Home Vocabulary   Pengetahuan dan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Traveling

Pengetahuan dan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Traveling

Agu 21, 2019

Banyak dari kita yang bepergian tiap saat, baik untuk urusan pekerjaan ataupun liburan. Dan sebagai bahasa internasional, kamu tentu akan menemukan bahasa Inggris ke mana pun kamu pergi. Coba, kosakata bahasa Inggris untuk traveling apa saja yang sudah kamu ketahui? Nah, berikut ini adalah kosakata bahasa Inggris mengenai traveling yang cocok untuk kamu yang suka bepergian.

Perbedaan Travel, Trip, dan Journey

Travel

Kita menggunakan kata travel ketika kita berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Contohnya,

  • How often do you travel for work?

Journey

Kata journey digunakan ketika kita bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Contohnya,

  • The journey from my home to work takes an hour.

Trip

Sebuah trip adalah ketika kita pergi ke suatu tempat, biasanya hanya dalam waktu singkat, lalu kemudian kembali ke tempat asal. Contohnya,

  • Ms Moreira is on a business trip. She’ll be back on Friday.

Voyage

Sebuah voyage adalah perjalanan yang panjang, umumnya menggunakan kapal atau perahu. Dalam bahasa Inggris modern, kata ini tidak terlalu sering digunakan. Contohnya,

  • The sea voyage from Europe to America in the past was long and hard.

Macam-macam Tiket

Saat kita membeli tiket untuk sebuah perjalanan, kita dapat membeli salah satu dari dua tiket berikut yaitu one-way (satu arah) atau round-trip (pergi-pulang).

Jika kamu seorang pelajar atau lansia (di atas usia 65 tahun), kamu dapat memperoleh pengurangan harga atas tiket. Artinya, kamu hanya perlu mengeluarkan sekitar 50-70% dari harga aslinya. Di beberapa negara, anak-anak dan lansia dapat bepergian dengan gratis.

Dalam beberapa perjalanan kereta dan penerbangan, kita sering mendengar orang menggunakan kata reserve a seat. Kata reserve di sini berarti kita memesan kursi di perjalanan atau penerbangan tersebut, umumnya dengan harga tambahan.

Kereta dan pesawat umumnya memiliki dua jenis kelas atau lebih – contohnya economy class (kelas ekonomi), business class (kelas bisnis), dan first class (kelas satu). Kelas ekonomi umumnya memiliki harga termurah, sementara kelas satu yang jauh lebih mahal memiliki kursi yang jauh lebih nyaman dan berbagai jenis layanan extra yang sudah dimasukkan ke dalam harga tiket.

Untuk menjelaskan bahwa semua kursi sudah penuh atau terjual, kita dapat menggunakan kosakata no seats left.  Beberapa penerbangan melakukan praktik overbooking yang artinya mereka menjual tiket lebih banyak dari yang tersedia. Jika semua penumpang yang membeli tiket ternyata tidak membatalkan pesanan mereka dan berangkat sesuai jadwal, mereka yang tidak kebagian tempat duduk akan ditawarkan bonus untuk penerbangan berikut, seperti kursi untuk kelas penerbangan yang lebih tinggi, dari kelas bisnis ke kelas satu, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa frase yang berguna untuk membeli tiket:

  • Can I have a ticket to the city center, please?
  • How much is a one-way ticket to San Francisco?
  • Can I make a seat reservation?
  • Are there any seats left on the next flight to London?

Kosakata Saat di Stasiun

Kamu dapat membeli tiket di ticket office atau ticket machine. Setelah kamu berada di kereta, kamu harus menunjukkan tiketmu kepada ticket inspector. Kamu naik atau turun dari kereta di peron atau platform, yang merupakan sebuah area dipinggir jalur rel kereta. Umumnya, sebuah stasiun memiliki dua hingga tiga platform. Kamu dapat melihat dari peron mana keretamu akan berangkat pada papan kedatangan dan kepergian (arrival and departure board). Papan ini menunjukkan semua kereta, tujuan mereka, dan perkiraan waktu kedatangan mereka. Penumpang umumnya menunggu kedatangan kereta di ruang tunggu atau waiting room.

Contohnya:

  • Excuse me, can you tell me which platform the train to London leaves from?
  • Yes, it leaves from platform 2. You can take the steps over there.
  • Do you know if it’s on time?
  • I think there’s a ten-minute delay. I’d wait in the waiting room. It’s cold today.

Kosakata di Airport

Saat kamu tiba di sebuah bandara, kamu perlu mencari terminal yang tepat untuk penerbanganmu. Setelah kamu menemukan terminal keberangkatan (departure) atau kedatangan (arrival), kamu perlu menjalani pemeriksaan oleh petugas keamanan bandara. Jika kamu hendak berangkat, maka kamu perlu check in – memperlihatkan paspor dan tiketmu pada tempat yang tersedia untuk check-in. Barang bawaan yang kamu bawa, biasanya disebut sebagai luggage, dan saat check-in barang-barang tersebut akan dipindahkan untuk disimpan di tempat penyimpanan yang berada di bagian bawah pesawat yang disebut dengan hold dalam bahasa Inggris. Jika kamu hanya membawa barang bawaan dalam jumlah sedikit, maka barang tersebut bisa kamu bawa langsung ke dalam kabin pesawat bersama kamu sebagai cabin luggage. Setelah check-in, kamu akan mendapatkan boarding pass yang harus kamu bawa masuk ke dalam area keberangkatan atau departures area. Setelah pesawatmu siap untuk boarding (momen ketika penumpang memasuki pesawat), kamu perlu memperlihatkan tanda pengenal dan boarding passmu. Setelah itu, pesawatmu akan meninggalkan daratan (take-off) melalui landasan (runway). Setelah tiba di tujuan, pesawat kamu akan mendarat (lands).

 

Mengetahui hal-hal dan kosakata di atas tentu akan mempermudah kamu saat kamu bepergian ke luar negeri. Mulailah berlatih menggunakan kuis singkat berikut ini untuk mengetes pengetahuanmu.

Summary
Pengetahuan dan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Traveling
Article Name
Pengetahuan dan Kosakata Bahasa Inggris Untuk Traveling
Description
Kalau kamu suka traveling, kamu harus baca yang satu ini.
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Prepositional Phrase: Definisi, Jenis, dan Contoh Penggunaan

Sep 25, 2020

Jika kita belajar membuat kalimat bahasa Indonesia, pasti kamu sudah tidak asing dengan struktur kalimat…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami