Home Vocabulary   Arti Though (Tho): Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Arti Though (Tho): Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Feb 2, 2021

Penggunaan kata though dalam kalimat Bahasa Inggris pasti seringkali kita jumpai. Tak hanya lewat percakapan, dalam tulisan pun kata ini juga sering digunakan di akhir kalimat.

Though yang kita ketahui biasanya merupakan kata sambung atau konjungsi, namun though yang biasa disingkat menjadi “tho” ternyata bisa menjadi kata keterangan.

Lalu, bagaimana yang cara menggunakannya?

Memahami Penggunaan Though (Tho)

Though bisa digunakan sebagai konjungsi atau kata sambung dalam kalimat Bahasa Inggris.

Namun, dalam materi ini kita akan membahas though atau yang bisa disingkat menjadi tho dalam konteks adverb atau keterangan dalam kalimat Bahasa Inggris yang bersifat informal.

Though sebagai adverb (kata keterangan) maknanya mirip dengan however, despite this, atau nevertheless (namun; meskipun demikian).

Adverb ini digunakan ketika ingin menyatakan contrast (pertentangan) dengan pernyataan sebelumnya.

Though yang ditempatkan di tengah atau akhir sebuah kalimat membuat pernyataan sebelumnya menjadi less important (kurang penting).

Baca juga: Imperative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Contoh Kalimat

Sesuai dengan penjelasan di atas, though digunakan jika ingin menyatakan perbedaan statement dalam satu kalimat.

Untuk lebih jelasnya, mari lihat contoh-contohnya dalam kalimat di bawah ini:

  • His joint pain and stiffness disappeared. Not for long, though. (Rasa sakit dan kekakuan pada sendinya hilang, namun tidak lama).
  • The speaker was nervous. Only at the beginning of his presentation though. (Pembicara tersebut gugup, namun hanya dipermulaan presentasinya.).
  • He couldn’t see a path for his future career. He didn’t give up, though. (Dia tidak dapat melihat jalan untuk karir masa depannya, meskipun demikian dia tidak putus asa).
  • The married couples work at the same job in the same department. They don’t talk to each other very much while working, though. (Pasangan menikah itu berkerja pada pekerjaan yang sama di departemen yang sama. Meskipun demikian, mereka tidak bicara banyak ke satu sama lain selama bekerja).
  • Did you taste gelato when you explored Italy? No, I’d like to, though. (Apakah kamu mencoba gelato ketika kamu menjelajah Italia? Tidak, namun saya ingin).
  • I have plenty of friends. I am nobody’s best friend though. (Saya memiliki banyak teman. Saya bukan sahabat siapa-siapa meskipun demikian).

Baca juga: Bedanya Meanwhile dan While: Contoh dan Cara Penggunaan

  • Have you ever ridden a horse? No, I’d like to, though. (Apakah kamu pernah mengendarai kuda? Tidak, tapi saya ingin).
  • It was one of the most exciting trips I have ever taken. I wouldn’t recommend it for various reasons though. (Itu adalah salah satu kunjungan paling mengasyikkan yang pernah saya lakukan. Meskipun demikian saya tidak akan merekomendasikannya karena berbagai alasan.)
  • This book isn’t particularly well-written. It’s very entertaining though. (Buku ini tidak ditulis dengan sangat baik. Namun buku ini sangat mengibur).
  • No matter how bad they are, I love them though. (Tidak peduli seberapa buruk mereka, biarpun begitu aku mencintai mereka).
  • Abdul was ill. He went to the meeting though. (Abdul sakit, biarpun begitu dia datang rapat).
  • My father is old. He still has a good memory tho. (Ayahku sudah tua. Biarpun begitu beliau memiliki ingatan yang baik)
  • His grades were low. He was admitted to the university though. (Nilai-nilainya rendah. Biarpun begitu dia diterima di universitas)
  • She is tired. She will help you though. (Dia lelah. Biarpun begitu dia akan membantumu).
  • That was a good movie. I don’t like it though. (Itu film yang bagus. Biarpun begitu aku tidak menyukainya).
  • She hasn’t eaten anything for a week. She is still alive though. (Dia tidak makan selama satu minggu. Biarpun begitu dia masih hidup)

Baca juga: Alliteration: Pengertian, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaan

Itu dia penjelasan singkat mengenai penggunaan though yang bisa kamu aplikasikan dalam percakapan sehari-hari dan juga dalam bentuk tulisan.

Masih banyak hal-hal kecil dalam Bahasa Inggris yang sebenernya bisa kita ulik lebih dalam. Jika kamu penasaran, kamu bisa memperdalam ilmu bahasa Inggris kamu lewat WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang sangat mudah.

Tanpa terikat komitmen waktu dan tempat, kamu bisa belajar Bahasa Inggris hanya dengan mengakses internet saja. Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu.

Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

English Tips Feb 26, 2021

Infinitive: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Dalam mempelajari grammar, ada salah satu materi bernama infinitive yang memiliki karakterisitik unik dan bisa digunakan di berbagai kondisi. Materi ini ternyata juga banyak keluar di soal-soal tes TOEFL atau IELTS lho! Yuk, mari belajar…


English Tips Feb 23, 2021

Later dan Latter: Perbedaan, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Latter dan later merupakan kata yang sangat mirip jika diucapkan dan persamaan bunyi ini membuat banyak orang keliru saat ingin menggunakannya. Apalagi jika dalam listening, kedua kata ini sangat serupa dan membuat bingung. Padahal, dari…


Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami