Cara Ampuh Meyakinkan Investor untuk Bekerja Sama!

Aug 10, 2022
Share on facebook
Share on twitter

Membangun suatu bisnis atau usaha membutuhkan keseriusan, mulai dari tahap perencanaan hingga proses pendanaan. Di awal membangun bisnis atau usaha dana yang dimiliki tentu sangat terbatas dan karena hal ini banyak sekali usaha atau bisnis yang melakukan pinjaman modal dari usaha layanan P2P atau peer-to-peer lending. Namun, hal tersebut dapat digantikan dengan melakukan kerjasama dengan investor dengan menyuntikkan dana sesuai dengan kebutuhan dan kemudian nantinya dapat melakukan bagi hasil sesuai dengan kesepakatan. 

Namun, untuk meyakinkan serta melakukan kerjasama dengan investor tidaklah semudah yang dibayangkan. Terdapat beberapa cara ampuh yang diyakini dapat membantu pengusaha atau businessman dalam meraih investor. Berikut ini adalah cara yang tepat dan ampuh! 

Cara Menarik Investor untuk Bekerja Sama, Tepat dan Efektif! 

Siapkan Presentasi yang Menarik dan Meyakinkan

Tidak langsung kamu akan menawarkan bisnis kamu dalam bentuk produk atau jasa kepada investor saat pertama kali bertemu, namun kamu harus menyediakan presentasi bisnis yang menarik dan meyakinkan. Isi dari presentasi tersebut yaitu : 

  • Inti ide dan latar belakang usaha
  • Penyampaian masalah dari usaha, seperti masalah yang diatasi oleh usaha kamu, kemudian berikan contohnya
  • Pengenalan produk
  • Strategi pemasaran
  • Tim yang dimiliki
  • Proyeksi Keuangan seperti pengeluaran dan pendapatan yang realistis

Prototipe Produk yang Menarik

Persiapkan produk prototipe yang menarik, mulai dari segi bentuk hingga bagaimana cara kamu mempresentasikan produk tersebut. Jelaskan produk tersebut secara rinci untuk meyakinkan investor menyuntikkan dana ke usaha kamu. Prototipe dapat disediakan dalam bentuk foto, video hingga produk fisiknya jika ada yang akan lebih meyakinkan investor lagi bahwa kamu sudah siap untuk meluncurkan produk tersebut. 

Tes Produk ke Konsumen

Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah melakukan test survey ke konsumen. Kamu dapat mengunjungi kawasan publik seperti mall, food court atau tempat lainnya untuk melakukan tes produk ke masyarakat luas. Ambil beberapa sample seperti 100 hingga 500 sample masyarakat, lakukan tes produk mulai dari tes kegunaan, hingga kepuasan pelanggan. Kemudian, persiapkan dalam bentuk data di dalam presentasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh produk usaha kamu. 

Siapkan Strategi Monetisasi Bisnis

Monetisasi Bisnis merupakan cara bagaimana usaha kamu dapat menghasilkan uang. Maksudnya disini adalah usaha kamu sudah laku dan sudah mendapatkan income. Jika daya tarik konsumen terhadap produk usaha atau bisnis kamu sudah bagus, strategi ini tidak perlu dilakukan. Namun, sangat patut wajib untuk melakukan monetisasi bisnis sehingga investor semakin memiliki minat untuk menyuntikkan dana di usaha atau bisnis kamu. Investor akan menilai bagaimana kamu dapat mengatur serta mengembangkan bisnis dengan baik sehingga dapat dengan mudah memberikan dana investasi.

Pengembangan Bisnis

Bisnis yang sudah berjalan, produk yang sudah memiliki daya tarik, sudah mendapatkan pendapatan dari bisnis, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah pengembangan bisnis. Pengembangan yang dimaksud dapat berbentuk pengembangan jumlah produk yang akan dijual, kemudian biaya operasional, karyawan dan sebagainya. Buat alasan yang persuasif kepada investor-investor sehingga mereka semakin tertarik untuk menaruh dana di usaha kamu. 

Pitching

Terakhir, adalah Pitching yang merupakan kegiatan meyakinkan investor untuk memasukkan dana ke dalam bisnis kamu. Pertama, perhatikan gaya bahasa pada saat menawarkan produk usaha atau bisnis kepada investor dengan penuh tanggung jawab dan meyakinkan mereka bahwa kamu akan mengelola bisnis dengan baik. Gunakan pula bahasa Inggris agar terlihat lebih profesional dalam berkomunikasi dengan investor. 

Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi yang sekarang ini digunakan untuk berbagai sektor, apalagi di sektor bisnis atau usaha. Kebanyakan para pengusaha menjadi sukses karena komunikasi mereka dengan menggunakan bahasa Inggris yang lancar. Maka dari itu, tingkatkan kemampuan bisnis kamu jika ingin usaha atau bisnis menjadi lebih sukses.  

Belajar bahasa Inggris bersama dengan WSE atau Wall Street English dijamin akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari segi komunikasi dan penulisan bahasa Inggris sisi bisnis profesional. Yuk, daftarkan diri sekarang di Wall Street English dan ikuti program Profesional Skills untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari segi profesional sehingga kamu bisa mendapatkan investor dalam pendanaan bisnis atau usaha kamu! 

More News

Sep 21, 2022
Business & Career

7 Tips Lengkap untuk Mencapai Karir yang Sukses!

Sep 20, 2022
Business & Career

5 Alasan Mengapa Kegagalan Karir Sering Terjadi di Perusahaan

Sep 16, 2022
Business & Career

Apa itu Pengembangan Karir? Apa Pula Manfaatnya?

Sep 15, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Luar Negeri? Ini Dia Cara Lengkap Mencari Pekerjaan di Luar Negeri!

Sep 14, 2022
Business & Career

Langkah Awal Dalam Memulai Karir bagi Fresh Graduate!

Sep 9, 2022
Business & Career

Ingin Kerja di Perusahaan Multinasional? Ini Dia Tips Lengkap untuk Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional!

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP

  • *Syarat & Ketentuan Layanan

HUBUNGI KAMI MELALUI WHATSAPP