Tinggal Di Luar Negeri Sangat Mudah,Ikuti Cara-cara Ini!

Apr 13, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Tinggal di luar negeri sudah menjadi impian bagi banyak masyarakat Indonesia. Baik untuk menjalani kehidupan karir, pendidikan, hingga menikmati kualitas hidup yang lebih baik. Namun, untuk tinggal di luar negeri tidaklah mudah. Terdapat banyak sekali persyaratan yang harus dipenuhi, salah satunya adalah kelengkapan dokumen seperti paspor, visa kerja atau visa pelajar, kemudian kamu harus mempertimbangkan biaya hidup di negara tujuan kamu dan lainnya. 

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara agar bisa tinggal di luar negeri. Namun sebelumnya, terlebih dahulu kamu harus mengetahui kelebihan serta kekurangan tinggal di luar negeri! 

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Luar Negeri

Banyak sekali kelebihan yang bisa kamu dapatkan pada saat kamu tinggal di luar negeri mulai dari : 

  • Dapat belajar hidup lebih mandiri
  • Mampu meningkatkan kemampuan berkomunikasi
  • Banyak tempat wisata yang dapat dieksplorasi
  • Kualitas pendidikan yang tinggi
  • Gaji yang tinggi

Setelah membahas kelebihan, kita harus membahas kekurangannya juga! Mulai dari : 

  • Tingkat rasisme yang cukup tinggi di beberapa negara
  • Akomodasi yang mahal / biaya hidup yang tidak murah
  • Jarang berkumpul bersama keluarga dan teman-teman negara asal
  • Harus beradaptasi terhadap lingkungan yang berbeda

Di negara manapun, tentu ada kelebihan dan kekurangannya. Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal agar kamu dapat tinggal di luar negeri dengan mudah. 

Cara Tinggal di Luar Negeri dengan Mudah

Persiapkan Paspor dan Visa

Paspor dan Visa merupakan dokumen yang sangat penting yang harus kamu persiapkan saat ingin tinggal di luar negeri. Paspor berfungsi sebagai tanda pengenal atau identitas kamu sebagai warga negara asal di luar negeri. Sedangkan, visa merupakan dokumen resmi yang menandakan bahwa kamu sudah mendapatkan izin untuk masuk ke negara tujuan. Bagi kamu yang ingin menetap dan melakukan studi di luar negeri dapat membuat visa pelajar. Pastikan juga visa masih berlaku dan sesuai dengan negara tujuan anda. 

Pertimbangkan Biaya Hidup

Biaya hidup di luar negeri tidaklah murah. Sebelum tinggal di negara tujuan kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan pokok, transportasi, akomodasi, dan lainnya. Kamu juga harus belajar cara mengatur uang dengan baik dengan lebih mengutamakan kebutuhan sehari-hari dibanding keinginan pribadi agar uang yang kamu miliki tidaklah cepat habis. 

Pelajari Bahasa Negara Tujuan

Tentu saja jika kamu ingin tinggal di negara tujuan kamu harus menguasai bahasa negara tujuan. Hal ini wajib dilakukan agar kamu dapat berkomunikasi dengan masyarakat lokal sehari-hari. Jangan lupa juga kamu harus mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa utama jika kamu masih kesulitan dalam menguasai bahasa negara tujuan. 

Pelajari Budaya di Negara Tujuan

Agar tidak kaget pada saat tiba di negara tujuan terhadap budaya atau kebiasaan, alangkah baiknya kamu melakukan riset terhadap budaya di negara tersebut. Mulai dari kebiasaan menyantap makanan, kebiasaan berkendara, hingga aturan-aturan yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan sebagai warga negara negara tersebut. 

Nah, itulah beberapa poin singkat yang dapat kamu perhatikan jika kamu ingin tinggal tetap di luar negeri. Namun, kamu harus ingat pada saat pembuatan visa diperlukan wawancara dengan menggunakan bahasa Inggris dan kamu juga harus meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu dengan baik. 

Tidak perlu khawatir, karena kamu dapat langsung mendaftarkan diri di Wall Street untuk mengikuti kursus bahasa Inggris yang sudah memiliki standar internasional! Selain itu, kamu juga dapat mengikuti berbagai kegiatan yang bermanfaat dalam membantu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu seperti Native Trainers dari negara US, UK, Canada, New Zealand hingga Australia lalu kegiatan seperti Social Club untuk berbicara menggunakan Bahasa Inggris bersama dengan teman-teman sekelas dan guru. 

Yuk, daftarkan dirimu sekarang di Wall Street dan raih impianmu untuk tinggal di luar negeri!

More News

May 19, 2022
English Tips, Skill

Elevate Your Business Writing Skills

May 14, 2022
Business & Career, English Tips

Manfaat Belajar Bahasa Inggris di Era Globalisasi

May 13, 2022
English Tips

Sastra Inggris, Jurusan Perkuliahan Khusus Bahasa Inggris!

May 12, 2022
English Tips

Prospek Kerja Sastra Inggris, Ada Gaji yang Sangat Tinggi!

May 11, 2022
English Tips

4 Beasiswa dari Pemerintah, Cocok untuk Kuliah di Luar Negeri

May 10, 2022
English Tips

Ini Dia, Negara Terbaik Untuk Kuliah di Luar Negeri

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP