Home   Fakta Tentang Penyebaran Corona dan Pencegahannya

Fakta Tentang Penyebaran Corona dan Pencegahannya

Mar 24, 2020

Jumlah pasien Corona (Covid-19) semakin meningkat terutama di Indonesia. Adanya virus ini memang sangat meresahkan karena memakan korban jiwa. Di Indonesia sejauh ini yang positif terkena ada 369 kasus. Maka ada baiknya kamu mengetahui bagaimana penyebaran Corona agar kamu bisa mencegahnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Kesehatan dan Produktifitas Selama WFH

Cara Penyebaran Corona

WHO (World Health Organization) mengatakan bahwa penyebaran Corona tetesan kecil dari mulut dan hidung. WHO juga menambahkan belum ada bukti bahwa Corona ini dapat menular melalui udara. Meskipun begitu, virus tersebut akan bertahan pada permukaan-permukaan seperti kursi, meja atau lantai. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit flu atau bersin untuk menggunakan masker agar mencegah penyebaran Corona di ruang umum.

WHO (World Health Organization) menjelaskan gejala-gejala yang ditimbulkan dari penyebaran Corona sendiri adalah demam, rasa lelah dan batuk kering. Gejala berikut merupakan gejala awal, selanjutnya bila lebih parah, penderita akan merasakan hidung tersumbat dan berair.

Pencegahan Penyebaran Corona (Covid-19)

Kalau kita sudah mengenali cara penyebaran dan gejalanya mari kita ketahui juga pencegahannya. Sangat dianjurkan untuk tidak terlalu panik untuk mengatasinya. Hal yang penting dilakukan adalah menjaga kebersihan. Berikut 4 hal bisa kamu lakukan:

1. Mencuci Tangan

Memang terlihat sepele namun tangan merupakan bagian tubuh yang paling sering menyentuh sesuatu. Hal tersebut menyebabkan banyak bakteri atau virus yang menempel di tangan. Untuk itu sering mencuci tangan dengan air dan sabun dapat membersihkan bakteri dan virus yang menempel.

2. Tutupi Mulut Jika Sakit

Karena penyebaran corona melalui tetesan kecil dari mulut maka sangat dianjurkan untuk kamu yang sedang sakit untuk menutup mulut dengan masker. Terlebih lagi saat sedang batuk agar tidak membuat orang lain tertular.

3. Berdiam di Rumah

Sudah banyak negara yang menghimbau masyarakatnya untuk berdiam di rumah untuk melakukan social distancing. Bahkan negara seperti Cina, Itali dan Rusia sudah melakukan lockdown atau penutupan negara. Hal ini membantu memperlambat penyebaran Corona karena semakin sedikit interaksi manusia, semakin kecil kemungkinan tertular penyakit ini.

Berdiam di rumah pun membantu tenaga medis untuk beristirahat karena dapat menekan angka kasus positif Corona. Walaupun Indonesia belum termasuk negara yang sudah menjalani lockdown namun pemerintah sudah memberi himbauan agar masyarakat berdiam di rumah. Hal ini pula yang menybabkan banyak perusahaan akhirnya mengizinkan karyawannya untuk bekerja dari rumah.

Baca Juga: Belajar Online Bahasa Inggris Bersama Wall Street English

Kalau kamu bagaimana? Sudah cuci tangan dan berdiam di rumah? Tapi berdiam di rumah jangan sampai menghalangi kamu untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu ya. Test kemampuan bahasa Inggris kamu sekarang di sini. Gratis!

Baca juga artikel menarik lainnya

Reported Speech: Pengertian dan Contoh dalam Bahasa Inggris

Sep 29, 2020

Masih ingat dengan kalimat langsung dalam bahasa Inggris? Kalimat langsung merupakan kalimat atau perkataan yang…

News Item Text dalam Bahasa Inggris: Definisi dan Contohnya

Sep 25, 2020

Tahukah kamu bahwa ada 13 jenis teks dalam bahasa Inggris? Setiap tulisan atau narasi memiliki…

Whether dan If: Penggunaan, Perbedaan, dan Contoh Kalimat

Sep 25, 2020

Walaupun sama-sama digunakan dalam kalimat pengandaian, whether dan if ternyata tidak bisa digunakan secara sembarangan.…

Selamat datang di
Wall Street English

Isi formulir di bawah ini untuk mendapatkan konsultasi gratis dan keuntungan lainnya!

Untuk informasi lebih lanjut hubungi (021) 526 6370

  • (Pilih 1)
  • (Pilih 1)
WhatsApp Kami