15 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris

Dec 23, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Semakin pesat berkembangnya zaman, semakin pesat juga perkembangan bahasa Inggris di berbagai belahan dunia, salah satunya di Indonesia. Bahasa Inggris berkembang melalui dunia ekonomi, pendidikan, dan teknologi yang sudah sangat dekat dengan kita.

 

Sayangnya banyak orang yang tidak menyadarinya, sehingga Indonesia termasuk negara yang memiliki masyarakat dengan kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Padahal sudah sangat banyak perusahaan internasional yang berdiri dan memberi kesempatan kamu untuk meniti karir lebih tinggi. Makanya kamu ketahui dulu apa pentingnya bahasa Inggris untuk masa depan di bawah ini!

 

Apa Pentingnya Bahasa Inggris untuk Masa Depan?

Sulit untuk meramal apa yang mungkin saja terjadi di masa depan. Mungkin saja beberapa tahun lagi, dunia pendidikan dan pekerjaan di Indonesia menerapkan bahasa Inggris untuk berkomunikasi satu sama lain. Bahkan beberapa sekolah internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada proses belajar.

 

Jika kamu tidak bisa mengimbanginya, kamu akan kesulitan ketika dihadapi dengan situasi tersebut. Hal itu membuat kamu sulit untuk berkembang dan bersaing dengan orang lain. Apalagi nanti kamu akan bersaing dengan rekan kerja asing yang memiliki kemampuan bahasa Inggris lebih baik.

 

Alasan Kenapa Belajar Bahasa Inggris itu Penting

Terdapat beberapa alasan yang membuat bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari, terlebih lagi untuk masa depan. Yuk simak beberapa alasan pentingnya belajar bahasa Inggris yang perlu kamu tahu!

 

1. Bahasa Inggris Merupakan Bahasa Internasional

Bahasa Inggris digunakan lebih dari 1 miliar orang di dunia dan digunakan lebih dari 60 negara. Selain itu, bahasa Inggris juga mudah dipelajari dan terus bekembang seiring berjalannya waktu. Bahkan semua organisasi dan media internasional pasti menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Sehingga bahasa Inggris adalah bahasa yang akan sering kamu temukan di berbagai situasi yang menyangkut dunia internasional.

 

2. Membuka Kesempatan Mendapat Pekerjaan

Tidak sedikit perusahaan Indonesia yang bekerjasama dengan perusahaan asing, sehingga dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik supaya kamu bisa berinteraksi dengan mudah. Apalagi Indonesia termasuk negara yang sangat terbuka dengan pekerja asing, kamu tidak perlu ragu untuk bekerja pada perusahaan yang didominasi orang asing apabila kamu menguasai bahasa Inggris

 

3. Meningkatkan Karir

Ketika kamu menjalankan suatu profesi, pasti kamu ingin meningkatkan karir lebih tinggi dan tidak ingin tertahan pada posisi yang sama. Semakin tinggi karir, semakin banyak juga tanggung jawab dan ilmu yang diperlukan. Mungkin saja kamu harus bekerja sama dengan orang asing ketika karir kamu meningkat. Apabila kemampuan bahasa Inggris kamu kurang baik, kamu akan kesulitan untuk meningkatkan karir ke jenjang yang lebih tinggi.

 

4. Membuat Lebih Pintar

Mengapa bahasa Inggris bisa membuat kamu lebih pintar? Karena kamu bisa mempelajari banyak hal baru di jurnal atau penelitian yang diterbitkan oleh organisasi internasional. Kamu juga bisa mendapatkan banyak ilmu dengan validitas data yang lebih baik. Jika kamu tertarik untuk mempelajari ilmu kesehatan, kamu bisa langsung mencari penelitian dari WHO yang sudah pasti menggunakan bahasa Inggris.

 

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri akan semakin meningkat apabila kamu menguasai bahasa Inggris. Mungkin saja kamu akan bertemu teman atau rekan kerja yang tidak bisa berbahasa Indonesia. Ketika kamu bisa berbahasa Inggris dengan lancar, lawan bicara kamu akan terkesan dan membuat kamu semakin percaya diri untuk berkomunikasi dengan siapapun.

 

6. Memudahkan Ketika Pergi Liburan

Pasti kalian semua sangat ingin berlibur ke luar negeri bukan? Tidak akan ada masalah jika kamu memahami bahasa Inggris dengan baik. Apalagi jika kamu pergi ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama. Kamu bisa lebih mudah ketika berkomunikasi dengan warga lokal untuk menanyakan lokasi, cara menaiki transportasi umum, dan sebagainya. Kamu juga lebih mudah menjelaskan kronologi kejadian kepada polisi apabila kamu kehilangan barang atau sebagainya.

 

7. Bahasa yang Umum di Berbagai Pop Culture

Pop Culture sangat digandrungi oleh anak muda zaman sekarang karena sangat keren dan tidak ketinggalan zaman. Salah satu faktornya adalah karena penggunaan bahasa Inggris di dalamnya. Jika kalian sadar, sudah banyak sekali musik atau film Indonesia yang menyelipkan bahasa Inggris di dalamnya. Bahkan beberapa musisi Indonesia menggunakan lirik lagu yang sepenuhnya menggunakan bahasa Inggris.

 

8. Tidak Ketinggalan Zaman

Zaman semakin berkembang, penggunaan bahasa Inggris pun juga semakin menyebar. Jika kamu tidak mengikuti perkembangannya, kamu akan ketinggalan dengan hal-hal baru. Kamu bisa update gaya fashion terbaru yang sedang populer di dunia. Atau kamu juga bisa mencari ilmu pengetahuan baru yang bisa dipelajari demi masa depan.

 

9. Mudah Meneruskan Jenjang Pendidikan Tinggi

Saat kamu memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi, kamu akan menghadapi banyak orang-orang baru yang berilmu tinggi. Selain itu, pendidikan tinggi juga dapat memberikan kamu kesempatan yang lebih besar, seperti bekerja di perusahaan internasional, berbisnis dengan orang asing, dan sebagainya. Kemampuan bahasa Inggris kamu akan memudahkan ketika kamu ingin meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

 

10. Paham Berbagai Teknologi Baru

Perkembangan teknologi tidak akan berhenti sampai kapanpun, sehingga semua orang harus bisa mempelajari dan mengimbangi agar tidak ketinggalan. Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya merupakan kiblat teknologi dunia. Sudah pasti bahasa Inggris yang digunakan pada setiap pengenalan teknologi yang baru diluncurkan ke dunia. 

 

11. Menguasai Dunia Internet

Kamu bisa mendapatkan hal apapun dari internet, karena internet dapat menyediakan apa saja yang kamu inginkan secara daring. Kamu harus menguasai bahasa Inggris jika ingin menggali informasi yang ada di internet. Dengan itu, kamu bisa menguasai dunia internet dan mendapat banyak hal baru untuk dipelajari.

 

12. Meningkatkan Value Diri Sendiri

Meningkatkan value diri adalah keinginan banyak orang, namun bingung harus memulai dari mana. Kamu bisa memulainya dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu secara lisan maupun tulisan. Dengan itu, kamu memiliki nilai lebih yang tidak dimiliki semua orang. Jika kamu berada di lingkungan dengan kemampuan bahasa Inggris yang kurang baik. Kamu akan lebih bernilai dari orang lain dan lebih banyak mendapat kesempatan.

 

13. Membantu Ketika Menjalani Tes Seleksi Kerja

Sudah banyak perusahaan di Indonesia yang menerapkan penguasaan bahasa Inggris untuk para calon karyawannya. Jika semua karyawan pada sebuah perusahaan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, perusahaan tersebut akan lebih mudah untuk menampakkan diri ke dunia internasional dan juga menambah kesempatan kamu untuk berkarir lebih tinggi lagi.

 

14. Lebih Gaul / Menambah Teman Baru

Bergaul dengan orang-orang baru memang sangat mengasyikan, apalagi jika bisa bergaul dengan orang dari negara yang berbeda. Zaman sekarang tidak sulit untuk menemukan orang asing, bahkan kamu bisa bertemu dan berteman dengan orang asing secara daring melalui game atau forum. Kamu bisa berdiskusi atau bertukar pikiran dengan mereka dan menemukan hal baru yang seru.

 

15. Bahasa Media-media Internasional

Media akan menyebarkan berita ke seluruh dunia dengan menggunakan bahasa Inggris, supaya informasi yang disebarkan bisa sampai dengan baik ke warga di seluruh dunia. Kamu akan lebih mudah untuk menggali informasi tentang dunia, jika kamu mahir berbahasa Inggris. Apalagi jika kamu terobsesi pada salah satu negara, misalnya Amerika Serikat, kamu bisa mengetahui apa saja yang sedang terjadi di sana melalui berita internasional.

 

Apabila kamu ingin menikmati semua benefit dari menguasai bahasa Inggris yang dijelaskan di atas, doronglah diri kamu untuk mempelajari bahasa Inggris mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar, karena Wall Street English selalu terbuka untuk kalian yang ingin belajar bahasa Inggris.

Yuk daftar sekarang dan bergabung dengan member Wall Street English! Kamu bisa menemukan teman-teman baru untuk berdiskusi dan belajar bersama. Apalagi dengan dibimbing oleh Native English Trainer, kamu akan terbiasa mendengar bahasa Inggris dari native speaker. Sehingga proses belajar kamu bisa makin cepat dan mudah.

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP