• id

Kosakata dan Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Nov 12, 2019
Vocabulary

Hai Wallstreeters! Di kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa kosakata dan istilah bahasa Inggris dalam dunia kerja yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa dari kalian mungkin sudah mengenal kata-kata di bawah ini, namun bagi mereka yang baru memasuki dunia kerja, mungkin ini pertama kalinya mereka mendengar kata-kata ini.

Nah, agar kamu yang baru memasuki dunia kerja menjadi lebih percaya diri, kami mengumpulkan beberapa kosakata dan istilah bahasa Inggris yang lazim ditemui di tempat kerja. Selain itu, mempelajari istilah-istilah bahasa Inggris dalam dunia kerja ini pasti akan berguna bagi mereka yang hendak bekerja keluar negeri atau memiliki banyak klien asing. Untuk itu, mari kita pelajari kosakata dan istilah bahasa Inggris apa saja yang biasa digunakan dalam dunia kerja.

Leave of Absence

Leave of absence merupakan istilah bahasa Inggris yang digunakan apabila kita tidak dapat hadir di kantor dan melaksanakan pekerjaan kita atau disebut juga dengan cuti. Ada beberapa macam leave ato cuti yang lazim di dunia kerja, seperti misalnya maternity leave (cuti hamil), sick leave (cuti sakit), dan annual leave (cuti tahunan).

Collateral

Dalam dunia kerja, ada 2 macam collateral. Yang pertama dan lebih banyak dikenal orang adalah collateral yang berarti jaminan. Sementara yang satunya lagi banyak digunakan oleh mereka yang berada di divisi marketing, yaitu kumpulan media yang digunakan untuk mempromosikan sebuah brand dan mendukung penjualan dan pemasaran suatu produk atau jasa.

PO atau Purchase Order

Kebanyakan orang awam mengenal istilah PO ketika mereka hendak memesan sesuatu melalui toko online. PO tersebut merupakan kependekan dari Pre-Order, sementara PO dalam dunia kerja umumnya lebih condong kepada Purchase Order, yaitu bukti pemesanan suatu barang atau jasa.

Deadline

Istilah yang satu ini akan banyak ditemui di tempat kerja manapun. Deadline diterjemahkan sebagai tenggat waktu, yaitu batas akhir sebuah pekerjaan harus diselesaikan. Jika kita melebihi tenggat waktu yang telah ditentukan, umumnya kita akan terkena penalti berupa denda dan lainnya. Maka dari itu, usahakan untuk menepati semua deadline yang kita janjikan.

Job Desc

Job Desc merupakan kependekan dari kata job description, yang berarti uraian wewenang, tanggung jawab, atau tugas dari sebuah posisi di tempat kerja. Banyak sekali orang yang sering keliru menuliskan istilah yang satu ini dengan kata yang terdengar mirip yaitu job desk.

Allowance

Di perusahaan manapun, setiap karyawan berhak mendapatkan tunjangan diluar gaji sebagai imbalan atas jasa mereka kepada perusahaan tempat mereka bekerja. Dalam bahasa Inggris, tunjangan-tunjangan ini disebut sebagai allowance. Misalnya holiday allowance (tunjangan hari raya), overtime allowance (tunjangan lembur), meal allowance (tunjangan makan), dan lain sebagainya.

TAT

Yang satu ini merupakan kependekan dari Turnaround Time. Yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek atau proses. Meskipun sepintas terdengar mirip dengan deadline, tetapi TAT umumnya meliputi total waktu yang digunakan saat kita mengerjakan sesuatu, sehingga dalam prakteknya mungkin lebih panjang atau lebih pendek dari deadline yang sudah ditentukan.

Quote/Quotation

Kalau kamu ditanya mengenai quote atau quotation di kantor, bisa dipastikan kamu sedang ditanyakan mengenai rincian harga, bukan kutipan kalimat atau quote lainnya.

Reimburse

Kosakata ini mungkin salah satu terms yang disukai oleh para profesional selain kosakata allowance. Reimburse dapat diartikan sebagai ganti rugi atas biaya-biaya yang dikeluarkan, umumnya untuk urusan atau keperluan kantor.

Pantry

Biasanya, setiap kantor pasti punya ini. Di pantry inilah kamu dapat membuat kopi, makan siang, sekedar ngobrol bersama rekan kerja, bahkan memasak. Yang terakhir ini biasanya tergantung kelengkapan peralatan yang disediakan oleh pihak kantor, namun umumnya hampir semua kantor memiliki microwave atau sejenisnya.

Itu tadi berbagai kosakata dan istilah bahasa Inggris dalam dunia kerja yang lazim ditemui dan mungkin tidak diketahui oleh mereka yang baru pertama kali bekerja. Bagaimana, kini kamu tentu sudah lebih percaya diri dalam menghadapi situasi kerja, bukan? Agar kamu lebih percaya diri lagi dalam berbahasa Inggris, silakan cari kursus kami yang paling sesuai dengan kebutuhanmu di sini.

Summary
Kosakata dan Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja
Article Name
Kosakata dan Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja
Description
Mengenal Kosakata dan Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja
Author
Publisher Name
Wall Street English
Publisher Logo

Baca juga artikel menarik lainnya

12 Fakta Menarik Tentang Wall Street English

Hai Wallstreeters! Wall Street English sebentar lagi akan merayakan ulang tahunnya yang ke-12 lho! Pada…

WSE Indonesia, 12 Years of Building a Brighter Future

Di bulan Desember ini, Wall Street English Indonesia akan merayakan ulang tahunnya yang ke-12. Selama…

Kumpulan Cerita Pendek Bahasa Inggris Part II

Membaca cerita pendek merupakan salah satu cara mempelajari bahasa Inggris yang menyenangkan. Melanjutkan kumpulan cerita…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
Tes Inggris
Course Finder
WhatsApp Kami