Langkah yang Tepat untuk Membuat Presentasi Bisnis yang Baik

Jun 21, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Di dalam dunia kerja, kamu tidak akan luput dari yang namanya presentasi. Presentasi di dunia bisnis berguna untuk banyak hal seperti membuat laporan penjualan bulanan atau tahunan, kemudian untuk rencana bisnis yang baru, dan kebutuhan pekerjaan lainnya. Terkadang, kita sering merasa kesulitan jika harus disuruh untuk melakukan presentasi. Tidak hanya akan ada tekanan karena pasti akan dihadiri oleh atasan dan juga materi yang kurang lengkap bisa membuat performa kamu menurun. 

Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa langkah yang tepat untuk membuat presentasi bisnis yang baik agar presentasi kamu bisa lebih efektif dan lebih mampu dalam menyediakan informasi serta data terbaik bagi perkembangan dunia pekerjaan. Sebagai informasi tambahan yuk kita ketahui terlebih dahulu apa saja isi di dalam presentasi bisnis. 

Apa saja isi dalam presentasi Bisnis? 

Terdapat beberapa hal penting yang harus dimasukkan di dalam presentasi bisnis. Ingat! Materi ini wajib ada agar presentasi bisnis kamu bisa berhasil! 

Latar Belakang 

Point utama ini merupakan permasalahan yang terjadi dibalik presentasi bisnis atau pekerjaan yang ada

Alasan Bisnis 

Point ini menjelaskan mengapa bisnis atau pekerjaan yang dipresentasikan merupakan solusi untuk permasalahan yang ada

Nilai Tambah

Point ini mencakup value atau nilai yang membuat bisnis kamu berbeda dengan yang lainnya

Bisnis Model

Point ini mencakup bagaimana caranya bisnis kamu dapat menghasilan uang

Target Market

Siapa yang akan menjadi “target” utama untuk proses penjualan produk/jasa. Contohnya seperti pekerja kantoran, mahasiswa dll. 

Perhitungan Keuangan

Point ini mencakup keuntungan yang didapatkan dari bisnis yang sudah dijalankan. 

Kebutuhan Perusahaan 

Point ini mencakup penjelasan mengenai kebutuhan perusahaan di masa sekarang. 

Setelah presentasi bisnis yang kamu buat sudah memiliki isian dari point-point di atas sekarang alangkah baiknya kamu mengetahui langkah-langkah cara untuk membuat presentasi bisnis yang baik. 

Apa saja yang harus dipersiapkan saat presentasi Bisnis?

Riset Kompetitor

Lakukan penelitian mendalam terhadap kompetitor bisnis yang serupa dengan kamu. Maka dari itu, kamu bisa mendapatkan fakta hingga data statistik yang dibutuhkan pada saat melakukan presentasi.

Perkuat Jaringan atau Networking 

Jika kamu memiliki network yang kuat, maka kamu tidak perlu khawatir terhadap perkembangan bisnis kamu. Memiliki network yang luas berkesempatan untuk kamu menemukan investor bagi bisnis kamu. Nah, saat presentasi kamu dapat menampilkan jaringan kamu yang sudah menggunakan produk / jasa dari bisnis kamu. 

Tampilkan Presentasi yang Informatif dan Menarik

Investor akan lebih memikat perhatian terhadap bisnis yang memiliki presentasi yang menarik baik secara visual, ataupun secara informatif. Semakin detail data yang kamu tampilkan maka akan semakin meningkat keberhasilan kamu dalam mempresentasikan ide bisnis kamu. 

Kuasai Presentasi dengan Baik

Sebelum memulai presentasi, alangkah baiknya kamu melatih cara kamu berpresentasi atau berbicara di depan publik. Hal ini juga akan dinilai oleh investor atau atasan kamu saat melakukan presentasi bisnis. Semakin percaya diri kamu, maka akan semakin berhasil pula presentasi bisnis kamu. Kuasai juga materi yang sudah disiapkan dengan matang. 

Siap Fisik dan Mental

Hal ini juga merupakan yang sangat penting di dalam mempresentasikan bisnis kamu. Mengapa? Bayangkan saja jika kamu memiliki masalah fisik seperti kesehatan yang terganggu atau masalah mental seperti “demam panggung” atau panik karena pikiran yang terlalu tertekan. Kamu harus siap secara kesehatan dan sebelum presentasi untuk menjaga kesehatan mental alangkah baiknya kamu menenangkan pikiran agar kamu dapat fokus memberikan yang terbaik. 

Satu lagi point tambahan yang bisa membuat kamu berhasil dalam presentasi. Kuasai bahasa Inggris dengan baik karena bahasa Inggris merupakan bahasa yang kini sering digunakan di perusahaan atau saat ingin melakukan pitching ide bisnis. 

Kamu dapat mendaftarkan diri di Wall Street English untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari segi bisnis dan profesional kamu! 

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP