Tips Lengkap Dalam Melamar Kerja versi Fresh Graduate!

Aug 12, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Mencari pekerjaan bukanlah suatu hal yang mudah. Apalagi, bagi seorang fresh graduate atau lulusan baru yang sebelumnya belum pernah memiliki pekerjaan. Namun, tidak perlu takut dan khawatir karena bagi seorang lulusan baru atau fresh graduate bisa mendapatkan pekerjaan, bahkan jika tidak memiliki pengalaman kerja sebelumnya. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas tips apa saja yang dapat diikuti oleh seorang fresh graduate agar bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan! Tidak terkecuali bagi yang belum memiliki pengalaman kerja! Namun, ketahui dahulu apa saja yang harus dimiliki oleh seorang fresh graduate untuk mendapatkan kerja dengan mudah!

Skill yang Harus Dimiliki Fresh Graduate

Kepemimpinan

Kemampuan pertama yang wajib untuk dimiliki oleh seorang fresh graduate adalah memiliki sikap kepemimpinan karena sifat dalam memimpin kamu akan dilihat oleh senior atau atasan di kantor agar nantinya kamu dapat naik jabatan. Kepemimpinan ini bisa kamu dapatkan dari mengikuti organisasi formal maupun non-formal. 

Manajemen Waktu

Kemampuan kedua yang juga wajib dimiliki oleh seorang fresh graduate adalah kemampuan untuk mengatur waktu (manajemen waktu) dengan baik. Mengapa begitu? Karena di dalam dunia kerja terkadang kamu akan diberikan tugas pekerjaan secara mendadak dan harus diselesaikan dalam waktu yang singkat. Jika kamu bisa dalam mengatur waktu dengan baik, kamu dapat dilihat sebagai seorang karyawan yang profesional serta cekatan dalam melakukan tugas dengan baik. 

Mampu Berbahasa Inggris

Di jaman sekarang, perusahaan lebih mencari calon karyawan yang mampu berbahasa Inggris dengan baik, dari segi komunikasi maupun segi penulisan. Hal ini berguna untuk membantu perusahaan melakukan komunikasi dengan klien internasional serta tidak menutup kemungkinan juga perusahaan mengadakan event seperti workshop, seminar yang menggunakan bahasa Inggris. 

Jika kamu belum menguasai bahasa Inggris, alangkah baiknya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Daftarkan diri bersama dengan komunitas bahasa Inggris terbaik se-Indonesia, Wall Street English yang dimana kamu bisa berinteraksi dengan sesama fresh graduate untuk melatih kemampuan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris! 

5 Tips Melamar  Kerja bagi seorang Fresh Graduate

Lamar dari Awal

Hal pertama yang dapat dilakukan untuk mendapatkan pekerjaan adalah melamar pekerjaan dari awal. Disarankan untuk mencari pekerjaan ketika kamu sudah mendekati semester akhir seperti semester 6 hingga 8. Memang, akhir semester adalah waktu dimana semua mahasiswa sangat sibuk dalam menjalani tugas akhir atau skripsi. 

Hal ini disarankan untuk dilakukan karena proses screening di perusahaan membutuhkan waktu yang cukup lama. Jika kamu melamar di awal, kamu bisa direkrut tidak lama setelah kamu lulus sehingga kamu tidak perlu menganggur lagi ketika sudah selesai wisuda. 

Persiapkan Dokumen dengan Baik

Mulai dari CV atau Resume hingga Portofolio kamu harus persiapkan dengan sangat lengkap dan matang. Jika belum memiliki pengalaman bekerja, lampirkan project yang sudah kamu buat semasa kuliah, kemudian pengalaman organisasi baik secara formal atau non-formal, hingga kemampuan teknis atau hard skills yang kamu miliki sesuai dengan kompetensi pekerjaan yang kamu lamar. 

Pakai Jaringan atau Networking

Hal penting yang selalu disebutkan jika ingin sukses adalah Networking. Tahap pertama untuk mencari pekerjaan bagi seorang fresh graduate, kamu dapat menggunakan jaringan kamu untuk bertanya kepada orang-orang yang sudah berpengalaman bekerja di bidang yang kamu lamar. Seperti apa pekerjaannya, tugas-tugas yang harus dikerjakan, bagaimana dengan lingkungan kerjanya, gajinya dan lainnya yang masih berhubungan. 

Riset Perusahaan dan Pekerjaan yang Diminati

Sebelum melamar, ada baiknya kamu melakukan riset terhadap perusahaan tempat kamu melamar. Hal-hal yang dapat diperhatikan seperti perusahaannya bergerak di bidang apa, bagaimana dengan struktur perusahaanya, lingkungan kerja yang dimiliki, kemudian jangan lupa juga untuk melakukan riset terhadap bidang pekerjaan yang lamar agar kamu bisa mengetahui terlebih dahulu garis besarnya terhadap pekerjaan apa yang nantinya akan dikerjakan. 

Latihan Wawancara!

Tips terakhir, yang terkadang diremehkan oleh orang yang baru ingin melamar pekerjaan adalah kurangnya berlatih berbicara saat melakukan wawancara. Bukan artian bahwa kamu harus menjawab setiap pertanyaan yang kemungkinan akan dilontarkan oleh HRD, namun kamu harus mempraktekkannya. Melakukan kegiatan ini dapat meningkatkan kepercayaan diri kamu, serta kamu juga dapat memperbaiki dari segi mana kekurangan pada saat melatih wawancara. 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP