Apakah ada Beasiswa di Singapura?

Apr 8, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Singapura merupakan negara yang terletak di Asia Tenggara berdekatan dengan Indonesia dan Malaysia. Merupakan salah satu negara maju, Singapura tidak hanya menawarkan berbagai teknologi yang maju, bidang pariwisata yang selalu menjadi target destinasi turis dari berbagai belahan dunia namun juga merupakan salah satu negara impian untuk menjalani pendidikan di bangku kuliah. 

Jika kamu ingin menjalani kuliah di negara ini tentu kamu harus mempertimbangkan berapa lama akan menjalani kuliah, ingin menjadi warga tetap atau tidak hingga biaya yang harus dikeluarkan untuk hidup, dan kuliah di negara tersebut. Singapura memiliki banyak sekali program beasiswa cocok bagi mahasiswa internasional agar biaya kuliah dapat lebih ringan! Namun, terlebih dahulu harus mengetahui seberapa besar biaya kuliah di Singapura!

Berapa Biaya Kuliah di Singapura? 

Biaya kuliah di Singapura bervariasi, tergantung kamu mengambil jalur mana. Bagi jalur Diploma, kamu harus membayar kurang lebih SGD 12.000 – SGD 25.000 yang berarti Rp 120 juta sampai dengan Rp 250 juta per tahunnya. Biaya kuliah S1 kamu harus membayar SGD 20.000 – SGD 60.000 yang berarti kurang lebih Rp 200 juta sampai dengan Rp 600 juta setiap tahunnya. 

Lalu, untuk jenjang S2 kamu harus membayar SGD 30.000 – SGD 70.000 yang kalau dirupiahkan Rp 300 juta sampai dengan Rp 700 juta per tahunnya. Namun, biaya hidup di Singapura tidak begitu mahal. Kisaran biaya hidupnya yaitu Rp 2 juta sampai dengan Rp 7 juta per bulannya tergantung dari pemakaian kamu sehari-hari. Bagi tempat tinggal seperti Akomodasi, kamu setidaknya harus mengeluarkan Rp 20 juta per bulan. 

Universitas yang Menyediakan Beasiswa di Singapura

Biaya kuliah tidaklah murah, kamu membutuhkan bantuan Beasiswa agar dapat meringankan biaya kuliah. Di Singapura, terdapat beberapa universitas yang menawarkan beasiswa untuk biaya kuliah dan juga subsidi biaya hidup sehari-hari kamu! 

National University of Singapore

NUS merupakan universitas di Singapura yang sangat unggul akreditasinya dan juga merupakan salah satu universitas terbaik di Asia bahkan Dunia. Universitas bergengsi ini lebih mengutamakan pendekatan secara global, baik di bidang pendidikan, penelitian hingga entrepreneurship pada kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing mahasiswa. 

NUS menawarkan beasiswa bagi mahasiswa ASEAN yang disebut dengan ASEAN Undergraduate Scholarship. Beasiswa ini akan membantu kamu di biaya kuliah dan biaya hidup sehari-hari. 

Nanyang Technological University

NTU, merupakan universitas di Singapura yang sangat terkenal di bidang Teknik, Sains, Bisnis dan lainnya. NTU menawarkan program Beasiswa bernama NTU-University Scholarship Programme yang memberikan bantuan di bidang biaya kuliah, akomodasi, uang saku, dan lainnya kepada mahasiswa berprestasi. Indonesia juga termasuk salah satu negara yang masuk ke dalam daftar program beasiswa ini, lho! 

Singapore Management University

Singapore Management University atau SMU, merupakan sebuah universitas di Singapura yang berfokus di bidang Bisnis dan Manajemen. Salah satu beasiswa yang ditawarkan oleh SMU adalah Tahir Indonesian Scholarship. Program Beasiswa dari Indonesia ini akan menanggung biaya kuliah dan kebutuhan untuk studi lainnya selama 4 tahun. 

Singapore University of Technology and Design 

STUD atau Singapore University of Technology and Design merupakan universitas yang berfokus pada bidang teknologi serta desain. STUD juga bekerja sama dengan MIT, kampus teknik yang sangat terkenal di dunia. Bagi kamu yang berminat masuk di universitas ini, STUD menawarkan program beasiswa khususnya untuk mahasiswa ASEAN. ASEAN Undergraduate Scholarship atau AUS yang memberikan subsidi uang kuliah serta biaya hidup. 

Itulah beberapa universitas di Singapura yang memiliki program beasiswa untuk membantu meringankan biaya kuliah. Namun, untuk melamar di program beasiswa kamu harus memiliki nilai akademis yang baik, salah satunya adalah IELTS yang mumpuni karena Singapura merupakan negara dengan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. 

Nah, untuk meningkatkan IELTS dan kemampuan bahasa Inggris, kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street. Wall Street menyediakan Native Speaker dan guru lokal bertaraf internasional untuk membantu kamu belajar bahasa Inggris dan meningkatkan nilai IELTS dengan lebih sempurna! Yuk, daftar sekarang di Wall Street!

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP