• id

Kesalahan Dalam Berbahasa Inggris: Malapropism

Okt 22, 2019
Vocabulary

Di minggu lalu kita sudah mempelajari plesetan dalam bahasa Inggris yaitu Spoonerism, yang sejatinya adalah salah satu jenis kesalahan yang dilakukan orang dalam berbahasa Inggris. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari kesalahan dalam berbahasa Inggris yang lainnya yaitu Malapropism. Untuk lebih jelasnya, silakan lanjutkan membaca artikel ini.

Apa Itu Malapropism?

Malapropism merupakan sebuah kesalahan dalam menggunakan bahasa Inggris dimana terjadi penggunaan sebuah kalimat yang keliru namun memiliki kesamaan dengan kalimat yang dikehendaki, menjadikan keseluruhan kalimatnya terdengar tidak masuk akal bahkan terkadang menggelikan. Dikenal juga dengan nama Dogberryism, banyak penutur asli bahasa Inggris yang tidak luput dari kesalahan ini. Contohnya, pemain baseball terkenal Yogi Berra pernah berkata “Texas has a lot of electrical votes, padahal yang sebenarnya ia maksud adalah electoral votes.

Asal Muasal Malapropism

Di tahun 1775, Richard Brinley Sheridan menciptakan seni teater yang berjudul The Rivals. Di dalam ceritanya, tersebutlah seorang karakter bernama Ms. Malaprop yang kerap menggunakan kata yang berbunyi mirip namun salah untuk unsur komedi dalam ceritanya. Pemberian nama Malaprop oleh Sheridan mungkin diambil dari kata malapropos yang berarti tidak tepat atau tidak pantas. Kata malapropos sendiri menurut Oxford English Dictionary sudah digunakan sejak tahun 1630. Selain itu, Shakespeare juga pernah menciptakan karakter bernama Dogberry yang sering sekali mengucapkan kalimat yang salah untuk lucu-lucuan. Salah satu ucapan Dogberry yang terkenal adalah saat ia mengatakan “Our watch, sir, have indeed comprehended two auspicious persons” (seharusnya apprehended two suspicious persons) dalam cerita Much Ado About Nothing.

Yang Membedakan Malapropism Dengan Kesalahan Berbahasa Inggris Lainnya

Selain malapropism, ada banyak kesalahan berbahasa Inggris yang melibatkan slip-of-the-tongue atau pergeseran kosakata, seperti contohnya eggcorn atau spoonerism. Apa yang membedakan mereka? Pertama, dalam malapropism hanya sebagian suku kata atau bunyi pelafalan yang mirip tetapi akan berbeda ketika dibacakan (misal, obtuse dan abstruse). Di sisi lain, eggcorn memiliki bunyi pelafalan yang serupa, tetapi menjadi berbeda ketika ditulis (misal, pre-Madonna dan prima donna) sementara spoonerism melibatkan pertukaran antar suku kata dalam satu kalimat (loving shepherd menjadi shoving leopard).

Malapropism Yang Dilakukan Orang Terkenal

Seperti yang sudah disebutkan di atas, malapropism dapat terjadi pada siapa saja. Mulai dari orang biasa hingga artis terkenal ataupun tokoh politik, tidak ada seorangpun yang luput dari kesalahan yang satu ini. Berikut ini beberapa contoh malapropism yang dilakukan oleh tokoh terkenal:

  • Mantan Perdana Mentri Australia, Tony Abbott, pernah keliru menyebut frase repository of all wisdom” menjadi suppository of all wisdom”.
  • Mantan walikota Chicago, Richard J. Daley pernah menyebut tandem bicycle sebagai tantrum bicycle dan Alcoholics Anonymous menjadi Alcoholics Unanimous.
  • Mantan juara tinju dunia kelas berat Mike Tyson, sewaktu ditanya mengenai rencananya setelah kalah dari duel perebutan gelar juara dunia melawan Lennox Lewis, pernah menjawab “I might fade to Bolivian. (maksudnya oblivion).
  • Andrew Davies, politikus partai Konservatif asal Wales, pernah keliru menyebut Brexit sebagai breakfast.

Contoh-contoh Malapropism Lainnya

Berikut ini contoh-contoh malapropism yang sering terjadi dan cukup menghibur. Bisakah kamu menebak mana kalimat yang benar dan manakah kalimat yang salah?

  • Dance a flamingo – dance a flamenco
  • Shoplifters will be prostituted – shoplifters will be prosecuted
  • In case of fire, please use the fire distinguisher – please use the fire extinguisher
  • One decaffeinated coffee, please – one decapitated coffee, please
  • Scientists are working in their laboratories – scientists are working in their lavatories

Nah, itu tadi sekilas mengenai salah satu jenis kesalahan dalam berbahasa Inggris yaitu malapropism. Teruslah berlatih agar kamu bisa menghindarkan diri dari kesalahan yang sama seperti di atas. Mulailah dari mengerjakan kuis singkat berikut ini.

 

Baca juga artikel menarik lainnya

5 Tips Untuk Menghadapi Tes TOEFL

Sebagai salah satu tolak ukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang, tes TOEFL wajib diikuti oleh semua…

Kosakata dan Istilah Bahasa Inggris Dalam Dunia Kerja

Hai Wallstreeters! Di kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa kosakata dan istilah bahasa Inggris…

Rekomendasi Novel Bahasa Inggris Untuk Pemula

Salah satu cara paling mudah dalam mempelajari bahasa Inggris adalah dengan membacanya dalam medium tulisan.…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
Tes Inggris
Course Finder
WhatsApp Kami