Arti “In a Nutshell”, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Mar 5, 2021
Share on facebook
Share on twitter

Dalam percakapan atau idiom bahasa Inggris kita mengenal istilah in a nutshell yang sering kita dengar. Kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia, nutshell memiliki arti kulit kacang, namun apakah in a nutshell ini ada hubungannya dengan kulit kacang?

Sepertinya tidak, kata ini hanya merupakan ungkapan yang memiliki arti lain. Apa sih arti sebenarnya? Bagaimana penggunaan kata ini dalam kalimat yang utuh?

Definisi In A Nutshell

In a nutshell adalah idiom (ungkapan Bahasa Inggris) yang digunakan ketika ingin mendeskripsikan sesuatu secara singkat menggunakan beberapa kata.

Frasa yang bermakna concisely (secara singkat; dengan ringkas) ini bersifat informal. Selain itum dilansir dari The Idioms ada arti lain dari penggunaan ungkapan ini, antara lain:

  • Merangkum sebuah hal agar lebih jelas dan to the point.
  • Untuk mengurangi semua pernyataan yang panjang menjadi bentuk yang lebih sederhana.

Masih belum terbayang bagaimana cara menggunakan ungkapan ini? Berikut contohnya:

  • I won’t tell you the whole story but in a nutshell… (Aku tidak akan memberitahumu semua ceritanya tapi secara singkat…”
  • Can you tell me in a nutshell? (Apakah kamu bisa memberitahuku secara singkat?)

Baca juga: Superlative Degree: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Contoh kalimat dan penggunaannya

Kapan kamu bisa menggunakan ungkapan ini? Kamu bisa menggunakannya dalam percakapan kasual yang informal. Misalnya dengan teman-teman atau sekiranya orang-orang yang memiliki hubungan baik denganmu.

Apakah ungkapan ini tidak bisa digunakan dalam urusan bisnis di dunia kerja? Rasa-rasanya kurang baik dan kurang profesional jika didengar. Mungkin kamu harus membaca situasi terlebih dahulu dengan siapa kamu berbicara dan bagaimana hubungan kamu dengan lawan bicara.

Mari kita lihat bagaimana contoh penggunaan in a nutshell dalam kalimat utuh:

  • In a nutshell, walnuts are good for you! (Singkatnya, kacang kenari baik untukmu!)
  • In a nutshell, I chose the wrong paint color. (Singkatnya, saya memilih warna cat yang salah.)
  • To put it in a nutshell, I’m not a big fan of coffee. (Pendeknya, saya bukan penggemar berat kopi.)
  • In a nutshell, all the new mayor was saying is that the fight against crime will be taken much more seriously. (Singkatnya, pernyataan semua walikota baru adalah perlawanan terhadap kriminal akan ditindak secara lebih serius.)
  • In a nutshell, Mary only wants everyone to be happy and she is willing to do whatever it takes to achieve this. (Secara singkat, Mary hanya ingin semuanya senang dan ia bersedia melakukan apapun untuk mencapai ini.)
  • As the new CEO, Mark told us in a nutshell that his plans for the company are expansion, innovation and sustainability. (Sebagai CEO baru, Mark memberitahu kami secara singkat mengenai rencananya untuk perluasan perusahaan, inovasi, dan keberlanjutan.)
  • Tell us how you intend to execute all your plans in a nutshell. (Beritahu padaku bagaimana kamu berniat untuk mengeksekusi semua rencana kamu secara singkat.)

Baca juga: Infinitive: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

  • Sophie please don’t tell me fairy tales, I just want to know the real matter in a nutshell. (Sophie, tolong jangan ceritakan aku dongeng, aku hanya ingin tahu masalah sebenarnya secara singkat.)
  • In a nutshell, my parents grounded me for five weeks after they caught me smoking behind the house. (Singkatnya, orang tuaku menghukum aku dalam 5 minggu setelah menangkah basahku saat merokok di belakang rumah.)
  • I’m sorry to interrupt you but could you please give us your point in a nutshell? (Aku minta maaf untuk mengganggu kamu, tapi bisakah kamu memberikan kami poinmu di dalam sebuah rangkuman?)
  • I told my mother that, in a nutshell, my boyfriend cheated on me with my best friend and instead of just comforting me she wanted to know all the sordid details. (Aku katakan kepada ibuku secara singkat. bahwa pacarku selingkuh dengan teman baikku. Dibandingkan menenangkan aku, ia malah ingin tahu semua rinciannya.)
  • We’ve just got five minutes left so does anyone want to give us their update in a nutshell? (Kita hanya memiliki waktu lima menit lagi. Apakah di antara kalian ada yang mau memberikan update mereka secara singkat?)

Baca juga: Subject Verb Agreement: Rumus, Contoh, dan Penggunaannya

Nah, itu dia penggunaan in a nutshell yang sering digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris. Kamu bisa gunakan ini agar percakapan kamu lebih bervariasi dan tidak monoton.

Ungkapan apa lagi yang ingin kamu ketahui agar kamu bisa terlihat seperti seorang native? Yuk bergabung bersama WSE GO (Wall Street English Goes Online) yang dipandu langsung oleh para native trainers berpengalaman! Kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja.

Kamu bisa memulai juga dengan mengetahui level Bahasa Inggris kamu. Yuk, isi kuis di bawah ini agar tahu tingkat kemampuan Bahasa Inggris kamu!

More News

Jul 3, 2021
Grammar

Present Progressive: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan

Jul 3, 2021
Vocabulary

Derivation: Definisi, Contoh Kalimat, dan Cara Penggunaannya

Jul 2, 2021
Vocabulary

Conjunctive Adverb: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Jun 30, 2021
English Tips

Yes No Question: Definisi, Rumus, Contoh, dan Penggunaan

Jun 30, 2021
English Tips

Kalimat Offering Help (Menawarkan Bantuan) Bahasa Inggris

Jun 21, 2021
English Tips

Declarative Sentence: Definisi, Contoh, dan Cara Penggunaan