9 Cara Supaya Kamu Bisa Dapat Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Dec 25, 2021
Share on facebook
Share on twitter
Siapa sih yang tidak ingin melanjutkan pendidikan kuliah di luar negeri? Apalagi dengan bantuan beasiswa yang bisa memberikan banyak benefit demi kelancaran pendidikan kamu. Beasiswa memungkinkan kamu untuk tidak mengeluarkan biaya besar, yang mana biaya adalah salah satu faktor yang harus diperhatikan ketika ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.   Dibalik benefit-nya yang besar, tentu ada persyaratan yang cukup berat untuk dipenuhi. Selain memenuhi persyaratan, kamu juga harus siap bersaing dengan ribuan orang lainnya dengan niat yang sama. Sehingga kamu harus mengetahui cara untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri sejak lama. Sebelumnya kamu harus ketahui dulu tes apa saja untuk mendapatkan beasiswa di luar negeri. Yuk simak di bawah!   

Tes Apa Saja untuk Beasiswa Luar Negeri?

Tentu bahasa Inggris kamu akan dites pertama kali sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Beberapa tesnya adalah TOEFL iBT, IELTS, dan TOEFL ITP, tergantung dari negara mana yang kamu tuju. Semua tes ini mencakup seluruh keterampilan, seperti listening, reading, writing, dan, speaking.   Untuk saat ini, IELTS adalah sistem tes bahasa Inggris terpopuler di dunia untuk keperluan studi, bekerja, dan imigrasi. Hasil tes IELTS diakui lebih dari 10.000 organisasi, termasuk lembaga pendidikan, perusahaan, dan pemerintahan pada 145 negara di seluruh dunia.   Jika kamu ingin mengejar beasiswa kuliah di luar negeri, pastikan kamu sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, kamu juga harus lulus tes IELTS dengan skor yang disyaratkan oleh lembaga penyedia beasiswa.  

Tips Mendapatkan Kuliah di Luar Negeri dengan Cara Beasiswa

Nah, supaya proses pencarian beasiswa kamu semakin mudah, ada beberapa tips yang harus kamu ketahui untuk mempersiapkan diri kamu. Berikut tips-tips mengejar beasiswa kuliah di luar negeri!

1. Tentukan Universitas Incaranmu

Tentukan universitas incaranmu jauh-jauh hari sebelum kelulusan SMA, karena kamu harus mempersiapkan banyak hal untuk mengejar beasiswa. Jika kamu tertarik dengan bidang teknik, kamu bisa memilih Massachusetts Institute of Technology atau Nanyang Technological University yang masih berada di Asia Tenggara. Pilihlah universitas yang memiliki reputasi terbaik pada bidang yang kamu minati.   

2. Cari Tahu Lembaga Penyedia Beasiswa

Sangat banyak lembaga penyedia beasiswa yang tersedia, sehingga kamu harus memilih dengan bijak dan sesuai dengan kebutuhan. Pemerintah memiliki Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) atau Beasiswa DIKTI yang akan membiayai penuh biaya pendidikan, biaya hidup, biaya visa, dan biaya lainnya. Selain itu, terdapat juga lembaga penyedia beasiswa dari kerjasama bilateral antar negara, seperti Studeren in Nederland (STUNED) dan ERASMUS+.  

3. Penuhi Ekspektasi Lembaga Penyedia Beasiswa

Nah, jika kamu kuliah di luar negeri melalui jalur beasiswa, kamu harus memenuhi persyaratan yang diminta oleh lembaga penyedia beasiswa selama kamu menempuh pendidikan di luar negeri. Biasanya lembaga penyedia beasiswa akan meminta untuk menjaga nilai akademis agar tidak kurang dari yang ditentukan, supaya penerima beasiswa tidak main-main dalam menempuh masa pendidikan.  

4. Siapkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi sangat dibutuhkan sebagai bukti bahwa kamu layak untuk mengikuti beasiswa. Kamu bisa meminta rekomendasi dari guru, kepala sekolah, pelatih ekstrakurikuler, atau wali murid yang bertanggung jawab terhadap pendidikan kamu. Surat rekomendasi memiliki peranan penting dalam proses penerimaan beasiswa, sehingga kamu harus memiliki prestasi dan gebrakan besar pada masa pendidikan.  

5. Bertanya Kepada Penerima Beasiswa yang Telah Lolos

Dapatkan banyak informasi yang kamu butuhkan dengan menanyakan kepada penerima beasiswa yang telah lolos. Carilah informasi yang penting bagi kamu, seperti tes apa saja yang diperlukan dan dokumen apa saja yang dibutuhkan. Kamu juga bisa menanyakan tips-tips supaya bisa lolos beasiswa dengan orang-orang yang sudah menerima beasiswa.

6. Belajar Bahasa Asing, Terutama Bahasa Inggris

Jika kamu mengincar universitas di negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, kamu harus mempelajari bahasanya untuk memudahkan ketika berkomunikasi. Misalnya seperti Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, dan beberapa negara Asia lain yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Namun kamu juga harus menguasai bahasa Inggris terlebih dahulu sebagai bahasa kedua kamu.  

7. Pelajari Culture Negara dari Universitas Incaranmu

Selain belajar bahasa Inggris, jangan lupa juga untuk mempelajari culture atau budaya negara dari universitas incaranmu. Bagaimana kebiasaan masyarakat di sana, makanan apa saja yang tersedia, cara menyapa orang lain, dan lain-lain. Apalagi jika kamu mengincar universitas yang berada di luar Asia Tenggara, pasti ada banyak perbedaan budaya yang membuat kamu harus membiasakan diri.  

8. Latihan Interview Serta Siapkan CV dan Essay

Ketika pendaftaran beasiswa, kamu akan melewati proses interview terlebih dahulu. Kamu harus belajar cara menjawab pertanyaan dengan tenang, artikulasi yang baik, tempo berbicara, dan penyusunan kalimat. Jangan lupa juga untuk menyiapkan CV dan essay yang juga menjadi syarat untuk pendaftaran beasiswa. Pastikan kamu memiliki banyak prestasi akademis yang bisa dituliskan di CV dan meyakinkan lembaga penerima beasiswa untuk meloloskan kamu.  

9. Berusaha Keras dan Berdoa

Jangan lupa untuk berusaha sekeras mungkin dan berdoa, karena kamu akan bersaing dengan ribuan orang lainnya yang juga mengincar beasiswa untuk kuliah di luar negeri. Keberuntungan juga dibutuhkan dalam persaingan ini, sehingga kamu harus mempersiapkan rencana lain jika tidak mendapatkan beasiswa.   

Dokumen Persyaratan Umum untuk Beasiswa Luar Negeri

Dokumen yang dibutuhkan tergantung dari kebijakan masing-masing lembaga penyedia beasiswa. Namun kamu harus menyiapkan dokumen utama yang sudah pasti dibutuhkan untuk pendaftaran beasiswa di luar negeri, beberapa di antaranya adalah:
  • Fotokopi KTP
  • Foto berwarna ukuran 3 x 4
  • Ijazah dan transkrip yang telah dilegalisir
  • Paspor
  • CV
  • Motivation letter dan essay
  • Hasil tes TOEFL/IELTS
  • Surat rekomendasi
Nah, itulah cara-cara yang harus kamu tempuh untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Memang caranya sedikit sulit, namun kamu akan mendapat banyak benefit apabila berhasil mendapatkan beasiswa penuh. Apalagi kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang besar, mulai dari biaya perjalanan, biaya kuliah, biaya tinggal, dan biaya lainnya.   Sama seperti Wall Street English yang juga dapat memberikan banyak benefit untuk kamu di samping belajar bahasa Inggris. Seperti memperluas jaringan koneksi dengan bertemu komunitas yang memiliki minat sama, sertifikat internasional untuk memudahkan kamu melanjutkan pendidikan atau pekerjaan di luar negeri, dan bimbingan langsung oleh Native English Trainers untuk mempercepat proses belajar kamu. Semua benefit yang diberikan Wall Street English dapat membantu kamu untuk meniti karir yang lebih tinggi di masa depan nanti. Jika kamu tertarik, daftar sekarang untuk bergabung bersama member lainnya. Kamu akan bertemu orang-orang yang dapat membuka peluang baru untuk masa depan kamu.

More News

Jan 13, 2022
English Tips

9 Rekomendasi Tempat Nyaman yang Cocok untuk Belajar dan Mengerjakan Tugas

Jan 12, 2022
English Tips

Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Belajar Bahasa Inggris bagi Mahasiswa

Jan 11, 2022
English Tips

Jangan Bingung, Ini Dia Perbedaan Jurusan Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris!

Dec 30, 2021
English Tips

Ini Dia, 9 Soft Skill yang Harus Dimiliki Setiap Anak Remaja

Dec 29, 2021
English Tips

Rekomendasi 9 Jurusan Kuliah yang Berhubungan dengan Bahasa Inggris

Dec 28, 2021
English Tips

Studi di Luar Negeri? Ikuti 7 Cara Mudah untuk Mendapatkan Teman Baru 

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

Ingin Bahasa Inggris anda #NaikLevel ?

Coba ikut Kelas Gratis Wall Street English!