Home Vocabulary   Tips Belajar Vocabulary untuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Tips Belajar Vocabulary untuk Tingkatkan Skill Bahasa Inggris

Jul 15, 2020

Vocabulary merupakan elemen penting dalam belajar bahasa Inggris. Pembendaharaan kata alias vocabulary ini sangat penting dalam percakapan bahkan menulis. Banyak sekali kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti sama namun dengan ekspresi yang berbeda. Bahkan ada beberapa kata yang bisa dibedakan jenisnya apakah itu formal atau sekadar untuk berbincang secara kasual. Belajar vocabulary juga bisa bertujuan agar kata yang gunakan tidak berulang-ulang dan terasa monoton. Yuk belajar vocabulary dengan tips di bawah ini untuk meningkatkan skill bahasa Inggris kamu.

Baca Juga: Cari Tahu Lebih Lanjut Mengenai Apa Itu IELTS

Membaca

Membaca merupakan hal paling mudah dalam belajar bahasa Inggris. Sudah tidak ada alasan lagi untuk malas membaca buku apalagi kamu selalu berada di rumah. Pilih buku atau artikel bahasa Inggris di internet yang bisa kamu akses dengan mudah. Jika kamu merasa kesulitan untuk mengartikan sebuah kata baru, jangan lupa cek kamus. Dengan rutin mengartikan satu persatu kata yang kamu temukan, akan semakin meningkat juga daya ingat mu nantinya. Lakukan dengan rutin untuk membaca buku atau artikel bahasa Inggris. Kamu juga bisa buat goals untuk menghabiskan 1 buku per minggu atau 2 buku per bulan.

Mendengarkan Lagu Bahasa Inggris

Selain untuk melatih skill listening, mendengarkan lagu bahasa Inggris juga bisa meningkatkan kapasitas vocabulary dalam ingatanmu. Biasanya lirik-lirik lagu bahasa Inggris menggunakan kata-kata yang lebih puitis dan tidak umum. Nah, ini kesempatan baik untukmu dalam memperluas vocabulary. 

Berteman Baik dengan Thesarus dan Kamus

Selain kamus, ada thesaurus yang bisa jadi teman baikmu selama belajar bahasa Inggris. Thesaurus berguna untuk mencari persamaan kata dari sebuah arti yang sama. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk memperluas vocabularymu. Jika kamu belum mengerti tentang sebuah kata dalam bahasa Inggris, jangan malas untuk membuka kamus. Carilah kamus yang lengkap untuk mengetahui bagaimana cara penggunaan kata tersebut dalam kalimat bahasa Inggris. Tak melulu harus membeli kamus dalam bentuk buku, sudah banyak aplikasi atau situs yang berguna sebagai kamus bahasa Inggris atau thesaurus.

Buat Kamus Sendiri

Ya, kamu bisa membuat kamus dengan versimu sendiri. Bagaimana caranya? Caranya mudah sekali dengan menulis setiap kata baru yang kamu temukan setiap hari. Jangan lupa tulis arti kata serta contohnya saat digunakan ke dalam kalimat. Dengan menulis setiap hari, otomatis ingatanmu juga akan terasah dibandingkan dengan hanya melihat kamus. Catatan ini bisa kamu buka setiap hari untuk mempertajam ingatan. Buatlah target per harinya untuk mengumpulkan vocabulary bahasa Inggris setiap harinya. Lakukan dalam 30 hari kamu pasti akan terkejut dengan hasilnya.

Ngobrol dengan Orang Lain

belajar vocabulary

Sumber: Canva

Ngobrol memang salah satu cara paling cepat dalam meningkatkan skill bahasa Inggris khususnya vocabulary. Jika kamu tidak punya teman ngobrol bahasa Inggris di rumah, kamu bisa join berbagai forum atau grup yang berbahasa Inggris. Pilihlah forum dengan tema yang kamu suka sehingga kamu akan menikmati juga percakapannya. Jangan takut untuk ikutan nimbrung, karena selain bisa meningkatkan keprcayaan diri dan meningkatkan skill bahasa Inggris, kamu bisa juga dapat teman baru. Teman baru dari negara lain juga bisa kamu manfaatkan sebagai sarana belajar bahasa Inggris.

Bermain Game

Main game juga bisa jadi salah satu media untuk memperkaya vocabulary bahasa Inggris. Selain game online, ada juga board game bahasa Inggris yang dapat memperluas vocabulary seperti Taboo. Taboo merupakan salah satu board game edukatif yang mengharuskan pemainnya mendeskripsikan sebuah benda tanpa menyebutkan kata-kata yang dilarang di dalam kartu permainan. Dengan cara ini, kamu akan berpikir keras dan putar otak sekeras mungkin untuk mengingat-ingat persamaan dari kata yang ingin digunakan. Dengan cara yang menyenangkan, belajar bahasa Inggris tak akan terasa jenuh dan malah lebih mudah untuk diingat.

Baca Juga: Kumpulan Cerita Pendek Bahasa Inggris Part II

Belajar Vocabulary Langsung dengan Native Speaker

Tidak punya teman seorang native? Tidak usah bingung! Kamu hanya perlu daftar saja di program WSE GO (Wall Street Goes English). Kenapa begitu? Karena dalam program kursus online ini kamu akan bertemu pengajar-pengajar handal yang siap membimbing kamu dalam memperdalam bahasa Inggris. Tak hanya sekadar belajar vocabulary, kamu juga bisa menyesuaikan materi yang kamu butuhkan. Bagaiman cara daftarnya? Klik di sini untuk info lebih lanjut.

Baca juga artikel menarik lainnya

Bahasa Inggrisnya “yang”, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 28, 2020

Dalam bahasa Indonesia, “yang” adalah sebuah kata yang bisa dipakai dalam situasi apapun untuk merujuk…

Since vs For: Perbedaan dan Contoh Penggunaan Kalimatnya

Nov 26, 2020

Penggunaan for dan since dalam kalimat bahasa Inggris kadang membuat kita keliru. Dengan arti yang…

Adjective Order: Pengertian, Contoh, dan Cara Penggunaannya

Nov 26, 2020

Kata sifat merupakan salah satu materi bahasa Inggris dasar yang perlu kamu ketahui dan pelajari…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami