Home English Tips   Video Game dan Manfaatnya dalam Belajar Bahasa Inggris

Video Game dan Manfaatnya dalam Belajar Bahasa Inggris

Jun 2, 2020

Belajar bahasa Inggris tak hanya sekadar les yang mengharuskan seseorang datang ke dalam kelas. Di era digital ini semakin banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk belajar. Selain lirik lagu dan film ada juga media lain yang bisa kamu manfaatkan untuk mengasah kemampuan ber-bahasa Inggris, yaitu video game. Video game tak hanya sebagai alat bersenang-senang saja, ternyata banyak sekali pelajaran yang bisa kita ambil dari sana.

Alasan Belajar Bahasa Inggris lewat Video Game

Ada beberapa alasan mengapa video game bisa jadi media yang seru untuk belajar bahasa Inggris. Di antaranya adalah:

Melatih skill membaca bahasa Inggris

Membaca adalah salah satu kesulitan terbesar saat belajar bahasa asing. Salah satu kendalanya adalah rasa malas yang tinggi saat melihat text book yang sangat tebal. Tim peneliti dari University of Padua melakukan sebuah percobaan kepada anak-anak untuk bermain video game dengan bahasa asing. Mereka disuruh untuk bermain game selama 80 menit per hari dalam 9 hari.

Hasilnya? Kemampuan membaca bahasa asing mereka meningkat sangat cepat dibandingkan dengan les konvensional dalam setahun. Mengapa bisa begitu? Di dalam video game pastinya banyak tulisan yang mau tidak mau harus dibaca untuk melanjutkan permainan. Secara tidak sadar, anak-anak tersebut dipaksa untuk membaca agar mereka bisa terus bermain video game.

Skill mendengar meningkat

Tidak hanya tulisan, banyak juga game yang menghasilkan audio sehingga kita harus mendengarkan dengan jeli agar mengerti alur ceritanya. Tak hanya American English, aksen yang diberikan oleh video game juga beragam. Hal itu akan membuat pemain akan lebih mudah mengenali bermacam-macam aksen. Contohnya seperti aksen British & Irish, walaupun wilayah Inggris & Irlandia berdekatan, namun aksen yang dipakai terlihat cukup berbeda.

belajar bahasa inggris dengan video game

Penasaran bikin cari tahu

Saat kita mengikuti sebuah alur cerita yang tersaji dalam game, secara tak sadar kita akan mencoba menelaah cerita yang disajikan tersebut melalui perkataan, adegan, dan subtitle. Bahkan, saat kita tak mengerti arti sebuah kosa kata baru yang muncul dalam game tersebut, kita akan coba mencari kosa kata yang tak dimengerti lewat kamus. Tujuannya cuma 1, agar makin mengerti dengan alur cerita dari game tersebut.

Video game bisa memperluas kosa kata

Secara tak sadar, vocabulary bahasa Inggris kita akan semakin luas berkat video game. Walaupun kita sudah belajar di sekolah ataupun les bahasa Inggris, namun tidak semua kosa kata akan dipelajari dan disebut. Di dalam video game, mungkin banyak sekali kosa kata asing di telinga. Namun, kita akan langsung mengerti karena sekaligus disuguhi oleh gambarnya. Contoh konkritnya mungkin seperti video game Harvest Moon di penghujung tahun 1999. Video game ini membuat anak-anak sekolah saat itu langsung jago mengenal nama-nama buah dan sayur dalam bahasa Inggris.

Video Game untuk Belajar Bahasa Inggris

Selain game yang bisa dimainkan sekaligus untuk belajar, ada juga beberapa permainan yang memang dirancang khusus untuk belajar bahasa Inggris. Apa saja itu?

Hangman

Hangman Games ini merupakan sebuah permainan tebak kata yang cara mainnya sangat mudah dan sederhana. Langkah awal untuk bermain Hangman adalah dengan menentukan tema yang akan dimainkan, seperti misalnya fruits, animals, colors, dan sebagainya. Setelah tema sudah ditentukan, selanjutnya pemain hanya tinggal diminta untuk menyelamatkan seseorang yang sedang terkena hukuman gantung dengan cara menebak setiap huruf dari susunan-susunan kata tertentu yang tersedia.

Influent

Dalam game ini, pemain akan masuk ke dalam sebuah apartemen untuk dieksplor. Semua item yang diletakkan dalam ruangan dapat kamu klik dan interaktif. Lucunya, setiap item yang kamu klik akan muncul nama dari item tersebut. Tak hanya dapat menambah pengetahuan kosa kata, permainan ini juga akan memperdengarkan audio dalam bahasa Inggris.

Dengan begitu, pemain bisa sekaligus belajar memahami kata dan juga pronouciationnya. Jika dihitung-hitung, game ini memiliki 420 kata benda, kata kerja, dan juga verb dalam bahasa Inggris.

Bubbles

Game ini merupakan salah satu permainan dalam bentuk puzzle. Pemain akan diberikan pilihan kata-kata yang harus disambung-sambung menjadi sebuah kalimat lengkap dan tepat. Semakin tinggi level yang kamu hadapi, semakin sulit dan singkat juga waktu yang diberikan. Dengan bermain game ini, reading skill serta ketepatan dalam membentuk kalimat bahasa Inggris semakin meningkat.

Keefektifan video game dalam mempertajam skill berbahasa Inggris menjadi salah satu bukti bahwa belajar harus dengan bentuk yang menyenangkan. Seperti halnya dengan program WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang memiliki metode menyenangkan dalam belajar bahasa Inggris. Dengan native speaker yang berpengalaman, kamu akan lebih mudah dalam memahami bahasa Inggris. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyesuaikan waktu belajar kamu, lho! Mau tahu lebih lengkapnya? Klik di sini untuk infonya.

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami