Home English Tips   6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mempelajari Bahasa Inggris

6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mempelajari Bahasa Inggris

Okt 30, 2017

Oke, setelah membaca artikel sebelumnya mengenai pentingnya kemampuan bahasa Inggris sebagai bekal di masa depan. (9 Alasan Untukmu Mulai Mempelajari Bahasa Inggris) Sekarang tekad Anda sudah bulat untuk mulai mempelajari bahasa Inggris dengan sekian banyak manfaat yang Anda bisa dapatkan jika sudah menguasainya. Lalu, masih adakah hal yang peru diketahui sebelum memulai pembelajaran Anda? Berikut ini adalah 6 hal yang perlu Anda ketahui sebelum mulai belajar bahasa Inggris!

Seputar mengenai bahasa Inggris:

 

1) Apa keutamaan dari bahasa Inggris?

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang telah lama ada, dan telah dipengaruhi oleh banyak bahasa, dibuktikan dengan banyaknya kosakata bahasa Inggris yang merupakan kata serapan dari bahasa asing lainnya. Oleh karena itu, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling diterima oleh masyarakat di seluruh penjuru dunia. Kesederhanaan susunan kalimat, dan kosakata yang mudah diingat membuat salah satu daya tarik bahasa Inggris. Bahasa Inggris memberikan Anda banyak pilihan untuk dapat mengekspresikan sesuatu, melalui banyak cara dengan menggunakan bahasa yang kaya dan diterima secara global.

2) Apakah bahasa Inggris mudah dipelajari?

Sebetulnya, bahasa Inggris itu mudah dipelajari, apalagi pada bagian dasar yang biasanya sudah dipelajari di sekolah. Semakin tinggi tingkat kesulitan bahasa Inggris yang dipelajari, maka semakin fasih seseorang dalam memahami dan menggunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Untuk mencapai yang disebut dengan ‘fluency’ memang bukan hal yang mudah. Tetapi sesuatu yang sulit bisa Anda lewati jika Anda mau berkomitmen, keberhasilan Anda ada di tangan Anda sendiri. Hal yang paling penting dalam mempelajari bahasa Inggris adalah bagaimana Anda selalu melibatkan diri dalam segala sesuatu yang berhubungan dengan hal tersebut, sehingga lama kelamaan hal itu akan menjadi bagian dari gaya hidup Anda.

Seputar mengenai Anda:

 

3) Tetapkan tujuan Anda.

Hal apa yang menjadi motivasi bagi Anda untuk mempelajari bahasa Inggris? Tetapkan hal tersebut sebagai tujuan Anda belajar agar Anda fokus untuk sampai ke garis finish. Tetapkan dalam pikiran Anda, ketika Anda merasa patah semangat atau tidak merasakan perkembangan yang bermakna. Tujuan Anda merupakan hal yang tidak bisa diraih secara instan. Terus berlatih dan ingatlah bahwa segala sesuatu yang Anda lakukan bukanlah hanya sekedar membuang-buang waktu, melainkan sebuah perjalanan menuju masa depan.

4) Merasa percaya diri

Jangan merasa sedih dan berkecil hati jika Anda merasa tidak sebaik yang Anda pikirkan. Berpikir positif dan ubah segala pikiran negative seperti (Saya tidak mengerti apa yang kamu katakana) menjadi (Bisakah kamu berbicara lebih pelan? Saya masih belajar). Anda yang percaya diri akan lebih mudah berinteraksi dengan orang lain dan tidak takut dalam melakukan kesalahan.

Seputar mengenai proses belajar:

 

5) Kelilingi diri Anda dengan bahasa Inggris

Kemampuan otak manusia dalam mencerna kemampuan bahasa tidak memiliki batas. Tetapi untuk memaksimalkan proses pembelajaran suatu bahasa, kita harus membuat diri kita terlibat dalam banyak aktivitas yang berhubungan dengan bahasa tersebut. Bagaimana caranya? Ada banyak cara yang Anda bisa lakukan seperti:

  • Mendengarkan musik, menonton film, mendengarkan lagu di radio, menonton drama, mengikuti konferensi dan seminar, dan aktivitas lainnya yang menggunakan bahasa Inggris.
  • Latihan berbicara tanpa takut berbuat kesalahan: rekam suara Anda menggunakan ponsel lalu dengarkan kembali, mulailah berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris kepada rekan Anda, kegiatan tersebut bisa dilakukan baik Anda sedang bermain, bekerja maupun di saat makan siang.
  • Membaca buku, majalah, laporan dalam bahasa Inggris.
  • Mengubah bahasa dalam ponsel, laptop, dan gadget lainnya menjadi bahasa Inggris.
  • Menulis status di media sosial, menulis komentar, menulis caption dalam bahasa Inggris.

 

6) Temukan caramu sendiri dan buatlah menyenangkan!

Lakukan semua hal favoritmu dengan bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris merupakan sebuah perjalanan yang panjang dan dipenuhi dengan banyak rintangan. Anda mampu mencapai tujuan Anda jika tidak melakukan semuanya sendiri, temukan tempat dan teman yang dapat selalu mendukung dan membantu disaat Anda mengalami kesulitan. Jauhi pikiran negatif dan teruslah gunakan bahasa Inggris dalam semua kegiatan sehari-harimu. Jangan ragu dan raih masa depanmu!

Summary
Article Name
6 Hal Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mempelajari Bahasa Inggris
Description
Baca ini dulu sebelum kamu mempelajari bahasa Inggris
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

OK Boomer, Baby Boomer: Pengertian dan Kenapa Bisa Viral?

Dec 3, 2020

Setiap generasi pastinya memiliki sebutannya masing-masing, seperti: Millenials, Gen X, Gen Z, dan juga Baby…

Apa Itu TOEFL? Cara Belajar, dan Contoh Soal Latihan Tesnya

Dec 2, 2020

Apakah kamu sedang dalam persiapan tes TOEFL? Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya demi mendapatkan nilai…

Bahasa Inggrisnya “Senang”, Contoh dan Cara Penggunaannya

Dec 1, 2020

Happy merupakan bahasa Inggrisnya “senang” yang sering kita dengar. Penggunaan happy selalu berulang-ulang sampai kadang…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami