Magang, Kegiatan Wajib Bagi Mahasiswa untuk Pengalaman Kerja

Jul 13, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Selama menjalani perkuliahan, setiap kampus menawarkan program untuk memulai pengalaman kerja pertama agar dapat merasakan bagaimana bekerja untuk pertama kalinya. Tidak sedikit pula kampus dengan syarat kelulusan yang mewajibkan untuk magang. 

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas apa itu magang, tujuan serta manfaat magang yang dapat kamu nikmati. 

Apa itu Magang? 

Magang atau internship merupakan proses untuk menerapkan pengetahuan, kompetensi dari dunia pendidikan ke dunia kerja dimana calon pemagang bisa memahami sistem dunia kerja yang profesional. Magang diadakan dari perusahaan atau dari universitas yang bekerja sama dengan perusahaan. 

Saat ini, banyak sekali program magang mahasiswa bersertifikat contohnya seperti Kampus Merdeka dari Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini bertujuan untuk memberikan peluang yang sangat luas kepada mahasiswa untuk mempersiapkan dirinya memasuki dunia pekerjaan. 

Ketika kamu menjalani magang, kamu akan menikmati banyak sekali manfaat serta tujuannya yang baik untuk masa depan karir kamu.

Manfaat dan Tujuan Magang

Tujuan utama dari proses magang yaitu untuk mempersiapkan para mahasiswa/pelajar untuk masuk ke dunia kerja yang profesional serta mampu memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan. 

Banyak sekali manfaat dari magang yang bisa kamu nikmati, seperti : 

Memperluas Relasi

Memiliki jaringan atau relasi mempunyai peran penting di dalam dunia pekerjaan. Ketika kamu sudah menjalani program internship, kamu akan bertemu banyak sekali orang baru dengan berbagai latar belakang yang berbeda. Nah, kamu dapat mempererat hubungan secara profesional dalam dunia pekerjaan. 

Menambah Ilmu, dan Memperluas Wawasan

Lewat program magang, kamu bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih luas lagi yang mungkin tidak kamu dapatkan di sekolah atau kuliah. Selain itu, magang juga merupakan pintu dimana kamu dapat mengenal dunia pekerjaan yang sesungguhnya. Kamu akan mulai terbiasa untuk mengerjakan tugas-tugas spesifik yang diberikan sesuai dengan deskripsi pekerjaan kamu atau diikutsertakan dalam suatu proyek. 

Membuka Peluang Kerja Lebih Luas

Selama menjalani proses magang, jika kamu berhasil memberikan kontribusi terbaik dari segi pekerjaan secara profesional dan memiliki kepribadian yang bagus kamu akan memiliki peluang untuk diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan tempat kamu menjalani magang. 

Meningkatkan Kualitas Diri

Salah satu peningkatan diri yang dapat kamu nikmati adalah kemampuan berkomunikasi. Di dalam dunia pekerjaan, kamu harus mampu berkomunikasi dengan teman kerja lainnya. Tentu, hal ini akan berdampak sangat positif bagi aspek kehidupan kamu lainnya dan perusahaan akan melihat hal ini sebagai nilai plus kamu. 

Menambah Pengalaman Kerja di Resume

CV atau Resume sangat berguna dan memiliki peranan penting dalam dunia pekerjaan. Pengalaman magang mu dapat kamu masukkan ke dalam CV atau Resume. Hal ini wajib dilakukan untuk menjadi acuan penilaian bagi HRD yang mewawancarai kamu saat ingin melamar kerja. Apalagi, jika kamu memiliki kontribusi yang besar bagi perusahaan hal tersebut akan menjadi nilai plus juga untuk kamu bisa masuk ke perusahaan yang besar. 

Itulah arti dari magang, tujuan utama dan manfaat yang dapat kamu nikmati ketika menjalani magang. Namun, di saat ini dengan begitu banyak perusahaan yang membutuhkan magang serta mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris. Memiliki kemampuan bahasa Inggris adalah hal yang paling penting dan wajib dimiliki sekarang ini. 

Jika kamu tidak dapat berbahasa Inggris dari masa magang, tentu akan menjadi hal yang sangat sulit kedepannya untuk memiliki pekerjaan. Maka dari itu, yuk belajar bahasa Inggris dari sekarang agar kamu dapat memiliki karir yang lebih tinggi lagi. Bagi kamu yang ingin belajar bahasa Inggris, kamu dapat mengunjungi Wall Street English untuk belajar bahasa Inggris dengan lebih lengkap. 

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP