Home Business & Career   Tips Sukses Mencari Kerja di Job Fair

Tips Sukses Mencari Kerja di Job Fair

Agu 9, 2018

Bagaimana sih cara efektif supaya mendapatkan pekerjaan melalui Job Fair?

Jobseekers terkadang hanya datang saja tanpa melakukan persiapan yang matang, sehingga proses pencarian pekerjaan pun terkesan asal-asalan. Mencari pekerjaan di Job Fair adalah salah satu cara yang paling praktis untuk mendapatkan pekerjaan. Karena di dalamnya sudah berkumpul perusahaan-perusahaan yang bukan hanya ingin meningkatkan brand awareness-nya saja, namun sekaligus melakukan proses screening untuk mendapatkan pegawai potensial untuk direkrut. Lalu, apa saja yang harus dipersiapkan? Simak beberapa tips di bawah ini!

  1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

 

Ada lebih dari ratusan perusahaan yang memanfaatkan Job Fair sebagai sarana untuk merekrut karyawan idaman mereka. Sebelum datang ke lokasi Job Fair, lakukanlah sedikit riset mengenai perusahaan apa saja yang hadir disana, dan lowongan yang mereka buka. Fokuslah pada perusahaan yang kamu tuju dan lowongan yang sesuai dsengan kriteriamu. Kamu tidak perlu melakukan riset ke smuanya, karena pada akhirnya, kamu hanya akan mengunjungi beberapa booth saja. Persiapkan juga CV dan naskah interview mu, dan sesuaikannya dengan lowongan yang kamu incar. Ingat! Yang paling penting adalah kunjungi Job Fair dengan keadaaan mental dan persiapan yang matang.

wall street english

  1. Berpakaianlah Seperti Kamu Datang ke Wawancara

 

Terkadang tanpa diduga-duga, perusahaan yang kamu incar ternyata mengadakan Walk-In Interview. Wow! Ini kesempatan emas untukmu! Oleh karena itu, jangan sesekali mencoba datang ke Job Fair hanya dengan berpakaian biasa saja. Persiapkan pakaian terbaikmu, gunakanlah sedikit make up untuk memberikan kesan, dan kamu sudah siap untuk melakukan wawancara on the spot. Perusahaan juga akan menganggap bahwa kedatanganmu diiringi dengan keseriusan untuk bergabung.

  1. Datangi Booth Perusahaan Yang Kamu Inginkan Walaupun Mereka Tidak Membuka Lowongan

Lho? Kenapa? Jawabannya adalah Job Fair merupakan kesempatan yang bagus untuk memperluas jejaring kerjamu. Tetap kunjungi perusahaan yang kamu inginkan, dan tanyalah informasi berguna seputar lowongan yang mungkin akan tersedia nantinya. Walaupun mereka tidak sedang mencari pegawai baru, sangat penting untuk membuat kesan bahwa kamu tertarik untuk posisi yang diinginkan. Jangan lupa untuk meminta nomor yang dapat dihubungi, sehingga kamu bisa mendapatkan update terbaru mengenai lowongan yang tersedia.

 

Bagaimana?

Jangan lupa tips-tips ini ya sebelum mengunjungi Job Fair!

Semoga kamu bisa mendapatkan pekerjaan idamanmu!

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami