Daftar Lengkap Beasiswa Paling Populer di Luar Negeri!

May 18, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Beasiswa merupakan program dari pemerintahan maupun swasta yang membantu mahasiswa untuk menjalani pendidikan tingkat lanjutan, baik di dalam maupun luar negeri. Beasiswa membantu mahasiswa dari segi keuangan seperti uang kuliah, akomodasi, tempat tinggal, uang kebutuhan sehari-hari dan keuangan lainnya. Bagi kamu yang ingin menjalani studi tingkat lanjut khususnya di luar negeri dan menghadapi kendala di segi keuangan kamu dapat melamar diri ke beberapa program unggulan Beasiswa yang ada di luar negeri. 

Namun, sebelum kamu melamar terdapat beberapa cara ampuh yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan beasiswa. 

Cara Mendapatkan Beasiswa Ke Luar Negeri

Lakukan Riset 

Tidak dapat sembarangan, kamu harus mencari tahu terlebih dahulu tentang program beasiswa yang kamu lamar. Mulai dari persyaratan dokumen yang harus dilengkapi, kemudian kampus mana saja program beasiswa tersebut melakukan kerjasama, hingga negara yang kamu tuju. 

Untuk mencari informasi tersebut, kamu dapat langsung mengunjungi website program beasiswa yang kamu pilih. Namun, alangkah baiknya kamu tidak terpaku terhadap satu beasiswa saja! 

Buat Dokumen Persyaratan

Terdapat 3 dokumen utama yang sering diminta oleh penyelenggara beasiswa, yaitu : 

  • CV/Curriculum Vitae yang merupakan ringkasan dari latar belakang pendidikan, karir, penghargaan, kemampuan/skill lainnya. 
  • Motivation Letter dokumen ini berisi tentang pernyataan terhadap ketertarikan dan juga alasan-alasan untuk mendapatkan beasiswa.
  • Recommendation Letter surat ini berisi pujian/rekomendasi terhadap keunggulan yang kamu miliki dari institusi pendidikan/ tempat kerja yang sudah kami jalani seperti SMA, universitas dan tempat kerja. 

Persiapan Kursus Bahasa Asing

Selain dokumen yang harus dipersiapkan, kamu juga wajib melakukan kursus bahasa asing, khususnya bahasa Inggris yang sudah menjadi bahasa universal. Bahasa Inggris dapat digunakan di negara mana saja, dan dengan menguasai bahasa ini kamu dapat berkomunikasi dan melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah. Kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English untuk menjalani kursus bahasa Inggris terbaik. 

Beasiswa Luar Negeri Apa Saja? 

Pertanyaan ini selalu muncul di pikiran kita pada saat ingin melamar di universitas luar negeri. Nah, setelah kamu mengetahui cara yang dapat dilakukan untuk mengambil jalur beasiswa, berikut ini merupakan daftar lengkap program beasiswa unggulan yang ada di luar negeri. 

Beasiswa Fulbright

Program beasiswa ini memiliki reputasi terbaik. Beasiswa yang berasal dari Amerika Serikat dan sudah ditawarkan ke 155 negara dengan sekitar 7.500 beasiswa setiap tahunnya. Di Indonesia, beasiswa Fulbright dikelola oleh lembaga AMINEF yang langsung mengurusi pertukaran pelajaran antar Indonesia dan Amerika Serikat. 

Lewat program beasiswa ini, kamu juga bisa mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan kamu di jenjang S2 dan S3. Tidak hanya menanggung kegiatan kuliah, Fulbright juga menyediakan biaya untuk tunjangan buku, tiket pesawat, uang saku bulanan hingga asuransi kesehatan. 

Beasiswa DAAD

Jerman merupakan salah satu negara yang menjadi negara tujuan dalam mengenyam pendidikan. Di negara ini pun juga terdapat program beasiswa unggulan yaitu Beasiswa DAAD. Beasiswa ini ditawarkan di negara-negara seperti Afrika, Asia, Amerika Selatan dan Tengah hingga Eropa Timur. 

Beasiswa DAAD menyediakan biaya kuliah, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, dan biaya lainnya dan beasiswa ini setiap tahunnya rutin digulirkan untuk mendapatkan calon mahasiswa terbaik.

Australia Awards (Australia Development Scholarships)

Beasiswa yang berasal dari Australia ini ditawarkan untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi khususnya S2 dan S3 di Indonesia. Bagi kamu yang menerima beasiswa ini, kamu akan mendapatkan bantuan tanggungan seperti biaya kuliah, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, tempat tinggal, tiket perjalanan, dan fasilitas lainnya. Bahkan, kamu juga bisa mendapatkan pelatihan rutin bahasa Inggris lewat program ini. 

Beasiswa dari Australia ini diberikan setiap tahunnya, dan Indonesia merupakan salah satu prioritas dalam memberikan beasiswanya. 

Beasiswa Eiffel

Bagi kamu yang memiliki impian untuk kuliah di Prancis, kini bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan! Beasiswa Eiffel menawarkan program bantuan beasiswa bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang S2 dan S3 di Prancis. Banyak sekali tunjangan yang dapat kamu terima lewat beasiswa ini mulai dari tunjangan bulanan, tiket perjalanan, tunjangan akomodasi hingga asuransi kesehatan.

Perlu diingat bahwa kamu harus mengeluarkan biaya saat kamu melakukan pendaftaran ke universitas yang dituju. 

Beasiswa Monbukagakusho

Program beasiswa ini bisa menjadi solusi bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Jepang. Beasiswa ini sudah menghasilkan puluhan ribu mahasiswa yang tersebar di ratusan negara. Terdapat 5 jenis beasiswa unggulan yang ditawarkan oleh program ini yaitu research students, undergraduate university students, college of technology students, teacher training students, dan Japanese studies student

Kamu bisa mendapatkan beberapa tunjangan seperti tanggungan kuliah, biaya masuk universitas, hingga uang saku bulanan. 

Itulah beberapa program beasiswa unggulan yang sudah memiliki reputasi secara global. Jangan lupa kamu harus mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris kamu agar dapat menjalani tes beasiswa dengan baik. Kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English untuk mendapatkan program pembelajaran bahasa Inggris terbaik!

More News

Jun 21, 2022
Business & Career

Langkah yang Tepat untuk Membuat Presentasi Bisnis yang Baik

Jun 20, 2022
English Tips

Tips Lengkap untuk Membuat Essay untuk Beasiswa!

Jun 17, 2022
Business & Career

Ingin Naik Jabatan di Perusahaan? Ikuti Tips Jitu Ini!

Jun 16, 2022
Business & Career

Hard Skills yang Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Jun 15, 2022
Business & Career

Cara Tepat untuk Mengembangkan Karir di Perusahaan!

Jun 14, 2022
Business & Career

Tips Lengkap untuk Kuliah sambil Kerja di Luar Negeri!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP