Kelebihan dan Kekurangan Bekerja di Startup yang Harus Diketahui!

Jul 27, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Bekerja di perusahaan dalam bentuk Startup sudah menjadi incaran para fresh graduate, baik dari generasi milenial maupun Gen Z. Mengapa begitu? Karena perusahaan startup dikaitkan dengan lingkungan kerja yang menyenangkan, tidak kaku, kemudian gaji yang cukup tinggi hingga fasilitas yang diberikan juga dapat membantu kinerja yang lebih produktif. 

Namun, tidak selalu apa yang diharapkan. Sama seperti perusahaan korporat atau lainnya, startup memiliki kelebihan serta kekurangannya yang harus diperhatikan. Di dalam artikel kali ini, kita akan membahas keuntungan dan kekurangan bekerja di startup! 

Keuntungan Bekerja di Startup

Banyak sekali hal-hal positif yang bisa kamu dapatkan ketika kamu bekerja di perusahaan startup : 

Lingkungan Kerja

Keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat bekerja di startup adalah lingkungan kerja. Berbeda dengan sistem kerja korporat, startup lebih mengusung sistem kerja yang nyaman sehingga mampu meningkatkan produktivitas contohnya kamu tidak harus selalu bekerja di meja kantor, kemudian pakaian yang digunakan lebih santai dan bebas asalkan rapi dan sopan hingga suasana kerja yang santai tidak terlalu tegang diisi dengan rekan kerja yang memiliki umur tidak jauh berbeda sehingga komunikasi lebih santai. 

Fleksibel

Bekerja di startup memiliki waktu yang sangat fleksibel. Tidak harus mengikuti jam kerja asalkan kamu dapat menyelesaikan tugas-tugas di hari tersebut dengan baik. Selain itu, kamu juga dapat bekerja tidak hanya di kantor, kamu bisa bekerja di kafe atau coworking space. 

Mendapatkan Koneksi Lebih Luas

Sama seperti bekerja di perusahaan lainnya dan bisnis pada umumnya, bekerja di perusahaan startup bisa mendapatkan koneksi yang lebih luas. Manfaat mendapatkan koneksi, kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan prospek bisnis yang lebih luas atau kesempatan kerja yang lebih tinggi. 

Belajar Banyak Pengetahuan Baru

Bagi kamu yang sangat suka hal baru, atau tantangan baru perusahaan startup merupakan tempat yang pas! Tidak hanya satu pekerjaan saja yang akan kamu kerjakan, namun pekerjaan-pekerjaan lainnya yang mungkin diluar bidang kamu. Dengan begitu, kamu dapat mempelajari berbagai pengetahuan baru yang sebelumnya tidak kamu dapatkan di bangku kuliah. 

Kontribusi Kamu akan Sangat Dihargai

Karyawan yang bekerja di startup yang memberikan kontribusi, pasti akan diberikan apresiasi oleh perusahaannya. Hal ini dikarenakan startup memiliki budaya untuk membantu satu sama lainnya, ditambah dengan tim yang tidak terlalu besar sehingga pekerjaan apapun dampaknya akan sangat terasa bagi perusahaan. 

Kekurangan Bekerja di Startup

Dimana ada kelebihan, pasti ada kekurangan baik itu perusahaan konvensional maupun startup. Berikut ini merupakan beberapa kekurangan saat bekerja di perusahaan startup. 

Dituntut untuk Multitasking

Tidak hanya harus bekerja terhadap satu tugas saja, namun kamu dituntut untuk bekerja tugas-tugas lainnya di waktu yang bersamaan. Kamu harus mampu melakukan Multitasking. Jika tidak mampu, kamu tidak akan mampu bertahan bekerja di Startup. Bahkan, hal ini dapat berdampak ke kehidupan pribadi kamu karena dapat memakan waktu istirahat dan hal pribadi lainnya. 

Masih Belum Stabil

Dari segi finansial, startup cenderung masih belum stabil karena masih mencari investor dengan cara pitching business. Hal ini dilakukan agar bisa mendapatkan investor. Namun, di awal terbentuknya suatu perusahaan startup kamu tidak akan mendapatkan gaji yang tinggi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bahwa startup bisa gagal dalam 3 tahun pertama berdiri. 

Harus Mampu Beradaptasi

Startup selalu memiliki perubahan baik dari struktur perusahaan maupun bisnis model. Hal ini akan berdampak kepada setiap karyawan. Sebagai seorang karyawan startup, kamu harus mampu beradaptasi agar kamu tidak kaget terhadap perubahan yang terjadi di startup. Bagi kamu yang sulit beradaptasi terhadap perubahan, akan sulit untuk berkembang di startup. 

Karier Belum Tentu Aman

Bagi kamu yang merasa bahwa bekerja di startup adalah sesuatu hal yang aman bagi karier, hal ini tidaklah pasti. Banyak startup yang gagal dalam jangka waktu yang cepat. Untuk bekerja, kamu tidak harus menjadikan startup sebagai pilihan karier utama. Kamu dapat menjadikan startup sebagai pilihan kedua, pilihan pertama kamu dapat melamar bekerja di perusahaan konvensional (korporat) dengan struktur pekerjaan yang lebih jelas serta gaji yang lebih stabil. 

Itulah beberapa keuntungan dan kekurangan bekerja di perusahaan startup. Bekerja di startup juga dituntut untuk bisa menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi karena tidak menutup kemungkinan bahwa klien dan investor datang dari luar negeri. Bagi kamu yang masih belum mampu berbahasa Inggris, akan sangat sulit untuk berkembang di perusahaan startup. Maka dari itu, kembangkanlah kemampuan berbahasa Inggris kamu bersama dengan Wall Street English! 

WSE merupakan suatu komunitas bahasa Inggris yang dapat membantu kamu mengembangkan kemampuan bahasa Inggris dari segi profesional! Yuk, daftar sekarang di Wall Street English! 

More News

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Solo Travelling!

Nov 30, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Wisata Budaya Terbaik di Dunia

Nov 25, 2022
Lifestyle

5 Negara dengan Pemandangan Alam Terindah!

Nov 24, 2022
Lifestyle

5 Tempat Wisata di Vietnam, Memiliki Keindahan Alam yang Eksotis!

Nov 23, 2022
Lifestyle

10 Tempat Wisata Paling Terkenal di Korea!

Nov 18, 2022
Lifestyle

Tips Hemat Liburan ke Jepang bagi Pemula

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP