course ini sangat sering diadakan oleh pemerintah dan swasta untuk menyediakan kesempatan kepada siswa/siswi yang ingin pengalaman tinggal di negara tujuan. Program ini berjalan selama satu hingga enam bulan. 

Daftar Jurusan Kuliah Favorit di Luar Negeri

Berikut merupakan daftar jurusan kuliah di luar negeri, yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan. 

Medis/Kedokteran

Jurusan medis merupakan jurusan yang paling banyak diminati, karena kesempatan kerja yang sangat luas. Jurusan Medis/Kedokteran sangat cocok kamu ambil di negara Eropa karena memiliki banyak sekali teknologi canggih dan sangat maju ketimbang negara-negara di Asia. Negara-negara tersebut adalah Inggris, Denmark dan Swedia.

Hukum

Sarjana Hukum juga paling banyak dicari, karena memiliki kesempatan kerja sebagai Pengacara hingga Hakim. Negara yang dapat kamu jadikan pilihan untuk mengambil jurusan Hukum adalah Belanda. Negara ini mempunyai reputasi hukum internasional yang sangat tinggi. 

Sastra & Seni

Jika kamu memiliki minat untuk mengambil jurusan Sastra & Seni, kamu dapat jadikan 4 negara ini sebagai pilihan karena 4 negara ini merupakan negara yang terkenal akan karya sastra dan seni nya serta memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Negara tersebut adalah Inggris, Prancis, Italia dan Jepang. Perancis memiliki Louvre Museum, Menara Eiffel, Arc De Triomphe, Italia memiliki Menara Pisa dan Colosseum, Inggris memiliki Big Ben, dan Jepang memiliki Kastil Osaka zaman Sengoku.

Engineering

Kamu dapat mengambil jurusan Engineering di negara Swiss karena Swiss merupakan salah satu negara yang memiliki kurikulum terbaik untuk jurusan Engineering.Negara Swiss sendiri memiliki 21 pemenang Nobel Prize, lho!  Tidak hanya itu, Jerman dan Amerika Serikat juga dapat kamu jadikan sebagai pilihan. Bagaimana tidak, kita lihat saja mantan presiden Indonesia B.J Habibie yang berhasil membuat Pesawat di Jerman. Kemajuan teknologi di Amerika Serikat tidak dapat diragukan lagi, dan sekitar 20% dari total mahasiswa di Amerika Serikat menjadi murid jurusan Engineering. 

Business & Management

Jurusan yang sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar bagaimana cara membangun bisnis sendiri ini dapat kamu jalani di negara Amerika Serikat. Tidak hanya memiliki kualitas pendidikan yang tinggi, namun kamu juga dapat menikmati kesempatan kerja yang sangat luas jika mengambil jurusan Business & Management.

Accounting

Sama seperti Business & Management, Accounting juga memiliki kesempatan kerja yang sangat luas. Bagaimana tidak, banyak sekali perusahaan di luar sana yang membutuhkan tenaga kerja Accounting agar dapat menghitung, mencatat keuangan perusahaan. Jurusan ini sangat cocok kamu ambil di negara Australia. Australia juga menyediakan berbagai macam program Beasiswa, lho! 

Mathematics & Computer Science

Jurusan MIPA (Matematika Ilmu Pengetahuan Alam), dapat kamu ambil di negara seperti Amerika Serikat, karena negara ini memiliki kurikulum STEM (Science, Technology, Engineering, and Math) yang bisa dijadikan sebagai acuan standar untuk belajar MIPA yang paling top sedunia. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mengambil jurusan ini di negara seperti Singapura dan Inggris yang sudah mulai menjalani kurikulum STEM.    Nah, seperti itulah beberapa cara untuk dapat  agar dapat kuliah di luar negeri dan beberapa jurusan rekomendasi sesuai dengan negara-negaranya. Sebelum kamu menjalani kuliah di luar negeri, terlebih dahulu kamu harus belajar Bahasa Inggris agar dapat mengikuti tes TOEFL/IELTS. Kamu dapat melakukan pendaftaran di Wall Street belajar bersama dengan Native Speaker. Yuk, daftar sekarang di link dibawah ini.

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP