Penting! 5 Cara Efektif Membangun Relasi Bisnis!

Aug 11, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Memiliki relasi bisnis yang luas sangat mempengaruhi jalur karir kamu di masa depan. Pasalnya, banyak sekali pengusaha-pengusaha sukses di seluruh Indonesia yang mengutamakan perkembangan relasi bisnisnya bersamaan dengan berjalannya usaha mereka masing-masing. Mengutamakan perkembangan bisnis juga wajib dilakukan, namun jangan lupa untuk meningkatkan juga relasi bisnis yang dimiliki agar bisnis dapat berkembang dengan lebih pesat. 

Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan banyak relasi bisnis tentu dengan cara yang tepat dan jitu dan cara-cara ini dapat diikuti bagi yang baru memulai usaha, mulai bekerja sebagai karyawan hingga bagi yang sudah memiliki usaha. 

Cara Efektif untuk Membangun Relasi Bisnis

Tentukan Tujuan

Hal pertama yang wajib dan patut untuk dilakukan adalah menentukan tujuan dalam mengembangkan relasi bisnis. Merancang sebuah tujuan merupakan kunci utama dalam memelihara hubungan bisnis yang sesuai. Sebelum bertemu dengan relasi bisnis, cari tahu dulu tujuanmu dalam membangun relasi bisnis itu apa? Apakah hanya sekadar bertemu? Apakah lewat pertemuan ini bisa mengembangkan bisnis kamu? 

Memberanikan Diri Bertemu dengan Orang Baru

Kunci lainnya dalam membangun relasi bisnis adalah memberanikan diri bertemu dengan orang baru. Jangan melihat diri kamu memiliki kepribadian ekstrovert atau introvert karena kesuksesanmu di dunia karir akan sangat bergantung pada kunci ini. Bisnis tidak akan bisa berkembang, jika kamu tidak memiliki keberanian diri untuk bertemu dengan orang baru yang memiliki potensi meningkatkan koneksi kamu maka bisnis kamu akan sangat sulit untuk berkembang. 

Mengikuti Workshop, atau Seminar

Agar dapat meraih lebih banyak koneksi atau jaringan lebih luas, kamu dapat mengikuti workshop atau seminar yang berhubungan dengan pengembangan bisnis. Disini, tidak hanya kamu dapat bertemu dengan para pebisnis lainnya dari level yang kecil hingga level yang sudah sangat tinggi dengan omset milyaran per bulannya. Tidak hanya kamu dapat mendapatkan relasi bisnis di jumlah banyak, namun kamu juga pasti mendapatkan ilmu-ilmu terbaik bagaimana cara mengembangkan bisnis, cara menaikkan omset, dan lainnya. 

Dekatkan diri dengan Senior atau Atasan

Tidak perlu malu untuk mendekatkan diri kamu dengan senior atau atasan di kantor. Bukan untuk “mencari muka”, namun untuk lebih mencari pengalaman, mencari ide bisnis bersama-sama, menyelesaikan permasalahan bersama di kantor hingga mendapatkan relasi bisnis untuk kedepannya jika kamu sudah keluar dari perusahaan kamu. Memulai mendekatkan diri dengan senior atau atasan bukan berarti secara intim atau pribadi namun lebih ke mitra bisnis profesional. 

Tingkatkan Kualitas Pembicaraan

Kualitas dari pembicaraan dapat dimulai dari hal-hal yang kecil. Hal ini dilakukan agar calon mitra bisnis atau relasi bisnis kamu akan percaya dengan dirimu dalam serius untuk menjalin kerjasama. Mulai dari memperkenalkan diri kamu, kemudian melakukan pembicaraan ringan dan santai kemudian mendengarkan calon mitra bisnis pada saat berbicara, hindari melakukan hal-hal seperti bermain hp dan sebagainya yang dianggap tidak sopan. 

Manfaatkan Selalu Sosial Media & Teknologi!

Cara efektif lainnya yang dapat dilakukan untuk mendapatkan relasi bisnis adalah memanfaatkan sosial media dan teknologi yang ada. Di jaman sekarang yang sudah maju ini, sudah semestinya kita memanfaatkan sosial media untuk mencari koneksi lebih luas. Kamu dapat menggunakan media sosial seperti LinkedIn yang merupakan sosial media khusus untuk pengusaha, pencari kerja dan lainnya. 

Terakhir, Jaga Hubungan dengan Relasi Kamu!

Menjaga hubungan yang baik dengan relasi kamu merupakan sesuatu yang tidak mudah untuk dilakukan. Contohnya seperti tetap menjaga tutur bahasa yang digunakan saat berkomunikasi, jangan sombong terhadap pencapaian yang kamu miliki, dan tetaplah rendah hati saat menjalin hubungan dengan mitra bisnis. 

Itulah dia beberapa cara terbaik yang dapat dilakukan dalam mendapatkan banyak relasi bisnis. Satu cara lagi yang dapat kamu lakukan adalah gunakan bahasa Inggris dalam berkomunikasi. Hal ini dilakukan bukan untuk pamer kemampuan, namun untuk menampilkan rasa profesionalitas dalam bekerja apalagi jika kamu menemukan koneksi di luar negeri. 

Menguasai bahasa Inggris kini adalah hal yang wajib untuk dilakukan, dan kamu akan kesulitan dalam mencari relasi bisnis jika tidak menguasai bahasa ini. Nah, kamu dapat menggunakan sarana komunitas bahasa Inggris terbaik di Indonesia yaitu Wall Street English untuk menguasai kemampuan bahasa Inggris dengan baik! Ikuti program Profesional Skills untuk belajar bahasa Inggris dari segi bisnis! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP