Nice to Meet You: Cara Menjawab dan Cara Penyampaiannya

Mar 12, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Nice to meet you merupakan salah satu kalimat yang paling sering kita dengar dalam berbasa-basi. Biasanya kita dengar kalimat ini saat kita berkenalan dengan orang lain atau bertemu pertama kali dengan orang lain.

Apakah selain dalam kondisi di atas kita menyampaikan kalimat ini? Bagaimana cara penyampaiannya? Lalu, Bagaimana cara menjawabnya jika kita mendapatkan pernyataan ini?

Kapan Kita Menyampaikan Nice to Meet You?

Nice to meet you adalah conversational phrase (frasa percakapan) yang digunakan ketika kamu bertemu seseorang untuk pertama kalinya. Maknanya “senang bertemu denganmu”. Frasa bahasa Inggris ini merupakan versi pendek dari it’s nice to meet you.

Selain nice to meet you, kamu juga bisa menggunakan frasa pleased to meet you yang memiliki makna serupa.

Dilansir dari Grammarly, penyampaian kalimat ini memang agak sedikit aneh jika tidak bertatap langsung dengan orang lain.

Namun, bagaimana jika kita dihadapkan dalam kondisi harus menyambut orang baru di kantor dalam email? Apakah kita bisa mengunakan kalimat ini di email? Bisa saja, namun mungkin perlu beberapa penyesuaian dari penulisannya, seperti nice to e-meet you atau nice to virtually meet you.

Tenang saja, hal ini tidak mengubah makna atau artinya sama sekali kok dan penulisan seperti ini juga bisa mencairkan suasana kantor yang formal dan kaku.

Baca juga: Take Care: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Cara Lain Penyampaian Nice to Meet You

Sesuai yang sudah kita ketahui, Bahasa Inggris tidaklah kaku. Banyak frasa yang bisa digunakan untuk menggantikan nice to meet you untuk berbasa-basi dengan seseorang yang kita baru kenal.

Di bawah ini ada beberapa frasa alternatif yang bisa kamu gunakan, antara lain:

 “I’ve heard great things about ___.”

Di saat kamu berada dalam situasi untuk bertemu orang baru dan menyambutnya lewat email, kamu bisa menggunakan kalimat ini.

Kalimat ini mungkin lebih spesifik dibandingkan sekadar “senang bertemu dengan kamu”, namun maknanya tentu lebih mendalam.

Di saat kita masuk ke dalam lingkungan baru khususnya perusahaan, tentu saja kita ingin dilihat sesuai dengan kemampuan. Dengan memberikan pernyataan ini, kamu orang yang menerima statement akan lebih merasa dianggap dan diterima.

Dari posisi pemberi pernyataan, kamu sangat proper karena sudah memiliki effort lebih untuk mencari tahu siapa dia sebelumnya.

Contoh penyamapainnya adalah “Hi Joe! I’ve heard great things about your content marketing work at ABC Industries! In fact, I noticed that your team just revitalized the ABC blog, and it looks like things are moving in exciting new directions.”

“I’m looking forward to working with you.”

Makna selain “senang bertemu denganmu” bisa juga disampaikan lewat I’m looking forward to working with you yang memiliki makna untuk bekerja sama secepatnya.

Dengan menggunakan frasa ini, pemberi pesan terlihat excited untuk bertemu dengan orang baru.

Sebaliknya, penerima pesan akan merasa diterima dalam bagian organisasi atau perusahaan.

Contoh: “Hi Asha, It’s awesome to meet you. I’ve always been impressed by how well ABC Industries gets its name in front of the press, so I’m excited to work one-on-one with their head of PR.”

Baca juga: Bahasa Inggrisnya “Senang”, Contoh dan Cara Penggunaannya

Merespon Nice to Meet You

Respon apa yang biasanya kamu sampaikan setelah ada orang lain yang melontarkan kebahagiaannya setelah bertemu dengan diri kamu?

Apakah kamu hanya senyum-senyum awkward? Jangan! Mari cek di bawah ini respon apa yang sebaiknya kamu ucapkan jika menerima pernyataan nice to meet you.

I did, too. We should do this again sometime.

Berada dalam situasi sehabis lunch meeting bersama klien? Atau baru saja makan malam bareng bersama teman dari temanmu?

Mungkin kamu bisa menjawab dengan “I did, too. We should do this again sometime”.  Dengan kamu menyampaikan kalimat ini, kamu sudah menghargai pertemuan dengan orang lain. Sebagai penerima kalimat ini, ia juga merasa sangat dihargai dan merasa senang karena kamu merasakan hal yang sama dengannya.

My Pleasure

Pernyataan ini bisa kamu ucapkan dalam situasi formal maupun informal. Pernyataan ini merupakan respon yang sangat sopan dan juga aman.

Me too. We will surely be in touch.

Mungkin bisa dikatakan kalimat ini merupakan kalimat paling umum namun tetap sopan dalam merespon.

Jangan lupa untuk menyematkan “…We will surely be in touch.” sebagai tanda kamu masih ingin bertemu atau berinteraksi dengan mereka.

Baca juga: Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Jadi, sudah tidak ada situasi canggung akibat tidak bisa merespon basa-basi ya. Kamu bisa merespon dengan beberapa alternatif kalimat di atas. Selain itu, kamu juga bisa menyampaikan berbagai frasa yang bisa kamu gunakan dalam menyambut seseorang.

Ingat, selalu gunakan kata-kata yang baik untuk menciptakan kesan yang sopan dan juga tetap profesional saat pertemuan pertama.

Apa lagi nih yang kira-kira kamu harus tahu mengenai seluk beluk bahasa Inggris?

Yuk, bergabung dengan WSE GO (Wall Street English Goes Online)!

Belajar bahasa Inggris sambil berinteraksi langsung dengan native speakers juga bisa melatih kamu agar bisa lebih luwes saat komunikasi dengan orang lain. Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu.

Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

More News

Jul 3, 2021
Grammar

Present Progressive: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Jul 3, 2021
Vocabulary

Derivation: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jul 2, 2021
Vocabulary

Conjunctive Adverb: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Jun 30, 2021
English Tips

Yes No Question: Definisi, Rumus, Contoh, dan Penggunaan

Jun 30, 2021
English Tips

Kalimat Offering Help (Menawarkan Bantuan) Bahasa Inggris

Jun 21, 2021
English Tips

Declarative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan